Nasional

Doa Nurbuat adalah Amalan Istimewa, Ini Manfaat Mengamalkannya Secara Rutin

LiveNews – Doa nurbuat adalah salah satu bacaan doa yang memiliki fadilah bagi siapa saja yang istiqomah mengamalkannya setiap hari. Apa manfaat doa nurbuat?

Secara garis besar, doa nurbuat adalah amalan bagi umat Islam untuk memohon perlindungan dari Allah SWT. Selain bisa mendapat manfaat perlindungan dari Allah SWT, doa nurbuat juga dapat menambah pahala yang bisa berguna untuk penolong di akhirat kelak. 

Melansir dari berbagai sumber, doa nurbuat berawal dari kedatangan Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW untuk menyampaikan perintah dari Allah SWT. Kemudian datanglah malaikat Jibril menghadap Rasulullah dan berkata, “Aku diutus oleh Allah SWT membawa doa nurbuat untuk disamampaikan kepadamu (Rasulullah SAW).” 

Jika dimaknai secara harfiah, pengertian nurbuat sendiri berasal dari dua kata yaitu nurun dan juga annubuwwah yang memiliki makna cahaya kenabian. Oleh sebab iti, doa nurbuat juga dikenal dengan sebutan doa nurbuwat maupun doa nurun nubuwa. 

Baca Juga:Doa Sholat Hajat yang Mustajab Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan

Selain memohon pertolongan, doa nurbuat juga mempunyai berbagai macam manfaat yang sangat baik untuk diri sendiri. Seperti dapat mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, terhindar dari segala permusuhan, hingga terhindar dari gangguan sihir dan jin. Doa nurbuat dapat menjadi amalam yang bisa dikerjakan sehari-hari. 

Bacaan Doa Nurbuat 

Melansir dari buku Panduan Lengkap Shalat Wajib dan Sunnah yang ditulis oleh KH. Ustadz Sholechul Azis (2014), berikut merupakan bacaan doa nurbuat lengkap dengan tulisan Arab, latin, hingga artinya. 

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ 

اَللّٰهُمَّ ذِى السُّلْطَانِ الْعَظِيْمِ وَذِى الْمَنِّ الْقَدِيْمِ وَذِي الْوَجْهِ الْكَرِيْمِ وَوَلِيِّ الْكَلِمَاتِ التَّامَّاتِ وَالدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَةِ عَاقِلِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ مِنْ اَنْفُسِ الْحَقِّ عَيْنِ الْقُدْرَةِ وَالنَّاظِرِيْنَ وَعَيْنِ الْجِنِّ الْاِنْسِ وَالشَّيَاطِيْنِ 

Baca Juga:   Pindah ke PAN, Dua Eks Kader PSI Bakal Dicopot dari Kursi Anggota DPRD

Baca Juga:Dzikir Malam Jumat Agar Doa Terkabul Tulisan Arab, Latin dan Terjemahan

وَاِنْ يَّكَادُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَيُزْ لِقُوْنَكَ بِاَبْصَارِهِمْ لَمَّا سَمِعُوا الذِّكْرَ وَيَقُوْلُوْنَ اِنَّهُ لَمَجْنُوْنٌ وَمَاهُوَ اِلاَّذِكْرٌ لِّلْعَالَمِيْنَ وَمُسْتَجَابُ اْلقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ وَوَرِثَ سُلَيْمَانُ دَاوُدَ عَلَيْهِمَا السَّلَامُ الْوَدُوْدُ ذُوالْعَرْشِ الْمَجِيْدِ 

طَوِّلْ عُمْرِيْ وَصَحِّحْ جَسَدِيْ وَاقْضِ حَاجَتِيْ وَاَكْثِرْ اَمْوَالِيْ وَاَوْلَادِيْ وَحَبِّبْنِيْ لِلنَّاسِ اَجْمَعِيْنَ وَتَبَاعَدِ الْعَدَاوَةَ كُلَّهَا مِنْ بَنِيْ اٰدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ مَنْ كَانَ حَيًّا وَّيَحِقَّ الْقَوْلُ عَلَى الْكَافِرِيْنَ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ 

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْ 

Allaahumma dzis-sultaanil ‘adziimi wa dzil-mannil qadiimi wa dzil-wajhil-kariimi wa waliyyil-kalimaatit taammati wadda’awaatil mustajaabaati ‘aaqilil hasani wal-husaini min anfusil haqqi ‘ainil qudrati wan-naaziriina wa ‘ainil jinni wal insi wasy-syayaatiin. 

Wa iy yakaadulladziina kafaruu layuzliquunaka bi absaarihim lammaa samii’udz-dzikra wa yaquuluuna innahuu lamajnuunuw wa maa huwa illaa dzikrul lil-‘aalamiin, wa mustajaabil-qur’aanil-‘aziim, wa waritsa sulaimaanu daawuuda ‘alaihimas salaam, al-wuduudu dzul ‘arsyil-majiid. 

Tawwil ‘umrii wa shahhih jasadii waqdii haajatii wa aktsir amwaalii wa aulaadii wa habbibnii lin-naasi ajma ‘iina wa tabaa ‘adil ‘adaawata kullahaa mim banii aadama ‘alaihissalaamu man kaana hayyaw wa yahiqqal-qaulu ‘alal kaafiriina innaka ‘alaa kulli syai’in qadiir. 

Subhaana rabbika rabbil-‘izzati ‘ammaa yasifuuna wa salaamun ‘alal-mursaliina wal-hamdu lillaahi rabbil-‘aalamiin. 

Artinya: “Ya Allah yang Maha Kuat, yang memiliki anugerah, yang merupakan zat yang Maha Mulia, yang menguasai banyak kalimat sempurna dan doa yang mustajab, penjamin Al Hasan dan Al Husain dari jiwa yang hak, pandangan yang penuh kuasa, serta orang-orang yang melihat dari pandangan para jin, manusia dan juga setan.” 

“Sesungguhnya orang yang kafir itu adalah orang yang menjerumuskan kamu dengan pandangan dari mereka, ketika mendengar Alquran dan mereka pun berkata; sesungguhnya Muhammad adalah orang yang gila. Al Quran hanyalah peringatan untuk setiap umat. Wahai Dia yang memperkenankan melalui Al Quran yang sangat agung. Sulaiman dan juga Daud dan Dia yang Maha Pengasih,sebagai Pemilik Arasy yang Mulia.” 

Baca Juga:   Prabowo Dibela Jokowi Soal Tampar-Cekik Wamentan, Alifurrahman: Mungkin Presiden Gak Lihat, Tapi Ada Laporan...

“Maka panjangkanlah umurku, sehatkanlah tubuhku, tunaikanlah segala yang kuperlukan, dan perbanyakanlah harta dan anakku, jandikanlah aku orang yang terhindar dari segala permusuhan dari anak-anak adam yang masih hidup. Pastikan ketetapan atau azab untuk orang-orang yang kafir karena sesungguhnya Engkau adalah yang Maha Kuasa akan segala sesuatu.” 

“Maha suci Tuhanmu, yaitu Maha yang memiliki kebesaran, dari apapun yang (mereka) gambarkan yaitu orang-orang kafir dan melimpahlah kesejahteraan pada para Rasul, segala puji Bagi Allah pemilik Alam Semesta.” 

Manfaat Doa Nurbiat 

Berikut beberapa manfaat penting jika kita beraungguh-sungguh mengamalkan doa nurbiat: 

• Membaca doa nurbuat setiap selesai mengerjakan sholat fardu lima waktu insya Allah bisa mengabulkan segala keinginan. 

• Mendapat perlindungan dari Allah SWT dan terhindar dari beragam gangguan sihir, syaitan, jin dan hal gaib lainnya. 

• Mendapatkan kesejahteraan dunia akhirat apabila dibaca setiap hari. 

• Menghindari diri dari segala perbuatan keji, munkar, ingkar dan segala bentuk keburukan lainnya. 

• Diberikan keselamatan, kemudahan, keleluasaan dan kemuliaan dari Allah SWT. 

Demikian tadi ulasan tentang doa nurbuat adalah, lengkap dengan pengertian, bacaan hingga manfaatnya. Setelah mengetahui keistimewaannya, sebaiknya kita iatiqomah membaca doa ini. 

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Related Articles

Back to top button