Bisnis

Investor Asing ‘Gondol’ Rp20 Triliun Duit dari Pasar Modal

LiveNews – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat investor asing melakukan penarikan dana hingga Rp20,1 triliun dari pasar modal Tanah Air sepanjang bulan Agustus 2023.

Dalam Rapat Dewan Komisioner (RDK) OJK keluarnya dana asing tersebut karena adanya transaksi crossing.

Sebagai informasi, awal Agustus ini terjadi transaksi crossing di pasar negosiasi hingga Rp18,52 triliun di saham emiten baru bara Golden Energy Mines (GEMS).

Secara sektoral, bahan baku dan infrastruktur menjadi penopang kinerja IHSG bulan Agustus.

Baca Juga:Marak Kasus di Pasar Modal, OJK Beri Sanksi dan Denda Miliaran ke Dua Manajer Investasi

“Penguatan IHSG yang terbesar pada Agustus 2023 dicatatkan oleh saham di sektor bahan baku dan infrastruktur,” ungkap Kepala Eksekutif Pasar Modal OJK Inarno Djajadi, dalam RDK Selasa (5/9/2023).

Inarno juga mengungkapkan bahwa sejak awal tahun (YTD) IHSG tercatat menguat 1,5% dengan asing tercatat melakukan aksi jual bersih (net sell) Rp 1,18 triliun.

Sebelum net sell jumbo bulan Agustus, pada posisi terakhir bulan Juli investor asing masih mencatatkan beli bersih (net buy) Rp 18,92 triliun.

OJK juga mengungkapkan bahwa dari sisi likuiditas rata-rata transaksi harian (RNTH) di pasar modal RI tercatat mencapai Rp 11,2 triliun pada bulan Agustus dan rata-rata Rp 10,38 triliun tahun ini (YTD).

Baca Juga:Waduh, Dana Asing Rp 20,1 Triliun Lari dari RI Pada Agustus, Kenapa Ya?

Baca Juga:   PNM Lakukan Revitalisasi Terumbu Karang di Banyuwangi

Related Articles

Back to top button