Tekno

Digital Marketing: Pengertian, Peluang Karir, dan Pelatihannya

Hi Sobat Karier, tahukah kamu bahwa digital marketing masuk dalam bidang pekerjaan yang paling diminati belakangan ini? Pasalnya, perkembangan teknologi dengan cepat mengubah marketing konvensional menjadi lebih maju dengan konsep digital marketing.

Seiring dengan semakin meluasnya penggunaan internet dan media sosial, digital marketing menjadi sarana yang lebih efektif untuk menjangkau target audiens dengan cepat dan efisien. Dengan perkembangan tersebut, digital marketing menawarkan peluang yang luas bagi kandidat yang ingin berkarir di bidang ini.

Apa Itu Digital Marketing?

Sebelum membahas tentang peluang pekerjaan dalam bidang ini, sudahkah kamu mengenal dengan baik apa itu digital marketing? Pada dasarnya, digital marketing adalah pemasaran online. Dalam implementasinya, kita dapat menggunakan platform digital yang umum digunakan seperti YouTube, Instagram, Twitter, dan lain-lain untuk mencapai target audiens dengan lebih efektif.

Dengan adanya penerapan data analytics, tim Digital Marketing dapat dengan mudah melihat darimana audiens berasal, apa yang mereka lakukan dalam platform digital, dan strategi apa yang lebih sesuai untuk menarik audiens sehingga lebih memudahkan mereka dalam membuat campaign yang menarik audiens. Terdengar mudah bukan?

Peluang Karir dalam Digital Marketing

Memang terdengar mudah, tapi sebetulnya digital marketing melibatkan banyak pekerjaan dan talent yang beragam juga. Kamu bisa mencoba salah satunya.

Copywriter

Dalam bidang digital marketing, seorang Copywriter bertanggung jawab dalam menyusun teks tertulis. Teks tersebut ditulis dengan tujuan meyakinkan atau mempengaruhi audiens untuk mengarahkan mereka ke halaman situs web, mendorong mereka untuk mendaftar, atau mengajak mereka untuk membeli produk.

Dengan tujuan tersebut, seorang Copywriter diharuskan untuk menyusun copy atau teks dengan gaya bahasa yang interaktif agar dapat menarik minat audiens.

Baca Juga:   Cara Melihat Siapa Saja Pengguna WiFi IndiHome Kita, Awas Ada Maling Internet!

Coba sekarang: Program Prakerja Karier.mu – Copywriting

Content Writer

Content Writer akan bertanggung jawab untuk menyampaikan informasi kepada audiens melalui konten tulisan mereka. Konten tersebut biasanya berupa artikel yang dipublikasikan pada situs web, blog, mail newsletter, maupun platform lainnya.

Konten yang dibuat oleh seorang Content Writer umumnya berfokus untuk memberikan informasi yang relevan dengan bisnis atau perusahaan mereka. Misalnya, jika perusahaannya tersebut berfokus pada bidang teknologi informasi, maka Content Writer akan menulis konten-konten yang berkaitan dengan topik teknologi informasi yang paling diminati oleh audiens.

SEO Specialist

Seorang Search Engine Optimization (SEO) Specialist bertanggung jawab untuk meningkatkan peringkat situs web dalam hasil pencarian dengan teknik dan strategi yang efektif. Peran ini akan melakukan berbagai penelitian terkait keywords yang banyak dicari, mengoptimalkan konten, image, dan tautan. Di sisi lain, mereka akan terus rutin memonitor performa situs yang dikelola.

Coba sekarang: Program Prakerja Karier.mu – SEO

SEM Specialist

Dalam digital marketing, Search Engine Marketing (SEM) Specialist memiliki tanggung jawab untuk mengelola beragam campaign iklan yang ditampilkan pada search engine. Mereka bertugas menemukan, memperluas, dan mengoptimalkan berbagai keywords melalui iklan. Sebagai seorang SEM Specialist, mereka juga bertanggung jawab dalam perencanaan campaign yang efektif dan efisien, penyesuaian anggaran, perkiraan biaya bulanan, serta menyusun laporan performa campaign.

Social Media Specialist

Peran lain yang penting dalam digital marketing adalah Social Media Specialist. Peran ini bertanggung jawab untuk membangun branding dengan membuat konten di platform media sosial, seperti Instagram, Twitter, LinkedIn, Facebook, dan lain-lain. Selain membuat konten, mereka juga akan dengan aktif berinteraksi dengan audiens.

Sebagai peran kunci dalam lingkungan media sosial, Social Media Specialist akan terus mengembangkan strategi dalam meningkatkan branding awareness dan loyalitas customer.

Baca Juga:   10 Situs Terbaik untuk Cari Template Presentasi PowerPoint, Gratis!

Coba sekarang: Program Prakerja Karier.mu – Social Media

KOL Specialist

Dalam bidang digital marketing, Key Opinion Leader (KOL) Specialist bertanggung jawab dalam membangun koneksi dengan Key Opinion Leader, baik influencer maupun lainnya yang memiliki kredibilitas tinggi untuk mengimplementasikan strategi media sosial dan campaign yang kreatif. Selain mengelola campaign kolaborasi, mereka juga bertanggungjawab dalam mengukur dampak dari kerjasama tersebut.

Digital Marketer

Digital Marketer bertanggungjawab dalam yang mengelola strategi pemasaran secara keseluruhan. Peran ini memiliki pengetahuan yang mendalam tentang berbagai aspek digital marketing, termasuk SEO, konten, media sosial, dan iklan. Digital Marketer mengkoordinasikan semua elemen ini untuk mencapai tujuan bisnis dan mendapatkan hasil yang optimal.

Performance Marketing Analyst

Terakhir, dalam dunia digital marketing, terdapat peran penting Performance Marketing Analyst. Mereka bertugas dalam menganalisis data campaign, mengidentifikasi tren, dan memberikan insight yang berguna untuk mengoptimalkan strategi marketing. Dengan knowledge yang mendalam tentang customer behaviour dan market trend, Performance Marketing Analyst dapat mengukur keberhasilan campaign dan memberikan berbagai rekomendasi yang tepat sasaran untuk perbaikan di campaign selanjutnya.

Nah, banyak bukan bidang pekerjaan yang ditawarkan digital marketing?

Bagaimana? Tertarik lebih lanjut untuk mendalami pekerjaan digital marketing? Salah satu langkah pertama yang penting dalam memulai pekerjaan digital marketing adalah memanfaatkan saldo Prakerja dengan membeli program pelatihan Digital Marketing yang sudah dikurasi oleh tim Karier.mu.

Semua program di Prakerja Karier.mu tidak hanya memberikan ilmu fundamental, tapi juga mengajarkan practical skill yang dibutuhkan untuk mengawali karir maupun upgrade skill di bidang ini. Program pelatihan digital marketing akan menjadi salah satu investasi terbaik untukmu di tahun 2023 😉

Related Articles

Back to top button