Tekno

Investasi Microsoft di RI Tembus Rp 14 Triliun, Apple Kalah? Ini Ujar Menkominfo!

Sumber: Kementerian Komunikasi dan Informatika

LiveNews – Menyusul kunjungan CEO Apple Tim Cook ke Indonesia pada 17 April lalu, Indonesia bersiap menyambut kedatangan CEO Microsoft, Satya Nadella, yang direncanakan akan tiba pada 30 April mendatang. Kedatangan Nadella menjadi sorotan utama, terutama setelah Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, menegaskan bahwa kunjungan ini akan membahas isu-isu penting termasuk investasi yang akan dilakukan oleh Microsoft di Tanah Air.

Menkominfo Budi secara gamblang menyatakan bahwa investasi Microsoft di Indonesia diproyeksikan akan lebih besar dari yang dilakukan oleh Apple, dengan perkiraan mencapai lebih dari Rp14 triliun. Namun, kendati angka ini cukup besar, Budi menekankan bahwa ia tidak dapat mengungkapkan secara langsung detail investasi tersebut.

“Ada (investasi), itu gede. Nanti, jangan saya yang ngomong. Ada (investasi), mereka gede. Mereka sudah ngomong ke saya, tapi saya bilang jangan saya yang ngomong, kan saya Menkominfo RI, bukan humas Microsoft,” ujarnya pada Jumat, 19 April.

Lebih Besar dari Apple: Investasi Microsoft di Indonesia 

Sementara nilai pasti investasi tersebut belum diungkap secara terperinci, Budi menyatakan bahwa salah satu fokus utama dari investasi tersebut adalah pada pengembangan sumber daya manusia. “Macam-macam (tujuan investasi) nanti mereka yang menjelaskan. Salah satunya bagaimana SDM, sumber daya manusia,” katanya.

Sebelumnya, Apple telah menginvestasikan sekitar Rp1,4 triliun di Indonesia melalui Apple Developer Academy yang berlokasi di tiga provinsi, yaitu Batam, BSD, dan Surabaya. Namun, dengan rencana pembangunan Apple Developer Academy di Bali, nilai investasi Apple di Tanah Air diproyeksikan akan meningkat menjadi sekitar Rp1,6 triliun.

Meskipun demikian, investasi Apple di Indonesia masih jauh lebih kecil dibandingkan dengan investasi yang telah dilakukan di Vietnam, yang mencapai 15,84 miliar dolar AS atau setara dengan sekitar Rp257 triliun.

Baca Juga:   Mengenal Apa Itu Boarding School dan Manfaatnya untuk Masa Depan Siswa

Baca juga: Beda Jauh, Investasi Apple di Indonesia 1,6 Triliun Vietnam 255 Triliun. Mengapa?

Fokus Investasi Microsoft: Mendorong Pengembangan Sumber Daya Manusia

Investasi Microsoft yang dijadwalkan akan melampaui angka yang telah dikeluarkan oleh Apple menandakan komitmen kuat perusahaan teknologi raksasa ini terhadap pasar Indonesia. Fokus utama pada pengembangan sumber daya manusia menunjukkan kepedulian Microsoft terhadap pertumbuhan ekosistem teknologi di Indonesia. Dengan meningkatnya investasi ini, diharapkan akan ada lebih banyak peluang bagi individu Indonesia untuk terlibat dalam industri teknologi, yang pada gilirannya akan mendukung pertumbuhan ekonomi negara.

Impikasi Investasi Terhadap Ekonomi dan Industri Teknologi Indonesia 

Kedatangan CEO Microsoft dan rencana investasi yang diumumkan menjadi momen penting bagi Indonesia dalam meningkatkan posisinya dalam industri teknologi global. Dengan menarik minat perusahaan-perusahaan teknologi besar seperti Apple dan Microsoft, Indonesia memiliki kesempatan untuk memperkuat infrastruktur teknologinya, meningkatkan keterampilan SDM lokal, serta mendorong inovasi dan pengembangan produk teknologi dalam negeri.

Meningkatnya Investasi, Meningkatnya Kesempatan 

Dalam menghadapi era digital yang semakin berkembang, investasi dalam pengembangan sumber daya manusia menjadi kunci bagi kemajuan suatu negara. Dengan Microsoft menyatakan komitmennya untuk fokus pada pengembangan SDM, hal ini dapat membawa dampak positif yang signifikan bagi ekonomi Indonesia. Pengembangan SDM dalam bidang teknologi akan menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan produktivitas, dan membantu Indonesia untuk berkompetisi secara global dalam industri teknologi.

Kunjungan CEO Microsoft ke Indonesia dan rencana investasi yang diumumkan telah menarik perhatian publik dan menimbulkan antusiasme yang tinggi di kalangan pemangku kepentingan. Dengan nilai investasi yang diproyeksikan melebihi investasi sebelumnya oleh Apple, serta fokus pada pengembangan sumber daya manusia, kedatangan Microsoft diharapkan akan membawa dampak positif yang signifikan bagi perkembangan ekonomi dan industri teknologi Indonesia.

Baca Juga:   Tips Menyembunyikan Aplikasi di Ponsel Anda

Masyarakat Indonesia dan pemerintah dapat berharap bahwa investasi ini akan membuka jalan bagi pertumbuhan yang berkelanjutan dan inklusif di era digital ini. Dengan menjalin kemitraan yang kuat antara sektor publik dan swasta, serta meningkatkan kolaborasi antara pemerintah, industri, dan lembaga pendidikan, Indonesia memiliki potensi untuk menjadi pusat inovasi teknologi yang diakui secara global. Semua pihak harus bekerja sama untuk memastikan bahwa investasi ini tidak hanya menghasilkan keuntungan ekonomi, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Baca Berita dan Artikel lain di Google News. 

(bmm)

Related Articles

Back to top button