Tekno

Cara Menggunakan dan Memanfaatkan Google Bard, Dijamin Mudah!

Foto: Chicagotribune

LiveNews- Salah satu perusahan teknologi terbesar di dunia yaitu Google, memiliki alat generative artificial intelligence yang bernama Google Bard. Google Bard sendiri telah dapat digunakan dalam Bahasa Indonesia dan menawarkan berbagai macam manfaat yang dapat dinikmati oleh para penggunanya. Untuk menggunakan dan memanfaatkan Google Bard, pengguna dapat mengikuti tips berikut ini. 

Mengenal apa itu Google Bard

Ilustrasi

Ilustrasi google bard. Foto: Appleinsider

Pada 10 Mei 2023, Google secara remis merilis produk Google Bard atau yang sering disebut dengan Bard. Google Bard merupakan program generative artificial intelligence yang berbasis language model bernama Language Model for dialogue Applications atau LaMDA buatan Google. Generative artificial intelligence ini dapat memberikan prediksi kata dengan menganalisis teks dalam sebuah data. Prediksi tersebut merupakan respon atau tanggapan dari data teks atau instruksi yang telah diberikan oleh penggunanya. 

Cara Menggunakan Google Bard 

Ilustrasi 

Ilustrasi menggunakan google bard. Foto: Noypigeeks

Jika tertarik untuk menggunakan Google Bard, pengguna dapat menggunakan generative artificial intelligence ini dengan cara yang cukup mudah. Kini Google Bard sendiri telah dapat digunakan dalam Bahasa Indonesia. Sebagai salah satu kelebihannya, Google Bard dapat menyajikan respon atau tanggapan berdasarkan dengan informasi terkini. Untuk menggunakan artificial intelligence usutan Google ini, pengguna hanya perlu mengikuti langkah berikut.

  • Kunjungi website https://bard.google.com/.
  • Lakukan Log In dengan menggunakan email.
  • Setelah itu, ruang obrolan akan langsung terbuka.
  • Tulis dan kirim instruksi atau pertanyaan.
  • Bard akan membaca intruksi tersebut dan memberikan tanggapan. 

Tips Memanfaatkan Google Bard

1. Menganalisis Gambar

Ilustrasi

Ilustrasi menganalisis gambar menggunakan google bard. Foto: Aibusiness

Google mengatakan bahwa pengguna tidak hanya dapat memberikan instruksi melalui teks, namun juga melalui gambar. Pengguna dapat memanfaatkan Bard untuk menganalisis gambar dan memberikan informasi lebih lanjut mengenai gambar yang telah diberikan. Misalnya pengguna dapat meminta Bard untuk membuat konten yang terinspirasi dari suatu gambar. Pengguna juga dapat meminta Bard untuk mengurai gambar mengenai catatan tulisan tangan yang menjadi lebih ringkas melalui email. 

Baca Juga:   Waspada Produk HDC, Ini Cara Ampuh Membedakan HP Samsung Asli vs Palsu!

Baca Juga : Chatbot AI Google Bard Rilis 6 Fitur Baru, Mulai Coding hingga Diskusi Gambar

2. Melakukan Coding

Ilustrasi

Ilustrasi penjelasan coding dalam google bard. Foto: Tek.id

Bagi para software developer, kalian dapat memanfatkan Google bard dalam melakukan coding. Hal ini dikarenakan Bard sendiri memiliki halaman khusus yang memiliki kemampuan dalam mengulas Coding. Pengguna dapat meminta bantuan Bard dalam menjelaskan potongan kode dan memahami hasil dari suatu blok kode. Kemampuan ini tentunya sangat bermanfaat bagi pengguna yang baru saja belajar melakukan coding maupun pengguna yang telah mampu melakukan coding. Selain itu, Google Bard juga memiliki kemampuan untuk mengekspor bahas pemograman Python ke Replit dalam lebih dari 40  bahasa yang berbeda. 

3. Merencanakan Liburan 

Ilustrasi

Ilustrasi menggunakan google bard. Foto: Techeblog

Google Bard juga dapat membatu penggunanya dalam merencanakan perjalanan liburan berdasarkan minat dan kesukaan pengguna. Pengguna dapat memberikan instruksi mengenai perjalanan liburan seperti apa yang diinginkan dan Google Bard akan memberikan rancangan perjalanan tersebut kepada pengguna. Semakin detail informasi liburan yang diinginkan pengguna, maka semakin baik pula rancangan rencana liburan yang akan di berikan Google Bard. 

4. Memanfaatkan Fitur Suara

Ilustrasi

Ilustrasi cara menggunakan fitur suara pada google bad. Foto: Googlechrome

Google Bard tidak hanya dapat merespon melalui teks namun juga memungkinkan penggunanya untuk mendapat respon dalam bentuk suara. Untuk menggunakannya, penguna hanya perlu menekan tombol audio pada boks respon. Selain itu, fitur ini juga dapat digunakan dalam lebih dari 40 bahasa. Dengan menggunakan fitur ini pengguna dapat mendengar respon secara langsung tanpa perlu membaca tanggapan yang diberikan. Hal ini sangat cocok digunakan bagi pengguna yang ingin mendapatkan informasi sembari melakukan kegiatan lain. 

Baca Juga:   Belum Usai, Pengguna Kini Laporkan Layar iPhone 15 Miliknya Terbakar

5. Menyesuaikan Respon yang Didapatkan 

Ilustrasi

Ilustrasi opsi pilihan instruksi yang didapatkan pada google bard. Foto: Allthingswindows

Melalui Google Bard pengguna dapat menyesuaikan respon seperti apa yang ingin didapatkan atas instruksi yang telah diberikan. Respon ini terbagi dalam lima pilihan yaitu panjang, pendek, sederhana, profesional, atau kasual. Sehingga pengguna tidak perlu lagi repot-repot untuk mengedit kembali respon yang diberikan sebelum digunakan. Misalnya pengguna perlu membuat sebuah email untuk melamar pekerjaan, pengguna dapat memberikan instruksi dan memilih opsi profesional.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(ras)

Related Articles

Back to top button