Tekno

Cara Membuat Nada Dering WhatsApp Sebut Nama Sendiri, Ikuti Langkah Ini!

Sumber: Unsplash.com/Jamie Street

LiveNews – Pengguna WhatsApp mungkin sering merasa bosan dengan nada dering bawaan yang terkesan monoton dan kurang variatif. WhatsApp sendiri memang menyediakan koleksi nada dering bawaan yang bisa dipilih pengguna, namun tidak jarang koleksi ini terasa kurang menarik bagi sebagian pengguna.

Oleh karena itu, untuk memberikan sentuhan personal dan unik pada aplikasi perpesanan populer ini, salah satu solusi yang bisa dicoba adalah mencoba cara membuat nada dering WhatsApp yang menyebut nama sendiri. Cara ini cukup menarik, karena saat ada pesan atau panggilan masuk, suara nada dering akan menyebutkan nama pengguna, memberikan nuansa yang lebih personal dan menyenangkan.

Baca juga: Mudah Banget! 3 Cara Transfer Chat WhatsApp ke HP Baru Android dan iPhone

Cara Membuat Nada Dering WhatsApp Sebut Nama Sendiri

Cara membuat nada dering WhatsApp sebut nama sendiri sebenarnya cukup mudah. Terdapat dua langkah utama yang perlu dilakukan, yaitu membuat audio nada dering yang menyebut nama sendiri dan mengganti nada dering WhatsApp dengan audio tersebut.

Penasaran bagaimana cara membuat nada dering WhatsApp sebut nama sendiri? Berikut penjelasan lebih detail mengenai kedua langkah tersebut. Simak baik-baik, ya!

1. Cara Membuat Nada Dering WhatsApp Sebut Nama Sendiri via Sound of Text

Langkah pertama adalah membuat file audio yang menyebutkan nama Anda. Untuk membuat audio ini, kita bisa memanfaatkan layanan pengubah teks menjadi suara (text-to-speech) seperti yang disediakan oleh situs web Sound of Text. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi situs Sound of Text pada browser di ponsel Anda. 
  2. Pada kolom yang tersedia, masukkan teks berisi nama Anda atau kalimat yang ingin dijadikan nada dering. Misalnya, “Halo, ini pesan untuk [Nama Anda]”. 
  3. Pilih bahasa Indonesia agar suara terdengar natural. Klik opsi “Submit.” 
  4. Setelah teks berhasil dikonversi menjadi audio, unduk file tersebut dengan mengklik opsi “Download”. 
Baca Juga:   Roblox Perkenalkan Fitur Chatbot AI Baru, Bangun Dunia Virtual Makin Mudah!

2. Memasang Nada Dering WhatsApp Sebut Nama Sendiri 

Setelah mendapatkan file audio, langkah berikutnya adalah mengganti nada dering WhatsApp dengan file audio tersebut. Proses ini bisa sedikit berbeda tergantung pada merek dan model ponsel yang Anda gunakan. Berikut panduan umum untuk ponsel Vivo Y22 dengan Android 12:

  1. File audio yang telah diunduh biasanya akan masuk ke folder unduhan di ponsel Anda dan dapat diakses melalui aplikasi File Manager. 
  2. Buka menu pengaturan (Settings) di ponsel Anda. 
  3. Pilih menu “Notifications” kemudian klik opsi “App settings”. 
  4. Cari dan pilih aplikasi WhatsApp dari daftar aplikasi yang muncul. 
  5. Pada kolom Chats, pilih opsi “Message Notifications”. 
  6. Klik opsi “Sound”. 
  7. Pilih opsi “Custom ringtone” dan cari file audio yang telah diunduh dari Sound of Text. File audio ini biasanya akan muncul secara otomatis di daftar nada dering yang tersedia. 
  8. Setelah memilih file audio, simpan perubahan tersebut. 
cara membuat nada dering whatsapp sebut nama sendiri
Sumber: LiveNews/Bunga

Kini, nada dering WhatsApp Anda sudah berhasil diganti dengan suara yang menyebutkan nama sendiri. Setiap kali ada pesan atau panggilan masuk, Anda akan mendengar suara yang menyebutkan nama Anda, memberikan pengalaman yang lebih personal dan menyenangkan.

Penyesuaian untuk Perangkat Lain

Perlu diketahui bahwa langkah-langkah di atas dilakukan pada ponsel Vivo Y22 dengan versi Android 12. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan ponsel dengan merek atau versi sistem operasi yang berbeda, mungkin terdapat sedikit perbedaan dalam pengaturan dan langkah-langkah yang harus dilakukan.

Namun, secara umum, prosesnya akan serupa: unduh file audio dari Sound of Text, lalu ubah nada dering WhatsApp melalui menu pengaturan notifikasi di ponsel Anda.

Membuat nada dering WhatsApp yang menyebutkan nama sendiri bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk memberikan sentuhan personal pada aplikasi perpesanan yang sering kita gunakan sehari-hari.

Baca Juga:   Tahun 2024 BI Terbitkan Rupiah Digital, Apakah Sama dengan Bitcoin & Dompet Digital?

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa dengan mudah mengganti nada dering WhatsApp menjadi lebih menarik dan unik. Selain memberikan nuansa baru, nada dering yang menyebutkan nama sendiri juga bisa membantu Anda untuk lebih cepat mengenali pesan atau panggilan yang masuk.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara membuat nada dering WhatsApp sebut nama sendiri. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca Berita dan Artikel lain di Google News. 

(bmm)

Related Articles

Back to top button