Tekno

Ini Dia, Cara Pantau Posisi Bus TransJakarta Secara Realtime di Google Maps

Foto: bustransjakarta.blogspot

LiveNews – Posisi bus TransJakarta (TJ) dapat dipantau secara langsung dan real-time hanya melalui aplikasi Google Maps.

Selain bus TJ, mikrotrans (angkot) dan bus Patas AC juga dapat ditemukan di peta Google tersebut. Fitur pelacakan langsung bus TJ dan mikrotrans ini sudah tersedia untuk pengguna Android maupun iOS.

Awalnya, layanan TransJakarta sudah terhubung dengan Google Maps sejak 2016, meskipun pada waktu itu hanya memberikan informasi mengenai waktu perjalanan melalui Google Maps Transit. Saat ini, melalui Google Maps, pengguna TransJakarta dapat melihat estimasi waktu kedatangan bus serta lokasi aktual bus yang akan mereka naiki. Sebagai contoh, pengguna TransJakarta yang ingin menaiki bus di daerah Bundarah HI dapat melihat posisi dan perkiraan waktu kedatangan bus tersebut.

Kabar tentang integrasi GPS TransJ dengan Google Maps ini sedang menjadi topik pembicaraan di antara para pengguna TransJ di X (sebelumnya: Twitter). Banyak dari mereka yang menyatakan kegembiraannya atas kehadiran fitur ini.

Baca juga: Cara Mendaftarkan Alamat Toko di Google Maps, Gampang Banget!

Cara pantau kedatangan Bus TransJakarta di Google Maps

Cara Pantau Posisi Bus TransJakarta

Foto: teknologi.id

  • Buka aplikasi Google Maps di smartphone Anda, lalu cari ikon Halte yang Anda tuju, contohnya Halte Kebayoran Lama.
  • Ketika ikon Halte Kebayoran Lama diklik, akan muncul jadwal kedatangan bus-bus Transjakarta secara live atau real-time. Sebagai contoh, saat teknologi.id mencoba melihat bus dengan rute ke Kebayoran Lama – Poins Square Lebak Bulus, jadwal kedatangan yang ditampilkan di aplikasi Google Maps cukup rinci berserta dengan rute yang ditampilkan.
  • Di Google Maps, pengguna akan melihat rute perjalanan yang menjadi opsi pengguna. Kemudian, bus akan muncul di Google Maps dengan logo Transjakarta biru yang dilengkapi dengan nomor koridor dan estimasi waktu tempuhnya.
  • Selanjutnya, klik rute yang Anda tuju, lalu klik lokasi di mana Anda menunggu bus TransJakarta tiba. Jika ingin mengetahui posisi bus secara real-time, klik pada kolom pilihan bus berwarna hijau yang menunjukkan waktu kedatangan.
Baca Juga:   Tidak Gratis, Kominfo Tegaskan Starlink Bayar Sewa Frekuensi Rp 23 M ke Indonesia

Sebaliknya, jika Anda sebagai pengguna tidak memiliki pengetahuan tentang halte atau rute Transjakarta yang harus digunakan, Google Maps akan menampilkan opsi transportasi yang dapat Anda gunakan. Fitur pelacakan langsung di Google Maps juga dapat memberikan informasi tentang semua halte Transjakarta dan beberapa rute mikrotrans serta bus lainnya di Jakarta.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(ny)

Related Articles

Back to top button