Bisnis

Influencer Artis Harusnya Dukung Pemerintah, Bukan Bela TikToK shop

LiveNews – Direktur Eksekutif ICT Intitute Heru Sutadi menanggapi adanya pembelaaan terhadap TikTok Shop, setelah adanya larangan berjualan. Menurut Heru, harusnya para influencer dan seller yang bakal melakukan pembelaan kepada Tiktok Shop di berbagai kanal media sosial mendukung langkah kebijakan pemerintah. 

“Nggak perlu lah TikTok mengadvokasi aturan, karena tiap negara punya aturan sendiri. Mereka sebagai tamu harus menghargai aturan, influencer, selebritas juga harus dukung aturan itu, karena ini keberpihakan kepada Indonesia, UMKM indonesia,” ujarnya Heru yang dikutip, Selasa (26/8/2023). 

Heru melanjutkan, revisi Permendag Nomor 50 Tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik akan diteken dalam waktu dekat, justru ini menjadi titik tengah.

Dia menyebut, sikap pemerintah dalam hal ini Presiden Jokowi sudah sangat tegas. Bahwa harus adanya pemisahan fungsi antara sosial media dan e-commerce. 

Baca Juga:Gibran Ungkap Praktik Keji TikTok Shop Terhadap UMKM

“Dan, ada keberpihakan gimana mengembangkan dan memasarkan produk Indonesia sehingga mendorong majunya UMKM. Saya pikir TikTok harus lebih wise, jangan bawa nama presiden dalam advokasi ini, sudah jelas yg diungkap presiden soal pemisahan medsos dan ecommerce, bagaimana UMKM harus kita selamatkan bersama,” imbuh Heru. 

Sebelumnya beredar seruan di aplikasi pesan WhatsApp yang menyerukan untuk membuat konten dengan hastag #KamiUMKMdiTikTok. Pesan itu, pasca kebijakan pemerintah yang melarang social commerce untuk langsung bertransaksi seperti ecommerce

Adapun, Berikut isi pesan yang beredar:

Halo selamat malam team, Kami memahami bahwa berita terkini tentang TTS di ID mungkin mengkhawatirkan dan kami secara aktif menangani masalah tersebut. TikTok Shop merupakan tempat khusus bagi masyarakat Indonesia untuk menjelajah, berbelanja, hingga mengembangkan bisnisnya.

Baca Juga:   Karyawan Google Pendukung Palestina Dapat Perlakuan Diskriminatif

Dukungan TikTok Shop terhadap penjual lokal dan komunitas tidak tergoyahkan. Goals kita masih lebih jauh dari itu: TikTok Shop berharap dapat berkontribusi terhadap pembangunan jangka panjang UMKM dengan kemampuan inovatif kami, membantu lebih banyak UMKM untuk berpartisipasi secara setara dalam proses digitalisasi.

Baca Juga:Raih Cuan di Indonesia, TikTok Setor Pajak ke Pemerintah?

Tanpa paksaan, apabila Bapak/Ibu ingin menyampaikan dukungan dan apresiasinya terhadap TikTok Shop dan mengungkapkan pemikirannya pada platform ini, Anda dapat melakukan nya melalui Short Video: Hashtag: #KamiUMKMdiTikTok Tag @Jokowi (highly recommended) Video tersebut dapat disebar pada platform: TikTok, Instagram and Twitter Content dapat berupa: Emotional Content (pendapat mengenai issue ini), Rational (fokus kepada inovasi masa depan), Regular Content (story telling bagaimana Tiktok membantu kehidupan para seller dan UMKM sekitar) Setiap user diharapkan untuk post video lebih dari 1x Diharapkan video ini dapat segera diupload pada social media agar segera meredam issue ini dalam 1x24jam Thank you team buat dukungannya untuk TTS

Related Articles

Back to top button