Tekno

Gojek dan GoPay Hadir di IKN, Gaungkan Smart Mobility!

Sumber: Balikpapan Pos

LiveNews – Dalam upaya mendukung digitalisasi ekonomi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Gojek dan GoPay sebagai bagian dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), telah resmi hadir di kawasan ini.

Komitmen tersebut diwjujudkan dalam berbagai penawaran solusi untuk bermobilisasi, pesan-antar makan, hingga layanan teknologi finansial serta pembayaran digital yang mudah diakses dan aman. 

Dukungan Gojek dan GoPay untuk Masyarakat IKN

Gede Manggala, Vice President of Region Gojek, menyampaikan bahwa Gojek dan GoPay telah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat dengan mendukiung keseharian melalui teknologi. 

“Kali ini, kami memperkuat komitmen dalam melayanan masyarakat lebih luas lagi di sekitar kawasan IKN,” ujar Gede yang dikutip dari Kompas.com, Senin (10/6/24).

Sebagai perusahaan karya anak bangsa yang terus #BerjuangUntukIndonesia, komitmen ini sejalan dengan semangat pemerintah membangun IKN. Gojek dan GoPay berusaha untuk berkontribusi dalam menjadikan kawasan ini sebagai pusat pertumbuhan baru tanah air, terutama melalui kemajuan teknologi.

Inovasi dan Layanan Transportasi Gojek

Pada bulan April 2024 lalu, Gojek melalui layanan GoCar meluncurkan inovasi baru dengan memperluas layanan transportasinya ke kawasan IKN. Layanan ini memungkinkan masyarakat untuk bermobilitas lebih mudah, baik untuk perjalanan dinas maupun bagi pegawai konstruksi dari dan menuju kawasan IKN.

gojek dan gopay di ikn
Sumber: Kompas.com / Soffyaranti

Layanan GoCar Instant kini tersedia dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, dengan durasi perjalanan ke kawasan IKN sekitar 1,5 hingga 2 jam dengan jarak tempuh 101 kilometer. 

Dengan puluhan armada GoCar yang telah tersedia di titik penjemputan GoCar Instant di bandara, masyarakat kini dapat menikmati perjalanan dengan lebih nyaman dan efisien. Hal ini menunjukkan komitmen Gojek dalam menyediakan solusi transportasi yang dapat diandalkan di IKN.

Baca Juga:   Siap Saingi YouTube, TikTok Hadirkan Fitur Video dengan Durasi 60 Menit

Ekosistem Digital yang Mendukung UMKM

Selain layanan transportasi, Gojek juga menghadirkan layanan antar makanan GoFood di sekitar kawasan IKN secara bertahap. Layanan ini tidak hanya mendukung aktivitas masyarakat, tetapi juga memberdayakan UMKM lokal.

Puluhan UMKM lokal kini dalam tahap pendaftaran untuk menjadi bagian dari ekosistem GoFood, yang memungkinkan mereka untuk mengoptimalkan pemasaran produk mereka secara digital di aplikasi Gojek.

Kehadiran layanan GoFood ini juga memberikan peluang pendapatan bagi masyarakat sekitar dengan menjadi mitra driver GoRide (layanan transportasi roda dua). Ke depannya, warung makan dan toko kelontong di kawasan IKN juga akan dilengkapi dengan pembayaran digital menggunakan GoPay, yang semakin memudahkan transaksi sehari-hari.

Baca juga: Gojek & Google Collab: Kini Order GoFood Bisa Lewat Google Search & Maps

Dukungan Pemerintah dan Harapan untuk Masa Depan

gojek dan gopay di ikn
Sumber: Balikpapan Pos

Deputi Sarana Prasarana Otorita IKN, Silvia Halim, menambahkan bahwa GoTo, melalui Gojek, telah menerapkan sistem transportasi cerdas sekaligus membuka lapangan pekerjaan bagi Indonesia. Gojek dan GoPay diharapkan dapat mendukung ekonomi masyarakat lokal di IKN serta mewujudkan kota cerdas yang berkelanjutan pertama di Indonesia.

“Terhubung aktif serta mudah diakses, Gojek mendukung smart mobility karena telah menjadi penghubung di kota-kota penunjang IKN. Dengan kehadiran Gojek-GoPay, harapannya IKN bisa menjadi world class city,” ucap Silvia.

Kehadiran Gojek dan GoPay juga diapresiasi oleh Penjabat Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik, sebagai upaya mendigitalisasi masyarakat sekitar untuk lebih maju dan berkembang. Dia mengharapkan, bukan hanya pengembangan fisik yang menjadi target pembangunan, tetapi juga pengembangan SDM.

“Kami berharap Gojek dan GoPay dapat senantiasa menjadi mitra pertumbuhan strategis pemerintah untuk mempersiapkan masyarakat di kawasan IKN menuju ekosistem digital yang berkelanjutan,” tutup Akmal.

Baca Juga:   Coursera Menghadirkan Kursus dalam Bahasa Indonesia dan Fitur Bertenaga AI

Mengoptimalkan Teknologi untuk Kemajuan IKN

Komitmen Gojek dan GoPay untuk hadir di IKN merupakan langkah penting dalam mendukung digitalisasi ekosistem baru yang sedang berkembang. Dengan berbagai layanan yang mereka tawarkan, dari transportasi hingga pembayaran digital, mereka berperan aktif dalam mempermudah kehidupan sehari-hari masyarakat di kawasan IKN.

Layanan GoCar yang telah diperluas ke IKN memungkinkan mobilitas yang lebih mudah dan efisien, sementara GoFood membantu memberdayakan UMKM lokal serta memberikan peluang pendapatan tambahan bagi masyarakat sekitar.

Dengan dukungan dari pemerintah dan komitmen kuat dari Gojek dan GoPay, IKN diharapkan dapat berkembang menjadi pusat pertumbuhan baru yang berteknologi tinggi dan berkelanjutan.

Baca Berita dan Artikel lain di Google News. 

(bmm)

Related Articles

Back to top button