Tekno

FKUI Luluskan 12 Dokter Spesialis Gizi Klinik Baru, Siap Beri Layanan Pada Pasien

LiveNews – Pada suatu acara yang penuh semangat di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), telah dilangsungkan pelepasan lulusan baru, termasuk 12 Dokter Ahli Gizi Klinik (SpGK) yang baru saja menyelesaikan pendidikannya. Mereka adalah bagian dari perayaan penyambutan Peserta Program Dokter Spesialis (PPDS) yang baru.

Kedua belas dokter spesialis ini telah melewati periode residensi selama tujuh semester, di mana sebagian besar dari mereka memberikan pelayanan kepada pasien di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo serta berbagai rumah sakit pendidikan mitra di Jakarta dan Banten.

Para SpGK ini akan ditempatkan di berbagai lokasi, termasuk Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Yang menarik, Dokter Hendra SpGK akan menjadi yang pertama dan satu-satunya SpGK di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Selama acara ini, Program Studi Ilmu Gizi Klinik tidak hanya menerima penghargaan sebagai program studi terbaik kedua di FKUI, tetapi juga memiliki lulusan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi di antara dokter spesialis yang baru saja lulus.

fkui

Para Dokter Ahli Gizi Klinik yang baru ini akan memperkuat tim SpGK yang sudah ada dalam memberikan pelayanan di bidang spesialisasi mereka, yaitu terapi medik gizi. Mereka tidak hanya fokus pada pasien obesitas, tetapi juga memberikan perhatian khusus pada pasien dengan kanker, diabetes, penyakit metabolik, masalah jantung, pembedahan, kondisi kritis, luka bakar, lansia, ibu hamil dan menyusui, serta berbagai jenis penyakit lain sesuai dengan keahlian mereka. Kompetensi mereka bertujuan untuk mencegah dan mengatasi masalah kurang gizi sebagai bagian dari kerja sama tim multidisiplin untuk meningkatkan hasil klinis pasien.

Dalam sambutannya, Dekan FKUI, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, menyatakan bahwa FKUI selalu terbuka bagi dokter-dokter yang ingin melanjutkan pendidikan mereka ke tingkat spesialis, subspesialis, bahkan doktoral. Ia juga menekankan bahwa FKUI sangat tegas dalam menentang segala bentuk perundungan.

Baca Juga:   Nomor HP-mu Dijadikan Kontak Darurat Pinjol Ilegal? Begini Cara Mengatasinya

Salah seorang Dokter Ahli Gizi Klinik baru, Dr. Bintari Anindhita, SpGK, menyampaikan terima kasih kepada FKUI atas kesempatan ini, “Kami yakin ilmu dan kompetensi yang kami miliki dapat bermanfaat bagi masyarakat luas, khususnya pasien-pasien yang akan kami layani nanti di mana pun kami berpraktek.”

Hingga saat ini, hanya ada tiga pusat pendidikan dokter spesialis gizi klinik di Indonesia, yaitu FK Universitas Indonesia, FK Universitas Diponegoro, dan FK Universitas Hasanudin. Mengingat luasnya wilayah Indonesia dan jumlah penduduknya, maka kebutuhan akan Dokter Ahli Gizi Klinik semakin meningkat, baik saat ini maupun di masa depan, untuk menghadapi berbagai tantangan kesehatan di Indonesia.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

Related Articles

Back to top button