Tekno

Ganjar Sebut Pemerintah Bisa Atur Harga Komputer & Laptop Agar Seharga Rp 1 Juta Saja

LiveNews – Ganjar Pranowo, dalam Debat Capres malam ini, mengungkapkan keprihatinannya terhadap harga perangkat komputer dan laptop yang belum terjangkau oleh masyarakat. Ia menyatakan keyakinannya bahwa perangkat tersebut seharusnya dapat memiliki harga yang lebih terjangkau, sehingga masyarakat bisa dengan mudah membelinya.

Dalam menanggapi pernyataan Anies Baswedan dalam Debat Capres 2024, Ganjar Pranowo memberikan informasi bahwa di Semarang, Jawa Tengah, terdapat pabrik HP swasta dengan harga yang terjangkau dan lebih murah dibandingkan dengan pasaran.

Ganjar mengungkapkan, “Kalau itu bisa masuk e-Katalog kita, sebenarnya kita bisa membantu dia, atau yang kedua menugaskan PT LEN, kalau nggak salah dulu pernah akan dibuat ini,” pada Minggu (4/2/2024).

Baca juga: Gerakan Isyarat Anies di Awal Debat Capres Curi Perhatian Warganet

Gubernur Jawa Tengah ini juga membahas rencana PT LEN untuk memproduksi perangkat komputer dan laptop dengan harga maksimum Rp 1 juta. Menurutnya, keterlibatan pemerintah akan membantu menurunkan harga perangkat tersebut.

“Satu komputer, satu laptop, seharga maksimum Rp 1 juta. Sayang, kalau ini tidak kita pastikan tanpa penugasan dari Pemerintah itu tidak akan pernah selesai,” ujarnya.

Ganjar Pranowo menggarisbawahi pilihan untuk bekerja sama dengan industri luar negeri yang memiliki brand internasional, tetapi pabriknya berada di Indonesia, sebagai alternatif apabila upaya dalam negeri tidak mencapai hasil yang diinginkan.

Ia memberi contoh keberhasilan India dalam menerapkan kebijakan serupa, yang menghasilkan transformasi pengetahuan dan teknologi bagi pekerja lokal melalui kerjasama dengan merek internasional.

Baca juga: Menilik Visi Misi Anies, Prabowo, & Ganjar soal Teknologi Informasi di Debat Capres

“Kita mendapatkan nilai tambah. Gen kita akan ditambahkan di situ bisa melakukan tindakan-tindakan untuk mencapai kemandirian, sehingga kelak kemudian kita tidak terlalu bergantung,” tambahnya.

Baca Juga:   Penyebab iPhone Stuck di Logo iTunes dan Cara Mengatasinya

Dengan inisiatif ini, Ganjar Pranowo berupaya mendorong ketersediaan perangkat komputer yang terjangkau di Indonesia, dengan harapan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat dan meningkatkan kemandirian dalam sektor teknologi.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(dwk)

Related Articles

Back to top button