Tekno

Emulator Delta: Game Jadul Nintendo Kini Hadir di AppStore, Bagi Kamu Pengguna iPhone

Foto : Geeky Parade

LiveNews – Era baru permainan game di perangkat mobile telah tiba, karena Apple telah menambahkan emulator game Nintendo yang populer, ‘Delta’, ke App Store. Hal ini terjadi setelah Apple menambahkan, kemudian menghapus, dua emulator terpisah, Bimmy dan iGBA, ke toko digital.

Emulator Delta ini merupakan program yang memungkinkan perangkat menjalankan game konsol pada suatu perangkat tertentu.

Hal ini menjadi perkembangan bersejarah setelah Apple memperbarui Pedoman App Store, setelah Komisi Eropa menjatuhkan denda kepada perusahaan tersebuy karena terlibat dalam “perilaku anti-persaingan”. Setelah pembaruan tersebut, pengguna dapat mengunduh emulatir game retro langsung dari toko.

Delta adalah emulator populer yang mendukung banyak sistem termasuk NES, SNES, N64, Game Boy Color, Game Boy Advance, dan Nintendo DS. Aplikasi ini juga menjanjikan dukungan untuk lebih banyak game konsol di masa depan.

Aplikasi ini jugas menyertakan fitur-fitur canggih seperti save state, penyimpanan yang cepat, dan cheat dalam game seperti Game Genie, Gameshark, dan Action Replay. Kamu juga dapat menggunakan pengontrol konsol modern dengan aplikasi ini, dengan peta pengontrol khusus dan dukungan giroskop.

Baca juga : Bakal Ada Fitur Game di Platform LinkedIn, Pengguna Bisa Cari Kerja Sambil Gaming

Pengembang Delta, Riley Testut, mengklaim bahwa aplikasi ini identik dengan versi yang ada di AltStore berbayar. Meskipun ini bukan emulator pertama yang memulai debutnya di App Store, namun emulator ini pasti akan bertahan lebih lama dari beberapa hari. Awal minggu lalu, Apple menghapus iGBA dari toko karena melanggar pedoman hak cipta perusahaan, karena pada dasarnya merupakan salinan dari Delta. Pencipta Bimmy, Tom Salvo, menghapus aplikasi ini karena takut akan tuntutan hukum dari Nintendo.

Baca Juga:   Google Hadirkan Fitur "Circle to Search" pada iPhone, Lebih Praktis!

Emulator terbukti membantu mengurangi ancaman kepunahan video game klasik. Dengan penutupan server online 3DS dan Wii U oleh Nintendo, tanggung jawab untuk menjaga kelestarian game berada di tangan para penggemar emulasi.

Setelah Delta dirilis, pencipta PPSSPP, Henrik Rydgard, menjanjikan rilis asli emulator PSP di App Store akhir tahun ini. Tentu saja, beberapa emulator ini sudah ada di platform Android, tetapi penambahannya ke platform Apple, salah satu yang terbesar dalam pangsa pasar di seluruh dunia, sangatlah besar.

Baca Berita dan Artikel lain di Google News

(nm)

Related Articles

Back to top button