Tekno

Instagram Kini Sediakan Fitur Download Reels, Simpan Video Lebih Mudah dan Cepat!

LiveNews – Instagram baru saja merilis fitur baru yang mungkin sudah dinanti-nanti banyak pengguna, yaitu fitur untuk mengunduh video reels yang diunggah pengguna lain. Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa mengunduh Reels dari akun publik langsung dari Instagram tanpa perlu menggunakan website atau aplikasi tambahan. Seperti aplikasi kompetitor, video yang diunduh nantinya akan terdapat watermark dari kreator Reels tersebut.

“Sekarang, anda dapat menyimpan Reels yang dibuat oleh akun publik ke galeri kamera Anda, setiap Reels yang diunduh akan mencakup watermark dengan nama pengguna Instagram penciptanya. Kami telah meluncurkannya di AS awal tahun ini, dan sekarang sudah tersedia secara global,” ujar Mosseri, CEO Instagram.

Meski begitu, Mosseri menambahkan bahwa akun publik dapat menonaktifkan fitur unduh di Reels mereka. Jika pengguna tidak bisa mengunduh video Reels tersebut, pengguna masih diberi pilihan yakni dengan menyimpannya di koleksi akun mereka untuk ditonton ulang di lain waktu.

“Jika suatu Reel yang Anda sukai tidak memenuhi syarat untuk diunduh, Anda masih dapat mengetuk tiga titik dan menyimpannya untuk ditonton nanti di aplikasi.”

Cara Download Video Reels di Instagram

1. Buka aplikasi Instagram dan pergi ke Reels yang ingin Anda unduh.

2. Ketuk ikon ‘Bagikan’ pada Reels dan pilih ‘Unduh’.

3. Reel akan otomatis tersimpan di galeri.

Untuk pengguna Instagram di bawah 18 tahun dengan akun publik, pengaturan default untuk mengunduh Reels akan dimatikan, tetapi dapat diaktifkan kapan saja. 

Pembuat konten juga bisa menutup akses orang lain yang ingin mengunduh video mereka.

Berikut adalah cara menonaktifkan fitur unduh video Reels di akun publik:

1. Ketuk gambar profil di bagian kanan bawah untuk masuk ke profil.

2. Klik tiga garis horizontal di bagian kanan atas dan pilih ‘Pengaturan dan privasi’.

Baca Juga:   YouTube Jajal Fitur Chatbot dan Ringkasan Komentar ala AI, Begini Tampilannya

3. Ketuk Privasi, lalu ketuk Reels dan Remix.

4. Aktifkan tombol geser untuk memungkinkan orang mengunduh Reels.

Instagram juga sudah berencana menambahkan fitur yang banyak diminta, yaitu memungkinkan pengguna menghapus profil Threads tanpa harus menghapus akun Instagram mereka. 

Selain itu, Instagram juga sedang menguji fitur untuk menonaktifkan tanda terima dan baca pada DM. Namun masih belum ada informasi lebih lanjut kapan fitur tersebut akan tersedia.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(LF)

Related Articles

Back to top button