Bisnis

Daftar Gedung Pemerintahan di IKN yang Bisa Dihuni PNS pada Agustus

LiveNews – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan terdapat gedung pemerintahan yang bisa digunakan oleh para PNS. Setidaknya, terdapat empat gedung pemerintah yang rampung pada tahun 2024.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti, meski bisa dipakai, tetapi pembangunan gedung-gedung pemerintahan tersebut baru selesai pada Oktober 2024.

“Agustus sudah bisa dipakai walaupun belum 100% karena selesainya mungkin Oktober. Kita (bangunnya) bertahap,” bebernya di sela-sela seremonial pembukaan Nusantara Sail 2023 di Gelanggang Olahraga (GOR) Bahtera Jaya Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (9/9/2023).

Adapu, keempat gedung yang bisa dihuni para PNS yaitu, Gedung Kemenko tersebut antara lain Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Gedung Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Gedung Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, serta Gedung Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Baca Juga:Ada Tol Bawah Laut di IKN, Kapan Dibangun?

Sebelumnya, Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga mengungkapkan, kekinian infrastruktur dasar IKN Tahap 1 sudah mencapai 38,1%. Seluruh kegiatan juga masih terjadai dari sisi jadwal pelaksanaan.

“Konstruksi infrastruktur dasar IKN Tahap 1 ini yang kontrak pekerjaannya telah dimulai sejak tahun 2021 seperti pembangunan Jalan Tol Akses IKN tahap 1, Bendungan Sepaku Semoi, Istana Negara dan Kantor Presiden,” ujar Danis dalam keterangannya yang dikutip, Selasa (22/8/2023).

Danis melanjutkan, Kementerian PUPR juga telah memulai pembangunan IKN tahap kedua.

“Tahap kedua meliputi proyek-proyek yang penandatanganan kontraknya dimulai pada April – Mei 2023 seperti gedung kementerian koordinator 2 dan rumah rusun ASN IKN,” kata dia.

Danis menyatakan, beberapa infrastruktur dasar IKN yang utamanya akan selesai pada 2024 yakni untuk pemenuhan kebutuhan air bersih dan beberapa jaringan jalan untuk meningkatkan konektivitas ke kawasan IKN.

Baca Juga:   5 Rekomendasi Tabungan Tanpa Saldo Mengendap, Limit Transaksi Hingga Rp0

Baca Juga:Simbolik Pindah Ibu Kota, Menteri Basuki Lepas Pelaut Berlayar dari Jakarta Hingga ke IKN

“Untuk air bersih tengah diselesaikan Bendungan Sepaku Semoi dan Intake Sepaku, selanjutnya juga ditargetkan Sistem Penyediaan Air Minumnya dapat mulai didistribusikan ke beberapa kawasan di IKN pada 2024,” imbuh dia.

Related Articles

Back to top button