Hiburan

Garin Nugroho jelaskan sistem penjurian dalam nominasi FFI 2023

kami membangun sistem itu sudah dengan persetujuan dan berbagai diskusi terpumpun (FGD)

Jakarta (LiveNews) – Ketua Komite Bidang Penjurian Festival Film Indonesia (FFI) 2021–2023 Garin Nugroho menjelaskan bahwa penentuan nominasi FFI 2023 dilakukan secara berjenjang dan mengombinasikan sistem yang lumrah digunakan pada festival film di berbagai negara.

Dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis, sutradara film itu menegaskan bahwa sistem tersebut tidak berasal dari komite sendiri, namun berdasarkan persetujuan dari pemangku kepentingan.

“Apakah sistem tersebut berasal dari kami? Tidak, kami membangun sistem itu sudah dengan persetujuan dan berbagai diskusi terpumpun (FGD),” kata Garin yang meraih Piala Citra 2019 sebagai sutradara terbaik untuk film Kucumbu Tubuh Indahku itu.

Garin mengatakan, sistem penjurian FFI 2023 mengombinasikan antara sistem voting, sebagaimana yang digunakan dalam penentuan nominasi Academy Awards di mana para pemenang edisi sebelumnya memiliki hak suara, serta dengan sistem juri oleh orang-orang terpilih, seperti pada Festival Film Cannes dan Festival Film Berlin.

Sementara itu, jenjang penjurian FFI 2023 dimulai dari jenjang pertama yang melibatkan asosiasi-asosiasi profesi yang linear dengan kategori-kategori yang dipertandingkan, seperti asosiasi kamerawan film, asosiasi sutradara, asosiasi penulis naskah, dan asosiasi lainnya.

Ia memastikan kolaborasi dengan asosiasi profesi film tersebut juga merupakan upaya untuk memulihkan ekosistem perfilman Indonesia yang sempat terpuruk karena pandemi COVID-19.

Selain asosiasi terkait, para pemenang Piala Citra edisi sebelumnya yang tergabung dalam Akademi Citra juga ikut serta dalam penentuan nominasi. Hal tersebut merupakan bentuk penghargaan bagi insan film terbaik Indonesia yang telah memenangi penghargaan prestisius itu, ucapnya.

“FFI membuat sistem penjurian untuk menciptakan kerja sama dengan asosiasi sekaligus memberi penghargaan pada mereka yang memenangkan Piala Citra,” ujar dia.

Baca Juga:   Agensi Jo In-sung bantah rumor pernikahan sang aktorĀ 

Setelah nominasi didapatkan berdasarkan masukan dari asosiasi-asosiasi dan pemangku kepentingan lainnya, penentuan nominasi terbaik akan dilakukan dalam jenjang penjurian selanjutnya oleh orang-orang yang dipilih bersama antara asosiasi, Akademi Citra, dan FFI.

Nominasi terbaik itu akan diketahui pada Malam Anugerah Piala Citra FFI 2023 yang akan berlangsung pada 14 November di Ciputra Artpreneur Theater Jakarta pukul 19.00 WIB dan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube dan Instagram Festival Film Indonesia.

Sementara itu, daftar nominasi Piala Citra FFI 2023 telah diumumkan sebelumnya pada 14 Oktober di Museum Nasional.

Baca juga: Inilah daftar anggota dewan juri akhir Piala Citra FFI 2023

Baca juga: Bioskop Online-Festival Film Indonesia 2023 umumkan daftar nominasi

Baca juga: Ini daftar lengkap nominasi FFI 2023

Pewarta: Nabil Ihsan
Editor: Satyagraha

Related Articles

Back to top button