Hiburan

Cerita Basboi angkat budaya Indonesia melalui karya musik

Jakarta (LiveNews) – Rapper Baskara Rizqullah atau biasa disapa Basboi membagikan ceritanya memperkenalkan budaya Indonesia melalui karya-karya musik ciptaannya yang menjadi ciri khas dia selama ini.

“Tumbuh kembang di berbagai kota yang kaya inspirasi budaya, mulai dari Medan, Bandung, hingga Jakarta, membuatku nyaman menulis lirik lagu dalam bahasa Indonesia,” kata Basboi saat ditemui dalam acara bincang-bincang bersama di kawasan SCBD Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis.

Musik rap yang digelutinya saat ini kerap diidentikkan dengan bahasa asing. Padahal, musik rap sendiri sarat akan representasi budaya yang dibawakan oleh penyanyinya, sehingga tidak menutup kemungkinan budaya Indonesia juga dapat diangkat melalui musik rap.

Baca juga: Basboi dan Feel Koplo kolaborasi rilis “Star-Link”

“Aku percaya dengan menggunakan bahasa Indonesia dapat membawa kekayaan budaya kita ke panggung dunia yang otentik,” kata Basboi.

Melalui karya-karya musiknya, Basboi menceritakan pengalaman hidupnya dengan mengombinasikan nuansa budaya lokal di dalamnya. Ia ingin merefleksikan jati dirinya sebagai warga Indonesia, di samping pengaruh dan referensi musik rap dari luar negeri yang selama ini cukup banyak ditemukan di sekitar.

Namun, perjalanannya untuk mengenalkan budaya Indonesia melalui musik rap tidaklah mudah.

Baca juga: Converse rilis trek tunggal “All Star Anthem”

Menurutnya, sebagian masyarakat Indonesia masih memandang sebelah mata produk ataupun hal yang berbau budaya Indonesia, sehingga dirinya selalu meyakinkan diri untuk berusaha dan fokus pada karya musiknya.

“Tantangannya adalah ekspektasi masyarakat lokal yang cenderung menganggap remeh hal-hal berbau lokal,” kata pria berusia 26 tahun ini.

Kini, selain berkecimpung di dunia musik, Basboi juga memiliki lini fesyen sepatu kulit bernama Jovem Studio. Jenama fesyen lokal ini dirintisnya untuk memperkenalkan sepatu buatan Indonesia dengan kualitas yang dapat bersaing dengan produk lainnya.

Baca Juga:   Disney+ akan buat aturan untuk membatasi praktik berbagi akun

“Aku ada brand sepatu kulit namanya Jovem Studio. Aku juga sering kolaborasi dengan brand lain juga untuk bikin produk (di luar Jovem Studio),” kata Basboi.

Baca juga: Harapan Basboi dan Feel Koplo untuk industri musik Indonesia

 

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha

Related Articles

Back to top button