Bisnis

HUT ke-17, LPDB-KUMKM Melangkah Pasti Bersama Koperasi

LiveNews – Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) genap berusia 17 tahun, Jumat (18/8/2023). Memperingati hari besar tersebut, LPDB-KUMKM menggelar berbagai rangkaian acara, diantaranya perlombaan olah raga, fun walk dan mini games, pemotongan tumpeng dan tasyakuran, serta aksi sosial berupa kegiatan donor darah.

Rangkaian perayaan momen istimewa ini dilaksanakan sejak Agustus hingga September 2023, dengan melibatkan seluruh pegawai di lingkup LPDB-KUMKM, Kementerian Koperasi dan UKM, stakeholder, serta rekan-rekan media. Mengusung tema “Melangkah Pasti, Bersama Koperasi”, puncak perayaan HUT LPDB-KUMKM digelar penayangan Gala Premiere Web Series LPDB-KUMKM berjudul “Senandika”.

Direktur Utama LPDB-KUMKM, Supomo dalam sambutannya menyampaikan, LPDB-KUMKM memiliki tugas dan tanggung jawab besar dalan melaksanakan pengelolaan dana bergulir untuk penyaluran pinjaman/pembiayaan kepada Koperasi dan UMKM sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Oleh karena itu, seluruh pegawai LPDB-KUMKM harus menjalankan tugasnya dengan penuh dedikasi dan integritas tinggi.

“Di usianya yang ke-17, LPDB-KUMKM memegang peranan penting dalam pembangunan ekonomi nasional, oleh sebab itu LPDB-KUMKM harus hadir secara nyata di tengah masyarakat dengan penuh semangat, berkarya, berinovasi, dan berkontribusi aktif dalam kemajuan ekonomi bangsa. Seluruh pegawai LPDB-KUMKM harus bekerja dengan profesionalisme dan integritas,” imbau Supomo.

Baca Juga:Demi Tingkatkan Perekonomian Nasional, Pemerintah Hadirkan Program Pemberdayaan dan Pendampingan Koperasi secara Masif

Profesionalisme dan integritas di sini, lanjut Supomo, mencakup komitmen, konsistensi, dan kerja keras dari seluruh pegawai untuk melayani mitra koperasi di Indonesia. Sesuai roadmap yang ditetapkan, asas prudent tetap dikedepankan guna memitigasi risiko bersama-sama.

LPDB-KUMKM sebagai satuan kerja Kementerian Koperasi dan UKM juga diharapkan memiliki peran besar bagi negara dengan memberikan pelayanan yang lebih cepat, murah, dan tepat sasaran.

Baca Juga:   Modus Para Terduga Koruptor Manipulasi Tunjangan Kinerja Kementerian ESDM

LPDB-KUMKM yang berdiri tahun 2006, terus melebarkan sayap dan berkarya membangun bangsa melalui perkuatan permodalan kepada pelaku usaha koperasi dan UMKM (KUMKM) di Indonesia. Pencapaian dan torehan sejarah diusianya yang ke-17, hingga akhir Juli 2023 berhasil menyalurkan pinjaman/pembiayaan dengan total penyaluran sebesar Rp16,83 triliun kepada 3.259 mitra.

Pinjaman/pembiayaan tersebut disalurkan melalui dua pola penyaluran, yakni pola konvensional sebesar Rp12,14 triliun kepada 2.632 mitra, dan pola syariah sebesar Rp4,69 triliun kepada 647 mitra. Untuk penyaluran dana bergulir di tahun 2023, hingga Juli 2023 tercatat mencapai Rp1 triliun kepada 129 mitra koperasi.

Untuk penyaluran melalui pola konvensional sebesar Rp656,24 miliar kepada 85 mitra dan penyaluran melalui pola syariah sebesar Rp350,16 miliar kepada 44 mitra.

Baca Juga:Demi Kembangkan UMKM Daerah, LPDB-KUMKM Dukung Sinergi Kemenkop UKM dan Dekranas

Dengan mengedepankan prinsip pelayanan publik, tambah Supomo, LPDB-KUMKM sebagai kepanjangan tangan pemerintah berkomitmen untuk terus melayani koperasi di seluruh nusantara yang membutuhkan akses permodalan. Melalui upaya pendampingan dan permodalan dana bergulir terhadap KUMKM, LPDB-KUMKM optimis mampu mencapai target penyaluran di tahun 2023 sebesar Rp1,8 triliun.

Related Articles

Back to top button