Tekno

Ingin Mencoba Investasi? Kenali Dulu Cryptocurrency

Sumber: Themotleyfool

Kemajuan teknologi telah menghasilkan sejumlah inovasi signifikan, terutama dalam sektor keuangan. Salah satu hasil inovasi keuangan yang paling mencolok adalah munculnya mata uang digital yang dikenal sebagai cryptocurrency atau mata uang crypto. 

Alih-alih diproduksi oleh bank sentral atau pemerintah, seperti rupiah, dolar AS, euro, dan mata uang fiat lainnya, mata uang kripto diproduksi melalui proses berbasis teknologi blockchain. Melalui artikel ini kamu akan mengetahui lebih jauh mengenai cryptocurrency mulai dari definisi, cara memilih aset, dan apa yang membuat mata uang crypto menarik sebagai aset investasi. 

Mengenal Cryptocurrency 

Cryptocurrency adalah bentuk mata uang digital terdesentralisasi yang menggunakan teknologi blockchain, sehingga tidak membutuhkan otoritas sentral mana pun dalam proses mencetak, menyimpan, mengirim, dan menerima aset. Kata crypto dalam cryptocurrency berasal dari kata kriptografi yang berupa algoritma matematika. 

Dalam transaksi aset crypto, kriptografi berfungsi untuk menyamarkan informasi sehingga menjamin keamanan transaksi serta identitas pengirim maupun penerima aset. Kriptografi juga menjamin pengguna untuk membeli, menjual, atau memperdagangkan aset digital dengan aman. 

Alasan Banyak Orang Berinvestasi Crypto

Mata uang crypto memiliki daya tarik tersendiri bagi para investor, yaitu penggunaan teknologi blockchain yang menawarkan pengalaman transaksi bersifat terdesentralisasi.

Mata uang crypto dapat ditransfer dengan lebih cepat dan anonim, bahkan melintasi batas negara, tanpa memerlukan otoritas sentral bank yang dapat memblokir transaksi atau membebankan biaya. Para investor yang sudah familiar dengan teknologi blockchain akan berinvestasi pada mata uang kripto untuk memperoleh keuntungan sekaligus mendukung masa depan teknologi tersebut.

Layaknya aset investasi lainnya, crypto juga tidak dapat menjanjikan keuntungan mutlak yang bisa diperoleh para investor. Perlu diingat bahwa investasi crypto memiliki resiko yang tinggi karena adanya volatilitas harga. Maka dari itu, kamu perlu memiliki pengetahuan dan strategi untuk memilih dan mengevaluasi sebuah aset sebelum memutuskan untuk membeli aset tersebut. 

Baca Juga:   Ferry Unardi, Rela Drop-Out dari Harvard Demi Bangun Platform Traveloka

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Crypto

Berikut kelebihan berinvestasi di crypto:

  • Memiliki potensi keuntungan yang besar dalam jangka waktu yang relatif singkat. 
  • Kemudahan dalam mengakses pasar global hanya dengan bantuan jaringan internet.
  • Transaksi yang dilakukan akan dicatat dalam blockchain yang terdesentralisasi dan transparan.
  • Dapat lebih mudah dalam menjual atau membeli aset karena tingkat likuiditas pasar yang tinggi.

Berikut kekurangan berinvestasi di crypto:

  • Nilai aset crypto dapat naik dan turun tidak yang bisa mengakibatkan kerugian besar (volatilitas tinggi).
  • Pasar cryptocurrency masih tidak terlalu teratur karena regulasi yang masih berkembang.
  • Memiliki risiko peretasan atau kehilangan Private Key yang dapat mengakibatkan hilangnya seluruh aset crypto yang dimiliki. 
  • Menimbulkan efek kecanduan karena terbitnya sisi emosional ketika jual beli aset berlangsung.

Cara Memilih Aset Crypto yang Tepat

Sebelum membeli aset crypto, pengguna perlu memastikan jenis aset apa yang tepat untuk diinvestasikan. Terdapat beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih aset crypto, diantaranya:  

1. Pergerakan Harga

Harga merupakan salah satu faktor utama yang harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli suatu aset. Dalam pasar crypto, pergerakan harganya sangat fluktuatif, harga bisa berubah setiap saat. Kamu bisa memperhatikan tren harga dalam beberapa minggu terakhir, lihat apakah harganya cenderung turun, stagnan, atau naik.  

2. Kegunaan Aset

Kamu harus mengetahui apa kegunaan aset crypto yang akan kamu beli. Kegunaan aset crypto ini dapat memberikan pengetahuan dan pertimbangan bagi pemula, kegunaan aset yang jelas memiliki potensi dalam peningkatan nilai seiring berjalannya waktu. Kamu bisa mempelajari kegunaan aset crypto melalui whitepaper yang dikeluarkan oleh proyek crypto tersebut.

3. Likuiditas

Likuiditas merupakan faktor penting untuk menentukan fluktuasi harga dan juga harga yang kamu dapatkan saat menjual atau membeli aset. Aset dengan likuiditas tinggi dapat lebih mudah diperdagangkan di pasar. Aset dengan likuiditas tinggi dapat mengurangi resiko investor untuk menjual aset dengan harga yang jauh lebih rendah.  

Baca Juga:   The Creator Movie, Intip Peperangan Manusia vs Teknologi AI di Masa Depan

4. Market Capitalization

Market cap merupakan perhitungan dari jumlah token yang beredar dengan harga pasar saat ini. Bagi pemula, disarankan untuk membeli aset yang memiliki kapitalisasi pasar besar, karena harganya cenderung lebih stabil.

5. Keamanan

Keamanan adalah faktor yang sangat penting dalam memilih aset crypto. Para pemula perlu memilih aset yang memiliki fitur keamanan yang kuat, mulai dari enkripsi, otentikasi multi-faktor, dan metode penyimpanan. Kamu bisa menilai keamanan aset crypto dari hasil audit yang dipublikasikan dan dari kredibilitas pendiri dan pengembang projek crypto tersebut. 

Kapan Waktu yang Tepat Berinvestasi Crypto

Pada dasarnya, tidak ada panduan yang sepenuhnya tepat dalam memilih waktu ketika ingin membeli dan melakukan investasi aset crypto. Bahkan investor yang sudah berpengalaman, masih berpotensi mengalami kerugian saat berinvestasi. 

Aset crypto memiliki siklus yang terus berputar seiring waktu. Kamu bisa melakukan analisis teknis untuk memprediksi pola masa depan sebuah aset misalnya dengan mempertimbangkan kinerja historisnya, volume perdagangan, dan indikator lainnya. 

Namun, indikator-indikator ini lebih berfungsi sebagai kompas yang bisa membantu kita menentukan waktu yang tepat untuk membeli aset kripto, jangan sampai kamu membeli crypto hanya karena FOMO (fear of missing out) tanpa tahu risiko yang akan kamu hadapi kedepannya. 

Cryptocurrency merupakan bentuk kemajuan teknologi di bidang keuangan yang berbasis blockchain dan kriptografi, kedua teknologi ini membuat cryptocurrency bersifat terdesentralisasi.  Cryptocurrency juga memiliki potensi menarik untuk dijadikan sebagai instrumen investasi. Dengan berinvestasi pada crypto, kamu dapat mengakses pasar global dengan mudah, cepat, dan prosesnya transparan. Namun, perlu diingat bahwa crypto merupakan jenis investasi dengan volatilitas harga yang tinggi serta rentan terhadap peretasan. Maka, kunci utama untuk bisa beradaptasi dan terjun pada dunia crypto, kamu harus sering melakukan riset terkait pergerakan harga, kegunaan aset, hingga keamanan.

Baca Juga:   Ketahui Fitur GB WhatsApp Versi Terbaru 2024 Beserta Cara Downloadnya

Tentang Nusa Finance

Nusa Finance adalah platform Web3 penyedia layanan keuangan terdesentralisasi terlengkap pertama dari Indonesia. Fitur unggulan Nusa adalah pasar pinjaman kripto dimana pengguna dapat meminjamkan dan menjaminkan aset kripto untuk membantu proses trading. Nusa bertujuan untuk membuat platform Web3 mudah diakses oleh siapa saja.

Kenali Nusa Finance lebih lanjut

Penjelasan lengkap : Docs Nusa Finance

Kunjungi website : Nusa Finance

Bergabung di komunitas : Nusa Finance Indonesia

Related Articles

Back to top button