Hiburan

Film Mappacci angkat budaya dan destinasi wisata Makassar 

Makassar (LiveNews) – Film Mappacci (malam pacar) yang tayang di bioskop tanah air serentak 24 Agustus 2023 mengangkat budaya Bugis-Makassar dan destinasi wisata Kota Makassar.

“Film ini didukung oleh sederet komedian Kota Makassar di antaranya Tumming dan Abu Adi dan Sukri Basitoayyah, Zakaribo, serta aktror dan aktris Kota Makassar,” kata Sunarti Sain danohit NV dari 786 Production selaku Eksekutif Roduser Film Mappacci di Makassar, Senin.

Dia mengatakan, film besutan sutradara Andi Burhamsah ini didedikasikan mempromosikan pariwisata dan kebudayaan di Sulsel, khususnya Kota Makassar.

Baca juga: Sineas Makassar garap “Rumah”, film seri tentang keluarga

Berkaitan dengan hal tersebut, ia berharap pemerintah dan swasta serta lembaga pendidikan mendukung penuh film ini, yang juga sudah diakui oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sebagai industri ekonomi kreatif yang harus terus dikembangkan.

Sementara sutradara film mappacci Andi Burhamzah mengatakan film ini tidak hanya kuat dari segi cerita tetapi juga membawa banyak pesan-pesan budaya,dan literasi mengenai pentingnya mengenal tradisi Mappacci yang dilakukan sebelum proses akad nikah dalam budaya Bugis Makassar.

Menariknya film ini juga didukung oleh lagu dari Noah (jalani mimpi) D’masiv (aku percaya kamu) dan Geisha (kering air mataku) ada juga penampilan band dari Makassar Natinson dan lagu Bugis yang dinyanyikan oleh Maharani yakni lagu (Mappadendang).

Sementara itu film ini bercerita tentang seorang gadis bernama Tenri Andi Batara bintang sebagai seorang penulis yang akan menghadapi hari pernikahan dengan kekasihnya dokter Iwan (Cahya Arinagara).

Namun di malam mappacci, Tenri mendapat kabar buruk sang kekasih mengalami kecelakaan karena kapal yang ditumpanginya tenggelam.

Tenri berduka dan susah untuk move on meskipun ia kemudian bertemu dengan Erwin (Cipta Perdana) yang tulus mencintainya.

Baca Juga:   Taylor Swift peluk Travis Kelce usai konser "Eras Tour" di Argentina

Baca juga: Film “Mappacci” angkat budaya Bugis Makassar dengan humoris

Baca juga: Film dari Makassar akan berkompetisi di Cannes

Baca juga: Wali Kota Makassar dukung produksi film “Badik The Movie”

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Suryanto

Related Articles

Back to top button