Bisnis

Gabungan Kekayaan Capres-cawapres Anies-Muhaimin, Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud

LiveNews – Belum lama berselang sejak pasangan capres-cawapres mendapatkan nomor urut resminya dari lembaga terkait. Masing-masing telah menyampaikan pidato sambutan, dan kini publik mulai penasaran mengenai total gabungan kekayaan masing-masing capres-cawapres yang akan berlaga di kontestasi politik mendatang.

Prabowo-Gibran, Anies-Muhaimin, dan Ganjar-Mahfud, yang menjadi tiga pasangan capres-cawapres yang akan bertanding. Masing-masing memiliki program, dan latar belakang yang berbeda. Tentu saja hal yang tidak mungkin sama adalah dari sektor kekuatan ekonomi yang dimiliki.

Siapa Memiliki Harta Paling Besar?

Nah, rasa penasaran ini kemudian bisa terjawab dengan melihat dari LHKPN masing-masing pasangan yang akan berlaga. Dikutip dari berbagai sumber, berikut sekilas mengenai perbandingan kekayaan masing-masing capres dan cawapres yang ada.

1. Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar

Anies Baswedan sejak lama dikenal sebagai politisi, dan pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Dengan latar pendidikan yang kuat, ia juga memiliki pengalaman menjadi salah satu peneliti di Universitas Paramadina. Kekayaan yang dilaporkan dalam LHKPN adalah Rp11,9 milier.

Sementara pasangannya, Cak Imin, telah lama berkecimpung di dunia pemerintahan dan politik. Mengacu pada apa yang disampaikan pada LHKPN tahun 2022 lalu, kekayaan Cak Imin ada di angka Rp27,28 milier.

Total harta kekayaan keduanya adalah mencapai Rp38,47 miliar.

2. Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming

Selanjutnya adalah Prabowo Subianto. Dikenal luas dengan latar belakang militernya, ia juga merupakan politisi yang sudah berlaga sejak lama. Dilihat dari LHKPN per 31 Maret 2023 lalu, total harta kekayaan yang dimiliki adalah Rp2,04 triliun.

Gibran Rakabuming, sebagai wakilnya, juga memiliki latar belakang politik dan bisnis yang kuat. Putra Presiden Joko Widodo ini memiliki total kekayaan sebesar Rp26,03 miliar pada LHKPN yang dilaporkan pada 31 Januari 2023 lalu.

Baca Juga:   Pertamax Naik, Daftar Harga BBM Pertamina di Seluruh SPBU Hari Ini

Dengan demikian, total kekayaan keduanya adalah Rp2,42 triliun.

3. Ganjar Pranowo – Mahfud MD

Nama Ganjar Pranowo jelas tidak lagi perlu diuraikan dalam kata-kata. Kiprahnya dalam menjadi pentolan PDIP dan berhasil memimpin Jawa Tengah dikenal luas. Berdasarkan LHKPN yang dilaporkannya pada Maret 2023 lalu, ia memiliki kekayaan senilai Rp13,45 miliar.

Sebagai wakilnya, Mahfud MD kini masih menjabat sebagai Menkopolhukam. Kekayaan yang dimiliki sosok tegas ini adalah Rp 29,54 miliar, mengacu pada apa yang dilaporkannya pada LHKPN Maret 2023 lalu.

Dengan demikian total harta pasangan ini adalah Rp43,99 miliar.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Related Articles

Back to top button