Hiburan

DKJ gelar DITP 2023, wadah temu seniman teater lokal dan Asia Tenggara

Kami berharap sajian program DITP 2023 memberi masyarakat sebuah pengalaman yang melampaui keseragaman

Jakarta (LiveNews) – Komite Teater Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) kembali menggelar program Djakarta International Theater Platform (DITP) 2023, yang menjadi wadah pertemuan antara para seniman teater lokal dan se-Asia Tenggara, termasuk para produser seni.

Didukung oleh Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki (UP PKJ TIM) dan Jakarta Propertindo (Jakpro), DITP 2023 mengusung tema “Crossing Zones” dan akan diselenggarakan secara luring tanggal 13 – 20 Agustus 2023 di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat.

“DITP adalah semacam jejaring atau wadah untuk mempertemukan berbagai seniman dalam dan luar negeri dan sebagai pergaulan sosial,” kata representatif Komite Teater DKJ Bambang Prihadi pada konferensi pers di Jakarta, Minggu.

Baca juga: DKJ Fest 2023 hadirkan pengetahuan bagi masyarakat soal seni

Dalam program ini, Bambang berharap pertemuan tersebut dapat menghasilkan kolaborasi dalam proses penciptaan karya melalui Studio Kolaborasi, pementasan pencapaian karya artistik panggung yang segar melalui pendekatan lintas media, lintas disiplin dan kerja penelitian arsip, serta pertukaran gagasan melalui diskusi dan lokakarya.

Pada tema kali ini, DITP 2023 akan mengangkat permasalahan urban saat ini, yaitu perihal budaya dalam ketimpangan kelas sosial di Jakarta dan wilayah urban lainnya.

“DITP selalu membawa Jakarta dan segala persoalannya, persoalan Jakarta hari ini adalah permasalahan kita semua, bagaimana isu ketimpangan, kampung kota, itu sudah lama dibicarakan, tapi bagaimana praktik penciptaan teater yang mengambil pemantik dari sejarah, foklore, dan dari data yang ada di sekitar kita,” ujar Kurator DITP, Adinda Luthvianti.

Dalam DITP 2023 ini, pengunjung dari kalangan umum maupun seniman dapat menyaksikan beragam sajian pertunjukan teater lokal dan internasional, seperti pertunjukan dari Jepang dan Korea Selatan.

Baca Juga:   Persiapan H-1 jelang konser Coldplay di Jakarta

Para partisipan juga dapat memperluas ilmu dan jejaring pada sejumlah diskusi yang memboyong total 27 produser seni teater lokal dan beberapa dari negara Asia Tenggara, seperti Malaysia, Vietnam, Jepang, Korea Selatan, Filipina, dan Thailand.

“Kami berharap sajian program DITP 2023 memberi masyarakat sebuah pengalaman yang melampaui keseragaman dan kebekuan identitas sebagai hasil pandangan biner yang usang,” jelas Bambang.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai jadwal rangkaian kegiatan Djakarta International Theater Platform (DITP) 2023 publik dapat mengakses media sosial Instagram resmi @d_teaterplatform dan @jakartscouncil, atau melalui narahubung pada kontak 0877-4821-6261.

Baca juga: Kepengurusan baru DKJ diharapkan mampu angkat citra budaya Jakarta

Baca juga: DKJ: Ruang kesenian publik harus bebas dari komersialisasi

Baca juga: DKJ hadiahi pemenang lomba puisi dan novel total Rp130 juta

Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Suryanto

Related Articles

Back to top button