Tekno

Cara Membuat Gambar Menggunakan AI Image Generator Midjourney

LiveNews – Saat ini sedang ramai tren membuat dan membagikan gambar yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Hal ini dikarenakan semakin banyak dan berkembangnya platform-platform yang melayani pembuatan (generate) gambar dengan kecerdasan buatan, sehingga para pengguna yang awam dalam teknologi sekalipun bisa turut menghasilkan gambar-gambar tersebut lewat platform yang ada.

Di antara AI Image Generator yang sudah beredar, di antaranya adalah Midjourney. Penggunaan Midjourney disambungkan langsung dengan Discord, di mana tidak ada spesifikasi khusus untuk hardware atau pun software yang digunakan, sehingga mudah sekali digunakan oleh siapa saja.

Pada halaman Quick Start-nya sendiri, Midjourney memberi Code of Conduct yang menganjurkan penggunanya untuk memakai fasilitas Midjourney secara bijak, di mana gambar yang dibuat tidak boleh menyinggung pihak-pihak tertentu atau mengandung konten yang tidak patut.

Sebelumnya, Midjourney memberikan jasa pembuatan gambar secara gratis. Namun akibat maraknya penyalahgunaan gambar yang dihasilkan, Midjourney menetapkan sistem berlangganan atau Subscribe. Berikut adalah tahap-tahap menggunakan Midjourney untuk menghasilkan gambar AI.

Baca Juga: Buat Konten 10x Lebih Cepat dengan AI Tools Ini!

Cara Membuat Gambar Menggunakan AI Image Generator Midjourney

  1. Buat dan Masuk Akun Discord

Apabila kalian belum memiliki akun Discord, buatlah terlebih dulu. Pembuatan akun bisa dilakukan dengan terlebih dulu mengunduh dan instalasi aplikasi Discord, atau bisa juga secara langsung melalui browser di discord.com/login. Klik Register untuk membuat akun. Apabila sudah memiliki akun, kalian bisa langsung masuk di browser maupun aplikasi.

  1. Berlangganan Midjourney

Dikarenakan Midjourney kini sudah menetapkan regulasi berlangganan, kalian harus mengawali dengan mengunjungi midjourney.com/account/. Masuklah menggunakan akun Discord yang sudah diverifikasi. Pada daftar Subscription Plans, kalian akan disuguhkan paket-paket berlangganan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

  1. Bergabung dengan Server Midjourney

Baca Juga:   6 Cara Mengatasi Inbox Gmail Penuh dan Menumpuk, yang Bisa Kamu Coba !

Selanjutnya, kalian bisa mulai bergabung dengan server Midjourney di Discord. Klik tombol + (plus) di sidebar kiri Discord. Kemudian akan muncul jendela Create a server. Dari sini klik Join a Server dan cantumkan tautan discord.gg/midjourney sebelum klik Join Server. Kalian kini resmi bergabung dengan server Discord Midjourney.

  1. Navigasi Server Midjourney

Begitu bergabung dalam server, kalian akan disambut berbagai macam channel. Sebagai pemula, kalian bisa membaca panduan singkat pada channel #getting-started.

Di sana, kalian akan dipandu untuk mengunjungi channel-channel dengan label #newbie atau #general. Channel ini dirancang untuk para pengguna baru Midjourney. Nantinya bot Midjourney-lah yang akan menghasilkan gambar-gambar dengan prompt yang diinginkan pengguna.

Command utama yang digunakan yaitu /imagine. Jika kalian sudah masuk salah satu channel, ketiklah command /imagine disusul prompt atau deskripsi singkat mengenai konten gambar yang kalian inginkan. Contoh: /imagine cabin in the forest, nantinya bot Midjourney akan memproses gambar sesuai prompttersebut.

Klik enter untuk mengirim prompt. Bagi pengguna baru, bot Midjourney akan mengirimkan balasan berupa Terms of Service atau ToS yang harus kalian terima. Apabila sudah mencermati lebih dulu ToS yang ada, klik Accept ToS. Bot Midjourney akan mulai memproses gambar kalian.

Proses pembuatan gambar akan memakan waktu hingga kurang lebih satu menit. Gambar yang dihasilkan akan berupa 4 pilihan gambar berdasarkan prompt yang kalian masukkan. Kalian bisa langsung menyimpan gambar atau memilih untuk memodifikasi dengan command /u (upscale) atau /v (variation), tersedia juga tombol langsung untuk meng-klik pilihan command tersebut beserta nomor masing-masing gambar. Contohnya U2 untuk upscale gambar nomor 2.

  1. Tips Menggunakan Midjourney

Kalian bisa memaksimalkan kemampuan bot Midjourney dengan mendetailkan prompt yang kalian ajukan. Eksplorasilah seluasnya, baik itu dengan mengimbuh genre-genre (misalnya horor, sci-fi, abstrak), memberi gambaran suasana, merujuk pada referens-referensi gaya tertentu, dan memberi umpan balik dari gambar yang dihasilkan. Semakin spesifik, semakin jelas dan memuaskan hasil gambar yang dihasilkan.

Baca Juga:   Tips Membuat Stiker WhatsApp Keren dengan mudah

Kalian bisa juga mempelajari dan menggunakan command-command lain yang tersedia di server Midjourney. Ada command /ask untuk bertanya, /blend untuk memadukan dua gambar, juga ada /prefer yang menyediakan beragam opsi untuk mengubah fitur-fitur default dalam server.

Perlu untuk selalu diingat bahwasannya penggunaan dan penyebaran gambar-gambar kecerdasan buatan sepatutnya tidak sembarangan. Penyalahgunaan kecerdasan buatan sangat rentan menyalahi etika seni dan orisinalitas. Sikapilah perkembangan teknologi ini dengan bijak.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(nar)

Related Articles

Back to top button