Tekno

Catat! Ini Bagian-bagian AC yang Perlu Perawatan Berkala

LiveNews – Air conditioning (AC) adalah perangkat yang membantu menjaga suhu udara di dalam rumah atau kantor tetap nyaman. Seperti halnya perangkat elektronik lainnya, AC juga memerlukan perawatan berkala agar tetap berfungsi dengan baik. Dalam artikel ini, Tekmin akan memberikan tips perawatan AC yang mudah dipahami, sehingga kamu dapat menjaga AC tetap prima tanpa perlu mengkhawatirkan kerusakan serius.

8 Bagian AC yang Perlu Perawatan Berkala

1. Filter Udara

Filter udara adalah bagian penting dari AC milikmu. Tugasnya adalah menyaring debu, serbuk sari, dan kotoran dari udara yang masuk ke dalam AC. Filter ini dapat menjadi kotor dan tersumbat seiring waktu, menghambat aliran udara dan efisiensi pendinginan AC. Oleh karena itu, penting untuk secara berkala membersihkan atau mengganti filter udara.

2. Kondensor

Kondensor adalah bagian AC yang terletak di luar ruangan dan memiliki peran penting dalam proses pendinginan. Pastikan area sekitar kondensor selalu bersih dari rerumputan dan kotoran agar kinerjanya tetap optimal.

3. Evaporator

Evaporator adalah bagian dalam AC yang bertugas untuk mendinginkan udara di dalam ruangan dengan menguapkan refrigeran yang mengambil panas dari udara. Pastikan evaporator selalu bersih dan bebas dari kotoran untuk memastikan kinerjanya maksimal.

4. Kompresor

Kompresor adalah “jantung” dari sistem AC. Fungsi utamanya adalah memampatkan gas refrigeran dan mengirimkannya ke kondensor. Kompresor yang rusak dapat mengakibatkan AC tidak berfungsi sama sekali. Oleh karena itu, perawatan yang baik sangat penting untuk menjaga kompresor tetap dalam kondisi optimal.

5. Kabel dan Koneksi

Pastikan semua kabel terhubung dengan baik dan tidak ada korosi pada konektor. Kabel dan koneksi yang longgar atau rusak dapat menyebabkan masalah dalam AC kamu, terutama dalam aliran listriknya.

Baca Juga:   5 Cara Cek Fundamental Kripto agar Tidak Tertipu atau Rug Pull

Baca juga: Kurangi Polusi Udara di Rumah dengan Rutin Servis AC

6. Thermostat

Thermostat adalah yang mengontrol suhu di dalam ruangan. Pastikan thermostat berfungsi dengan baik dan suhu yang ditetapkan sesuai dengan yang kamu inginkan.

7. Baling-Baling atau Fan Blade

Baling-baling atau fan blade yang kotor atau bengkok dapat mempengaruhi aliran udara di dalam ruangan. Bersihkan dan periksa baling-baling secara berkala untuk memastikan AC berfungsi dengan baik.

8. Refrigeran

Refrigeran adalah zat yang digunakan dalam proses pendinginan AC. Pastikan tingkat refrigeran selalu sesuai dengan yang ditentukan oleh produsen. Kekurangan refrigeran dapat mengurangi efisiensi AC.

Dengan menjaga semua komponen AC Anda dalam kondisi baik, Anda dapat memastikan kenyamanan di rumah atau kantor Anda. Dengan melakukan perawatan yang tepat, kamu juga dapat memperpanjang umur AC-mu dan menghindari biaya perbaikan yang mahal. Jika kamu memerlukan jasa perawatan AC terpercaya di JABODETABEK, kamu dapat mempertimbangkan layanan dari Suwun.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(dwk)

Related Articles

Back to top button