Nasional

Harta Kekayaan Saipul Mbuinga, Bupati Pohuwato yang Kantornya Dibakar Massa

LiveNews – Ratusan massa mengepung Kantor Bupati Pohuwato pada Kamis (21/09/2023) kemarin. Mereka melakukan aksi demonstrasi menuntut ganti rugi lahan yang tak kunjung selesai akibat pembangunan tambang emas PT Puncak Emas Tani Sejahtera (PETS).

Hal ini pun membuat warga sekitar tambang memprotes dan menuntut Bupati Pohuwato Saipul Mbuiga untuk turun tangan menangani sengketa ini. Namun, Saipul yang tak kunjung menemui para demonstran membuat situasi memanas.

Puncaknya terjadi aksi anarkis dengan pelemparan batu dan kayu dari massa, serta pembakaran kantor bupati. Hal ini membuat suasana makin mencekam.

Saipul pun dituntut untuk segera menangani kasus warga yang berakhir dengan pembakaran kantor Bupati ini. Namun meski sudah diultimatum para demonstran, Saipul tetap tenang dalam menanggapi aksi anarkis ini.

Baca Juga:Dulu Dibangun Dengan Anggaran Rp 12 Miliar, Kini Kantor Bupati Pohuwato Ludes Terbakar

“Kita akan tetap apel seperti biasa. Seperti yang sudah disampaikan oleh Gubernur. Pelayanan publik tetap akan dilakukan,” ujar Saipul saat ditemui wartawan pasca kebakaran di Kantor Bupati Pohuwato terjadi pada Kamis (21/9/2023).

Saipul mengaku pihaknya akan segera menangani setiap keluhan masyarakat. Ganti rugi yang disebabkan oleh penambangan emas tersebut membuat beban Saipul bertambah, mengingat dirinya empat disebut sebagai “Bupati Termiskin” di Gorontalo.

Bukan tanpa alasan Saipul mendapatkan julukan itu. Ini karena diketahui dirinya memiliki hutang yang lebih besar dari total hartanya. Lalu, berapa sebenarnya harta kekayaan yang dimiliki Saipul? Simak inilah selengkapnya.

Saipul Mbuinga sendiri menjabat sebagai Bupati Pohuwato periode 2021 hingga 2024. Sebelum menjabat sebagai bupati, ia pernah menjadi anggota DPRD periode 2014-2019 dan 2019-2020. Jabatan sebagai anggota DPRD pun dilepaskan Saipul saat mencalonkan diri sebagai Bupati Pohuwato.

Baca Juga:   Mario Dandy Dan Shane Lukas Hadapi Sidang Vonis Hari Ini

Berdasarkan LHKPN yang dilaporkan Saipul ke KPK pada periode 2022, Saipul diketahui memiliki hutang besar dan harta yang cukup sedikit, jika dibandingkan dengan harta kekayaan bupati lainnya.

Baca Juga:Penampakan Kantor Bupati Pohuwato Dibakar Massa karena Unjuk Rasa Tak Digubris

Berdasarkan LHKPN miliknya, Saipul tercatat memiliki harta tanah dan bangunan senilai Rp 165 juta. Ia juga diketahui memiliki Mobil Mitsubishi Minibus keluaran tahun 2003 senilai Rp 70 juta. Ditambah motor Yamaha keluaran tahun 2015 senilai Rp 12 juta.

Saipul juga diketahui memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp 40 juta. Sedangkan untuk harta lainnya berbentuk kas dan setara kas, Saipul tercatat memiliki tabungan sebesar Rp 16 juta.

Namun, Saipul sendiri tercatat memiliki hutang sebesar Rp 449 juta. Hal ini membuatnya memiliki harta minus Rp 140 juta.

Kontributor : Dea Nabila

Related Articles

Back to top button