Hiburan

Debut “Ghostbusters: Frozen Empire” raup 45,2 juta dolar AS di Amerika

Jakarta (LiveNews) – Film “Ghostbusters: Frozen Empire” berhasil mendominasi box office di Amerika dengan meraup pendapatan sebesar 45,2 juta dolar AS (Rp714 miliar) pada minggu pembuka penayangannya.

Dilansir dari Variety pada Senin, total pendapatan yang dikumpulkan dari penayangan di 4.345 bioskop di Amerika Utara itu melebihi perkiraan sebelumnya yakni sebesar 42 juta dolar AS (Rp 664 miliar).

Sementara bioskop internasional menambah pendapatan sebesar 16,4 juta dolar AS (Rp259 miliar) sehingga total pendapatan secara global mencapai 61 juta dolar AS (Rp964 miliar).

Baca juga: Sony rilis trailer sekuel terbaru “Ghostbusters: Frozen Empire”

Capaian yang diraih oleh “Ghostbusters: Frozen Empire” melampaui pendapatan di minggu pembuka penayangan film waralaba “Ghostbusters” sebelumnya yakni “Ghostbusters: Afterlife” pada 2021 yang mengumpulkan 44 juta dolar AS di tengah masa pemulihan pandemi COVID-19 (Rp695 miliar).

Film “Ghostbusters: Frozen Empire” disutradari oleh Gil Kenan dan memiliki biaya produksi mencapai 100 juta dolar AS (Rp1,5 triliun).

Film ini menghadirkan kembali pemeran lama di dua film pertama “Ghostbusters” yakni Bill Murray, Dan Aykroyd, Ernie Hudson, dan Annie Potts di mana mereka bergabung dengan anggota baru tim pemburu hantu yang diperankan oleh Paul Rudd, Carrie Coon, Mckenna Grace, dan Finn Wolfhard dalam mencegah seorang dewa penghancur untuk menciptakan zaman es kedua.

Baca juga: Sekuel “Ghostbusters: Afterlife” akan tayang jelang Natal 2023

Menurut laporan Collider, film pertama “Ghostbusters” yang tayang pada 1984 silam masih memegang rekor pendapatan tertinggi di waralaba tersebut yakni mencapai 295 juta dolar AS (Rp 4,6 triliun) secara global.

Disutradari oleh Ivan Reitman, film “Ghostbusters” pertama menjadi film komedi terlaris pada masanya dan menempati posisi blockbuster terbesar kedua pada tahun perilisannya.

Baca Juga:   FJPI gelar lomba video kampanye anti kekerasan seksual untuk edukasi

Baca juga: “Ghostbusters: Afterlife” rajai box office Amerika

Kemudian “Ghostbusters II” rilis pada 1989 dengan total pendapatan 215 juta dolar AS (Rp3,4 triliun) secara global. Pada tahun 2016, film “Ghosbusters” mendapatkan versi reboot yang digarap oleh sutradara Paul Feig dengan pendapatan 229 juta dolar AS (3,6 triliun) di bioskop global.

Sony kembali membuat reboot film tersebut dengan menghadirkan “Ghostbusters: Afterlife” yang tayang pada 2021. Dibintangi oleh Paul Rudd, Carrie Coon, Finn Wolfhard, dan Mckenna Grace, film ini berhasil mengumpulkan pendapatan global sebesar 203 juta dolar AS (Rp3,2 triliun).

Baca juga: Bocoran “Ghostbusters: Afterlife” kembali rilis, tayang November 2021

Baca juga: Film dokumenter “Ghostbusters” bakal hadir pekan depan

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © LiveNews 2024

Related Articles

Back to top button