Tekno

Coursera Menghadirkan Kursus dalam Bahasa Indonesia dan Fitur Bertenaga AI

Foto: Grid.Id

LiveNews – Dalam rangka terus meningkatkan kualitas pendidikan dan kualiatas SDM masyarakat Indonesia, kini telah hadir berbagai platform kursus serta pembelajaran online untuk mengefektivitaskan proses pembelajaran . Salah satu platform yang bisa digunakan untuk mengakses berbagai pengetahuan adalah Coursera. Platform yang menghadirkan berbagai pengetahuan berkualitas tinggi ini, kini telah hadir dalam Bahasa Indonesia. Selain itu, Coursera juga menggunakan tenaga artificial intelligence untuk memberikan pengalam belajar terbaik bagi para penggunanya. 

Mengenal Coursera

Ilustrasi

Ilustrasi coursera. Foto: Medium 

Coursera merupakan paltform pembelajaran secara online (online learning platform) terkemuka di dunia. Paltform ini menawarkan berbagai macam kursus dan program pendidikan atau pelatihan yang berasal dari berbagai Universitas dan Instansi di Dunia. Kursus dan program yang disediakan, dapat diakses oleh puluhan ribu peserta bahkan lebih.

Coursera sendiri bertujuan untuk memberikan akses kepada siapa saja yang ingin mempelajari berbagai hal melalui kursus berkualitas tinggi yang dibimbing oleh para ahli dalam bidangnya. Beberapa program yang disediakan memanglah dapat diakses secara gratis, namun terdapat beberapa program lainnya yang mengharuskan penggunanya untuk membayar demi mendapatkan sertifikat ataupun fitur tambahan. 

Coursera Menyediakan Kursus dan Pembelajaran dalam Bahasa Indonesia 

Ilustrasi

Ilustrasi perilisan kursus dalam bahasa indonesia pada coursera. Foto: Gizmologi

Sebagai salah satu penyedia pembelajaran atau kursus terkemuka, Coursera tentu saja terus terus melakukan inovasi dan serangkaian inisiatif demi meningkatkan standar pendidikan yang didapatkan para penggunanya. Salah satu inovasi yang kini telah disediakan oleh platform ini adalah dengan menyediakan kursus dalam Bahasa Indonesia. Selain itu, kursus ini juga telah didukung oleh ChatGPT sebagai model learning yang digunakan. 

Inovasi ini dilakukan berdasarkan dengan komitmen Coursera untuk menyediakan dan memberikan akses pendidikan dengan kualitas tinggi bagi semua lapisan masyarakat. Selain itu, inovasi ini juga dilakukan untuk mendukung upaya pemerintah dan lembaga pendidikan di Indonesia dalam meningkatkan keterampilan dan kompetensi yang dimiliki tenaga kerja Indonesia.

Baca Juga:   Jadwal Diskon Tarif Tol 20 Persen, Pemudik Wajib Cek!

Baca Juga : Google Beri 10.000 Kuota Pelatihan IT Gratis, Ini Cara Daftarnya

Inovasi yang dilakukan juga dapat memberikan dukungan bagi lembaga pendidikan dalam meningkatkan kurikulum dan menghadirkan materi berkualitas tinggi ke dalam lingkungan pembelajaran. Selain itu, inovasi dari Coursera dapat membantu masyarakat atau individu dalam mempelajari banyak hal secara efektif. 

Hasil dari inovasi yang telah dilakukan adalah hadirnya banyak konten pembelajaran dan kursus dalam Bahasa Indonesia. Terdapat lebih dari 2.000 kursus akan tersedia dalam Bahasa Indonesia. Kursus ini tentunya memiliki kualitas tinggi karena berasal dari Universitias dan Institusi terkemuka dari seluruh dunia. 

Coursera juga memberikan solusi bagi perusahaan atau institusi pendidikan yang ingin membekali karyawan ataupun siswa dengan keterampilan yang relevan. Dimana, platform ini memungkinkan perusahaan atau institusi penddikan untuk mengakses kursus yang relevan bagi karyawan dan siswa yang dinaungi. Solusi ini diberikan nama Cousera for Businness bagi perusahaan dan Coursera for Campus bagi institusi pendidikan. 

Fitur Coursera Bertenaga Artificial Intelligence

Ilustrasi

Ilustrasi penjelasi fitur bertenaga ai milik coursera. Foto: Antarnews

Coursera juga akan mengenalkan berbagai fitur bertenga artificial intelligence (AI) yang dapat membantu penggunanya dalam meringkas dan memperkaya pengalaman belajar yang didapatkan. Salah satu fitur yang nantinya tersedia adalah Coursera Coach yang masih tersedia dalam bentuk beta.

Fitur ini merupakan asisten pembelajaran virtual yang dapat memberikan umpan balik bagi pengguna berbayar. Umpan balik yang nantinya diterima akan dipersonalisasi secara otomatis. Sehingga melalui fitur Coursera Coach pengguna dapat mengajukan serta menerima jawaban, merangkum video kuliah, dan memberikan bantuan interaktif. 

Untuk memberikan rekomendasi yang lebih baik serta relevan bagi penggunanya, Coursera juga meluncurkan plugin Coursera ChatGPT. Dimana platform ini memanfaatkan teknologi GPT-4 untuk memberikan rekomendasi konten yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan minat personal penggunanya. Plugin ini tentunya akan mempermudah pengguna dalam menemukan kursus serta materi pembelajaran yang relevan dengan minat yang dimiliki. 

Baca Juga:   WhatsApp Kembangkan Fitur Kelola Penyimpanan Baru, Hapus Chat Jadi Lebih Mudah

Coursera Bekerja sama dengan Berbagai Perusahaan dan Universitas di Indonesia

Ilustrasi

Ilustrasi universitas yang berkerja sama dengan coursera. Foto: Quippercampus

CEO dari Coursera yaitu Jeff Maggioncalda mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar dan memainkan peranan penting dalam dunia global. Kehadiran Coursera diharapkan dapat membantu menjembatani kesenjangan keterampilan dan membekali masyarakat Indonsesia dengan pengetahuan dan kompetensi yang relevan untuk bersaing di pasar global. 

Untuk mewujudkan hal ini, Coursera telah berkerja sama dengan berbagai perusahaan ternama di Indonesia. Mulai dari Pelindo, PT.PLN (Persero), Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, dan Bank Madiri. Selain itu Coursera juga berkerja sama dengan berbagai Universitas seperti Universitas Katolik Atma Jaya, Universitas Indonesia, dan Indonesia Cyber Education Institute (ICE). 

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(ras)

Related Articles

Back to top button