Olahraga

Cuma Christian Hadinata, Pemain Indonesia yang Kawinkan Gelar Kejuaraan Dunia



LiveNews – Kisah mengagumkan Christian Hadinata, satu-satunya pemain Indonesia yang mencetak sejarah bisa kawinkan dua gelar juara di Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Kejuaraan Dunia Bulutangkis atau Badminton World Championships sudah digelar sejak tahun 1977 dan menjadi agenda tahunan dalam kalender BWF.

Meskipun tidak menyediakan hadiah uang untuk pemenang, namun prestisiusnya BWF World Championships tidak berkurang sedikit pun.

Karena seorang atlet akan mendapatkan kebanggaan tersendiri ketika bisa meraih medali dan mengibarkan bendera negara di turnamen bulutangkis grade satu ini.

Apalagi seorang pemenang Kejuaraan Dunia Bulutangkis juga mendapatkan tambahan 13 ribu poin, atau yang tertinggi dibanding turnamen level lain.

Maka tak mengherankan jika ada kepuasan tersendiri bagi seorang atlet yang bisa menyabet medali di Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Sebaliknya, seorang atlet mungkin akan merasa kurang lengkap gelarnya jika sepanjang kariernya belum mendapatkan kalungan medali Kejuaran Dunia Bulutangkis.

Di antara dinamika Kejuaraan Dunia Bulutangkis, ada sosok Christian Hadinata sebagai salah satu atlet tersukses di gelaran ini. Dia mengoleksi dua emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Ajaibnya, dua emas itu disumbangkan Christian Hadinata di edisi yang sama, yakni Kejuaraan Dunia Bulutangkis 1980 dari dua sektor berbeda, yakni ganda putra dan ganda campuran.

Di sektor ganda putra, Christian Hadinata berpasangan dengan Ade Chandra, sedangkan di nomor ganda campuran duetnya adalah Imelda Wiguna.

Capaian itu mencatatkan nama Christian Hadinata sebagai satu-satunya pemain asal Indonesia yang bisa mengawinkan gelar juara di Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Catatan yang belum bisa dipecahkan oleh pemain bulutangkis asal Indonesia manapun sejauh penyelenggaraan Kejuaraan Dunia sampai tahun 2022.

Padahal saat itu, Christian Hadinata menyabet medali emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis 1980 dengan perjalanan yang tidak cukup mudah.

Baca Juga:   Rumor Transfer Juventus: 3 Tumbal demi Sancho, Korbankan Miretti untuk Colpani

Christian Hadinata/Ade Chandra di sektor ganda putra, bahkan tampil kurang menyakinkan di gim pertama saat menghadapi kompatriotnya, Rudy Heryanto/Hariamanto Kartono.

Namun perlahan tapi pasti, Christian Hadinata/Ade Chandra mengamuk di gim kedua dan memaksakan rubber, hingga akhirnya menang dengan skor akhir 5-15, 15-5, 15-7.



Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button