Hiburan

Cerita Young K DAY6 tentang “Letters with Notes” untuk penggemar 

Jakarta (LiveNews) – Penyanyi sekaligus pembetot bas yang tergabung dalam band Korea Selatan DAY6, Kang Young-hyun sebenarnya hanya memiliki waktu empat bulan untuk mempersiapkan album studio solo pertamanya yang dia beri judul “Letters with Notes”.

Namun, dia akhirnya bisa memasukkan 11 lagu yang dideskripsikan sebagai surat untuk penggemarnya dan merilisnya pada 4 September kemarin.

“Mentorku komposer Hong Ji-sang selalu berkata aku harus melakukan perbaikan atau setidaknya perubahan. Jadi kali ini aku mencoba banyak hal berbeda, mencoba menampilkan beragam genre musik, sambil menulis lirik yang lebih metaforis,” kata dia seperti disiarkan The Korea TImes, Selasa.

Baca juga: Young K DAY6 akan gelar konser tunggal di Jakarta

Lagu utama dalam album, berjudul “nothing but,” dimulai dengan lirik tentang seorang pria yang tak bisa melepaskan hubungan di masa lalunya.

“Setelah mendengar dari Hong Ji-sang bahwa aku tidak pandai menyerah dalam segala hal, aku pikir aku bisa menulis tentang ini di lagu baruku,” ujar Young K.

Sementara itu, salah satu lagu lainnya dalam album yakni “Let It Be Summer” mengibaratkan kehidupan manusia dengan musim yang berbeda.

Berbicara mengenai album “Letter with Notes”, Young K mengatakan tidak menyampaikan pesan tertentu. Namun dia berharap melalui album itu dia dapat menyampaikan perasaan dan sentimen yang beragam kepada pendengarnya.

“Alangkah baiknya jika bisa menghadirkan kenyamanan, kegembiraan, atau hal lain yang bisa mereka rasakan. Jika mereka bisa merasakan sesuatu dari musikku maka itu sudah cukup,” tutur dia.

Baca juga: Young K DAY6 resmi merilis album “Letters with Notes”

Album “Letters with Notes” menjadi rilisan pertamanya sejak menyelesaikan wajib militer pada April lalu. Young K tercatat sebagai idola K-pop pertama yang bergabung dengan KATUSA-bagian dari militer Amerika Serikat- yang hanya merekrut sekitar 2.000 orang setiap tahunnya.

Baca Juga:   Maliq & D’Essentials gelar acara Resonate: The Story of Music

Tak lama setelah keluar dari dinas militer, Young K kembali menjadi DJ untuk program radio “Kiss the Radio.” Dia didaulat sebagai DJ untuk pertunjukan tersebut sejak November 2020 hingga Oktober 2021, tetapi harus rehat karena bergabung dengan KATUSA.

Selain sebagai penyanyi, dia juga menulis serangkaian lagu hits seperti “You Were Beautiful” (2017) dan “Time of Our Life” (2019) untuk grupnya, DAY6 dan memiliki sekitar 160 lagu yang dilindungi hak cipta atas namanya.

Baca juga: Young K DAY6 akan rilis album penuh pertamanya September mendatang

Salah satu karyanya yang dinilai paling sukses yakni “Rose Blossom” (2023) yang dinyanyikan grup idola K-po H1-KEY. Karya ini sempat meraih posisi teratas di platform streaming musik besar seperti Melon dan Hanteo.

“Merupakan suatu kehormatan besar untuk diakui sebagai penyanyi dan komposer, tapi aku lebih bahagia ketika dipuji atas kemampuan menyanyiku,” kata dia.

Young K menambahkan dirinya harus mengutamakan karier menyanyinya ketimbang karir lainnya.

Sang idola dijadwalkan menggelar konser solo bertajuk “Letters with Notes” di Indonesia pada 23 Oktober 2023, kemudian di Bangkok pada Desember 2023.

Baca juga: Young K DAY6 rilis daftar lagu untuk album solo “Letters with notes”

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Siti Zulaikha

Related Articles

Back to top button