Tekno

Humane AI Pin, Gadget Alternatif Pengganti HP yang Bisa Nempel di Baju

Foto: macrumors.com

LiveNews – Pada hari Kamis, Humane akhirnya memperkenalkan perangkat pertamanya yang disebut AI Pin setelah beberapa bulan melakukan demo dan memberikan beberapa petunjuk tentang teknologi masa depan yang berbasis kecerdasan buatan.

AI Pin ini sebenarnya terbagi menjadi dua bagian, yang pertama berbentuk persegi dan yang kedua baterai yang dapat menempel di pakaian atau tempat lain dengan magnet. Dibandrol dengan harga $699 sera dikenakan biaya bulanan sebesar $24 untuk langganan Humane yang memberikan nomor telepon dan akses data melalui jaringan T-Mobile. Menurut informasi dari Wired, pengiriman AI Pin akan dimulai pada awal tahun 2024 dan Pre-Order akan dibuka pada tanggal 16 November.

Foto: medium.com

AI Pin ini ditenagai oleh prosesor Snapdragon, meskipun jenisnya tidak dijelaskan dengan rinci. Anda bisa mengendalikannya dengan suara, gerakan, dan ada kamera serta proyektor kecil di dalamnya. Beratnya sekitar 34 gram dan tambahan “baterai booster” memberikan berat sekitar 20 gram. Kamera bawaannya bisa mengambil foto dengan resolusi 13 megapiksel dan setelah pembaruan perangkat lunak, dapat merekam video juga.

Bedanya dengan beberapa perangkat sejenis, AI Pin tidak dirancang untuk selalu merekam, bahkan tidak mendengarkan kata kunci untuk mulai beroperasi. Anda harus menyalakannya secara manual dengan mengetuk dan menggeser di touchpad, dan terdapat indikator “Trust Light” yang berkedip untuk memberi tahu bahwa perangkat ini sedang mengumpulkan data.

Tugas utama AI Pin adalah terhubung dengan model kecerdasan buatan melalui suatu perangkat lunak bernama AI Mic. Dalam rilis pers, disebutkan keterlibatan Microsoft dan OpenAI, dan ada laporan sebelumnya yang menyebutkan bahwa Pin ini sebagian besar menggunakan teknologi GPT-4.

Humane mengatakan bahwa akses ke ChatGPT sebenarnya adalah salah satu fitur utama perangkat ini. Sistem operasinya disebut Cosmos, yang dirancang untuk mengarahkan pertanyaan Anda ke alat yang tepat secara otomatis tanpa meminta Anda untuk mengunduh atau mengelola aplikasi.

Baca Juga:   Keamanan Data pada ISP: Pentingnya dan Cara Menjaganya

Baca juga: Cara Mudah Membuat Poster Disney AI dengan Menggunakan Aplikasi Toonme

Humane berusaha membuat AI Pin sebagai perangkat yang mudah digunakan. Ini tidak memiliki layar utama atau banyak pengaturan yang membingungkan; ide utamanya adalah Anda hanya perlu berbicara atau menyentuh Pin, menyampaikan apa yang Anda inginkan, dan semuanya akan terjadi secara otomatis. Selama setahun terakhir, kita telah melihat banyak fungsionalitas yang dapat diakses melalui perintah teks sederhana kepada bot obrolan; Humane berusaha membangun perangkat serupa.

Pertanyaannya sekarang adalah apa yang sebenarnya bisa dilakukan AI Pin? Sebagian besar fiturnya yang diumumkan oleh Humane sudah pernah ditunjukkan oleh co-founder Imran Chaudhri selama demo di acara TED tahun ini: pesan dan panggilan suara, ringkasan email dengan fitur “catch me up”, pengenalan informasi gizi dengan mengarahkan kamera ke makanan, dan terjemahan waktu nyata. Namun, tampaknya perangkat ini juga akan berfungsi sebagai mesin pencari yang dapat dihubungkan dengan kecerdasan buatan. Humane mengatakan kepada Wired bahwa mereka berencana untuk menambahkan kemampuan navigasi dan belanja, serta memberikan cara kepada pengembang untuk membuat alat mereka sendiri.

Humane sepertinya melihat AI Pin sebagai langkah awal dalam proyek yang lebih besar. Mereka mungkin berharap perangkat ini akan berkembang seiring waktu, mirip dengan bagaimana smartphone menjadi lebih baik seiring dengan peningkatan perangkat keras, dan revolusi sejati datang dari fungsionalitas yang dapat dilakukan oleh perangkat tersebut. Meskipun masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi tampaknya Humane sudah siap untuk memulainya.


Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(tqhf)

Related Articles

Back to top button