Olahraga

Iran Protes ke AFC, Malaysia Batal Susul Timnas Indonesia U-23 ke Piala Asia?

LiveNews – Malaysia berpotensi gagal menyusul Timnas Indonesia U-23 lolos ke Piala Asia U-23 2024, setelah Iran melakukan protes ke AFC terkait laga pamungkas melawan Uzbekistan.

Seperti diketahui, Malaysia hampir saja gigit jari karena gagal menyusul langkah Timnas Indonesia U-23, Vietnam dan Thailand lolos ke Piala Asia U-23 2024.

Di pertandingan pamungkas Grup H Kualifikasi Piala Asia U-23 2-24, Malaysia sempat kalah 0-1 dari Thailand pada Selasa (12/09/23) malam WIB.

Akan tetapi, skuat muda Negeri Jiran akhirnya berhak mendapatkan tiket ke Piala Asia U-23 2024 Qatar lewat jalur empat runner terbaik dari Grup A hingga K.

Meski begitu, mereka sempat ketar-ketir lantaran Iran melayangkan protes ke AFC. Iran sendiri baru saja bersua Uzbekistan di matchday terakhir Grup E.

Kedua tim tersebut sama-sama membidik kemenangan untuk mendapat tiket lolos ke Qatar. Sementara itu, tim yang kalah harus menggantungkan nasib mereka di perebutan status runner-up terbaik.

Akhirnya Iran harus kalah dengan skor 0-1 oleh Uzbekistan. Alhasil, pemenang laga tersebut lolos ke Qatar tahun depan sebagai juara Grup E.

Iran sebenarnya punya peluang lolos sebagai salah satu dari empat runner up terbaik. Mereka dan Malaysia mengoleksi tiga poin dan selisih gol +3, tetapi hanya kalah dari segi poin disiplin.

Hal itu membuat Iran melayangkan protes ke AFC karena merasa dirugikan saat melawan Uzbekistan. Dalam laga itu, ada satu pemain Uzbekistan yang terkena dua kartu kuning yaitu Abdukodir Khusanov.

Pemain itu mendapat dua kartu kuning di menit 40 dan 90. Namun, wasit justru tidak memberikan kartu merah kepada Abdukodir Khusanov.

Hal itulah yang membuat AFC sempat belum mengumumkan daftar 16 negara peserta Piala Asia U-23 2024, baik di media sosial maupun laman resmi mereka.

Baca Juga:   Tak Lagi Digdaya 5 Hasil Timnas Indonesia vs Filipina Terbaru yang Memalukan

Akan tetapi pada Rabu (13/09/23) sore WIB, AFC akhirnya memberikan pengumuman resmi soal 16 tim yang lolos ke Piala Asia U-23 2024.

AFC ternyata tidak memperdulikan protes dari Iran dan tetap menuliskan Malaysia sebagai tim terakhir yang lolos ke Piala Asia U-23 2024, menyusul Timnas Indonesia U-23.

Related Articles

Back to top button