Tekno

Cara Melihat Status WhatsApp Tanpa Diketahui, Nomor 1 Paling Efektif!

Foto: Android Central

LiveNews – Fitur status di WhatsApp memang menyenangkan untuk dipakai berbagai cerita singkat berupa foto, video, atau teks yang akan hilang dalam 24 jam. Namun, terkadang rasa ingin tahu melanda kita untuk melihat status orang lain tanpa ketahuan. Alasannya bisa beragam, seperti ingin tahu kegiatan mereka, mengikuti tren yang sedang ramai, atau sekadar kepo.

Meskipun WhatsApp tidak menyediakan fitur khusus untuk melihat status orang lain secara diam-diam, ada beberapa trik jitu yang bisa Anda coba. Perlu diingat, trik-trik ini mungkin tidak selalu berhasil karena WhatsApp terus melakukan pembaruan dan meningkatkan keamanannya. Berikut adalah 4 cara yang bisa Anda gunakan. 

Baca juga: Sekarang Pengguna Android Bisa Buat Stiker Langsung di WhatsApp! Begini Caranya

Cara Melihat Status WhatsApp Tanpa Diketahui

1. Menonaktifkan Laporan Dibaca (Centang Biru)

Ini adalah cara paling umum yang diketahui banyak pengguna. Centang biru pada WhatsApp menunjukan bahwa Anda telah melihat status seseorang. Dengan menonaktifkan laporan dibaca, Anda dapat melihat status orang lain tanpa meninggalkan jejak. Namun, perlu dicatat bahwa: 

  • Menonaktifkan laporan dibaca juga berarti Anda tidak dapat melihat kapan kontak Anda terakhir online atau apakah mereka telah membaca pesan Anda. 
  • Beberapa pengguna WhatsApp mungkin masih bisa mengetahui bahwa Anda telah melihat status mereka, terutama jika mereka melihat Anda online pada saat yang sama status mereka diunggah. 

Langkah-langkah menonaktifkan laporan dibaca: 

  1. Buka aplikasi WhatsApp. 
  2. Ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas. 
  3. Pilih “Setelan”.
  4. Buka “Akun”.
  5. Pilih “Privasi”.
  6. Matikan centang pada “Laporan Dibaca”. 

2. Memanfaatkan Celah Waktu dengan Mode Pesawat

Saat Anda membuka status WhatsApp seseorang, secara otomatis informasi tersebut akan terkirim ke server WhatsApp, menandakan bahwa Anda telah melihatnya. Namun, dengan mengaktifkan mode pesawat sebelum membuka status, Anda dapat memutus koneksi internet sehingga informasi tersebut tidak terkirim. 

Baca Juga:   Apple Siapkan Desain Unik untuk iPhone

Adapun langkah menggunakan cara ini, yaitu:

  1. Buka aplikasi WhatsApp. 
  2. Aktifkan mode pesawat pada perangkat Anda. 
  3. Perhatikan bahwa tampilan WhatsApp mungkin sedikit berbeda tergantung pada perangkat Anda. Biasanya, Anda bisa menemukan ikon mode pesawat di panel kontrol atau pusat kendali. 
  4. Buka status orang yang ingin Anda lihat. 
  5. Nonaktifkan mode pesawat setelah selesai melihat status. 

Cara ini membutuhkan timing yang tepat. Anda harus sigap menyalakan mode pesawat sebelum status termuat dan mematikannya kembali setelah selesai melihat. Menyalakan mode pesawat akan memutus sementara panggilan telepon dan pesan teks. 

3. Mengintip Status Lewat Chat Pribadi

Status WhatsApp yang telah diunggah oleh kontak Anda juga dapat dilihat melalui chat pribadi dengan mereka. Ini karena terkadang preview status muncul di bagian atas chat, di bawah nama profil mereka. Cara ini mana dan tidak meninggalkan jejak bahwa Anda telah melihat status mereka secara khusus. 

Langkah-langkah mengintip status lewat chat pribadi, yaitu:

  1. Buka aplikasi WhatsApp. 
  2. Buka chat pribadi dengan kontak yang ingin Anda lihat statusnya. 
  3. Perhatikan bagian atas chat. Jika mereka baru saja menggunggah status, pratinjau status mungkin akan muncul di sana. 

Cara ini hanya efektif jika preview status muncul di chat. Tidak semua pengguna WhatsApp membiarkan preview status mereka aktif. Anda bisa memulai percakapan dengan kontak tersebut setelah melihat status mereka aktif. 

4. Unhide Status yang Disesuaikan Privasi 

WhatsApp memungkinkan Anda untuk menyembunyikan status dari kontak tertentu. Jika Anda mengetahui bahwa seseorang menyembunyikan statusnya dari Anda, Anda dapat mencoba meng-unhide kontak tersebut untuk melihat status mereka. Namun perlu diingat, tindakan ini mungkin akan diketahui oleh pemilik status, tergantung pada pengaturan privasi mereka. 

Baca Juga:   YouTube Perbarui Tombol Skip Ads, Mempersulit Pengguna Lewati Iklan

Cara melalukan trik ini cukup mudah, seperti:

  1. Buka aplikasi WhatsApp. 
  2. Buka tab “Status”. 
  3. Ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas. 
  4. Pilih “Privasi Status”. 
  5. Buka “Status yang Dikecualikan”. 
  6. Cari kontak yang ingin Anda unhide
  7. Hapus kontak tersebut dari daftar.

Sebelum memutuskan untuk mencoba 4 cara melihat status WA tanpa diketahui tersebut, penting untuk diingat bahwa mengintip status orang lain tanpa izin bisa menimbulkan beberapa masalah, seperti melanggar privasi, menimbulkan kecurigaan, dan membuang waktu dan tenaga. Pada akhirnya, menghormati privasi orang lain dan membangun komunikasi yang terbuka adalah hal yang lebih penting.

Baca Berita dan Artikel lain di Google News. 

(bmm)

Related Articles

Back to top button