Tekno

Cara Mendaftarkan Alamat Toko di Google Maps, Gampang Banget!

Foto: Searchengineland.com

LiveNews – Google Maps telah membantu jutaan orang menemukan arah, menjelajahi lokasi baru, dan menemukan bisnis lokal.

Namun hingga kini, masih banyak yang belum sepenuhnya memahami panduan dasar dalam menggunakan aplikasi ini. Salah satunya adalah cara mendaftarkan alamat toko di Google Maps. Padahal, sebenarnya mendaftarkan alamat toko di Google Maps sangatlah mudah.

Sebenarnya dengan mendaftarkan alamat toko di Google Maps ini penting dilakukan untuk mempermudah pelanggan menemukan bisnis yang dituju. Dengan banyaknya orang yang menggunakan Google untuk mencari bisnis lokal, keberadaan toko yang terdaftar di Google Maps dapat meningkatkan kemungkinan muncul dalam hasil pencarian yang relevan.

Ini juga membantu pelanggan dalam mengetahui informasi penting tentang jam operasional, nomor telepon, dan ulasan atas bisnis atau usaha tersebut. Selain itu, pelanggan juga dapat menggunakan fitur navigasi untuk mendapatkan arah yang akurat, membuat proses mencapai toko menjadi lebih mudah. Prakarsa ini juga meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis atau usaha yang sedang dibuka.

Dengan banyak manfaatnya memiliki alamat toko yang terdaftar di Google Maps. Jadi, apa langkah-langkah untuk bisa mendaftarkan alamat toko di Google Maps?

Baca juga: Google Maps Akan Gunakan Konektivitas Satelit untuk Akses Offline

  • Mulailah dengan membuka Google Maps melalui browser, dapat diakses melalui website resminya di https://www.google.com/maps, dan pastikan Anda telah login ke akun Google (akun Gmail) Anda.
  • Setelah masuk, klik ikon titik tiga yang terletak di pojok kiri atas layar, kemudian pilih menu “Tambahkan Bisnis Anda”.
  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi beberapa data usaha yang diminta.
  • Isi data seperti nama toko, kategori toko, dan alamatnya dengan lengkap.
  • Setelah mengisi informasi tersebut, Anda akan diminta untuk menandai alamat toko Anda di peta yang tersedia.
  • Selanjutnya, tambahkan nomor telepon dan ikuti instruksi selanjutnya hingga proses verifikasi selesai.
  • Setelah berhasil diverifikasi, Anda dapat menambahkan informasi tambahan terkait toko Anda, seperti jam kerja, deskripsi usaha, dan foto.
  • Kemudian, Anda akan diarahkan ke halaman Google Search untuk melengkapi profil usaha Anda.
  • Setelah semua informasi terisi dengan lengkap, nama toko Anda akan muncul di Google Maps dan juga akan ditampilkan di hasil pencarian Google ketika dicari.
Baca Juga:   Menkominfo Bersuara: Mengupas Isu Pemblokiran Game Online

Baca juga: Terbaru! Cara Buat Tulisan Caption Instagram dengan Efek Miring, Tebal, dan Dicoret

Tips tambahan

Selain mengikuti langkah-langkah diatas, maka beberapa tips ini menjadi penting untuk dilakukan dalam mengelola informasi terkait alamat toko Anda di Google Maps. Beberapa saran berikut akan membantu:

  • Rutin perbarui data: Pastikan untuk secara berkala memperbarui detail toko, termasuk jam buka, nomor kontak, dan alamat untuk mengakomodasi perubahan yang terjadi.
  • Unggah foto-foto menarik: Tambahkan gambar yang relevan dan menarik tentang toko Anda untuk meningkatkan daya tarik dan kepercayaan pelanggan.
  • Tanggapi ulasan dengan cepat: Jangan abaikan ulasan dan komentar pelanggan. Pastikan Anda merespons dengan cepat dan profesional untuk membangun hubungan yang positif dengan pelanggan.

Dengan mengimplementasikan saran-saran ini, Anda dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dan memperkuat kehadiran online bisnis Anda di Google Maps.


Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(ny)

Related Articles

Back to top button