Bisnis

Cerita Wapres Maruf Amin Ungkap Kehidupan Beragama di China

LiveNews – Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin melakukan kunjungan kerja ke China untuk melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pejabat dan pengusaha negeri tirai bambu itu.

Usai melakukan pertemuan dengan sejumlah pengusaha di Kantor Perwakilan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM) MUI di Shanghai Al Amin Co Ltd, Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin melaksanakan salat Dzuhur jamak Ashar di Masjid Shanghai Pudong, Senin (18/09/2023).

Wapres bercerita bahwa kebebasan beragama di Tiongkok saat ini cukup baik. Dia bilang, saat dirinya bersama para pemimpin negara ASEAN dijamu Santap Malam oleh Perdana Menteri (PM) Tiongkok dua hari lalu, di meja makan dihiasi hiasan miniatur tempat ibadah.

“Di tempat pertemuan makan malam itu ada [miniatur] pagoda, gereja, masjid. Artinya mereka menunjukkan di sini agama, bahkan agama Islam bisa berkembang,” ujarnya yang dikutip dari keterangan tertulis, Senin (18/9/2023).

Baca Juga:Gagah! Wapres Maruf Amin Bergaya Seperti Orang Betawi di Sidang Tahunan MPR-DPR

Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin melaksanakan salat Dzuhur jamak Ashar di Masjid Shanghai Pudong, Senin (18/09/2023)/ Dokumentasi SETWAPRES

Bahkan, lanjut Wapres, Perdana China mengundangnya untuk mengunjungi komunitas-komunitas Muslim yang ada di China.

“Kita harapkan ke depan bukan hanya sertifikasi halal makanannya, tapi kehidupan mereka sebagai muslim misalnya, dalam menjalankan agamanya bisa juga memperoleh kesempatan yang terbuka,” imbuh dia.

Wapres menunjukkan bukti kehidupan beragama di China cukup baik adalah dengan adanya Masjid Shanghai Pudong yang dibangun di area strategis yakni di pinggir jalan, bukan di sudut terpencil.

“Saya melihat di sini bersih, nyaman untuk salat, dan tempatnya bukan di tempat umum, tetapi di tepi jalan yang strategis, tempat wudhunya juga bersih, [lantai masjid] malah dilapisi kayu di atasnya sehingga untuk salat nyaman,” beber dia.

Baca Juga:   Hadiri Rakernas Hipmi, ModalSaham Perkenalkan Akses Permodalan Tanpa Jaminan

Bahkan saat salat Jumat, cerita Wapres, masjid ini penuh diisi jemaah dari berbagai daerah. Hanya saja, kekinian belum ada pengajian untuk anak-anak, sehingga ke depan ia berharap pengurus masjid dapat menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar agama untuk anak-anak.

Baca Juga:Wapres Maruf Amin Panggil Mahfud MD, Ada Apa?

“Anak-anak masih diajar orang tuanya di rumah-rumah, saya pesankan [kepada pengurus masjid] agar ada pengajian anak-anak,” ucap dia.

Related Articles

Back to top button