Bisnis

Erick Thohir Gandeng Maruarar Sirait Berantas Mafia Bola, Pengamat: Sangat Tepat

LiveNews – Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir secara resmi menunjuk Maruarar Sirait sebagai Ketua Satuan Tugas (Satgas) Anti-Mafia Bola.

Merespon hal tersebut, pengamat politik yang juga penggemar sepak bola nasional M. Qodari mendukung penuh terbentuknya Satgas Anti-Mafia Bola sebagai upaya mewujudkan keinginan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam melakukan percepatan pemberantasan praktik mafia sepak bola di Tanah Air.

“Satgas ini diperlukan untuk membuat sepak bola Indonesia menjadi profesional agar pertandingan dan hasil-hasil pertandingan betul-betul murni hasil dari adu skill dari pemain sepak bola,” ujar Qodari kepada wartawan, Jum’at (22/9/2023).

“Dengan cara seperti ini kita akan menghasilkan tim sepak bola, kompetisi sepak bola dan pemain-pemain nasional yang bukan kaleng-kaleng karena menang atau kalahnya betul-betul karena skill yang bagus bukan karena pengaturan skor atau karena mafia judi,” tambahnya.

Baca Juga:Timnas Indonesia U-24 Siap Mati-Matian Lawan Korea Utara, Erick Thohir: Bola itu Bundar

Dikatakan Qodari, keputusan Erick Thohir menunjuk Maruarar Sirait sebagai Ketua Satgas Anti-Mafia Bola sudah tepat, hal itu didasari oleh tiga alasan.

Pertama, Qodari menilai sosok Maruarar Sirait merupakan tokoh yang sudah berpengalaman dalam dunia sepak bola, terutama kiprahnya yang sukses menyelenggarakan Piala Presiden dimana Maruarar bertindak sebagai Ketua Steering Committee (SC) nya selama selama empat kali yakni tahun 2015, 2017, 2018 dan 2019.

“Penunjukkan Maruar sudah sangat tepat karena satu sudah berpengalaman sebagai penyelenggara Piala Presiden dengan standar penyelenggaraan yang bagus dengan acara yang lancar, rating TV yang tinggi,” tuturnya.

Lanjut Qodari, pelaksanaan Piala Presiden saat itu juga telah melibatkan auditor internasional Price Waterhouse Coopers (PWC) dalam pengelolaan keuangan demi mendorong sepak bola yang bersih dan transparan.

Baca Juga:   Rusia Selangkah Lagi Adaptasi CBDC, Apa Kabar Rupiah Digital Indonesia?

“Kemudian ada audit independen melibatkan lembaga ternama Auditor Internasional Price Waterhouse Coopers, apa yang dilaksanakan itu bisa menjadi benchmark untuk pelaksanaan kegiatan liga ke depan,” paparnya.

Baca Juga:FIFA Puji Kepemimpinan Erick Thohir di Sepak Bola Indonesia

“Jadi liga ke depan akan kayaknya juga akan di audit oleh secara keuangan oleh lembaga finansial ternama,” sambungnya.

Related Articles

Back to top button