Bisnis

Jababeka dan Voltron Gelar World EV Day Dukung Kendaraan Ramah Lingkungan

LiveNews – Sebanyak puluhan mobil listrikool berkumpul di Hollywood Junction Kota Jababeka untuk merayakan World EV Day yang diperingati setiap tanggal 9 September.

World EV Day merupakan gerakan global dan hari perayaan mobilitas untuk mengubah transisi ke transportasi berkelanjutan yang berdampak pada lingkungan dengan pengguna, pebisnis, dan pelaku kebijakan.

Sebagai salah satu pelopor perkembangan berkelanjutan di Indonesia, PT Jababeka Tbk (Jababeka) terus berkomitmen untuk mendukung inisiatif dan teknologi yang mendukung lingkungan yang lebih baik.

Dalam rangka merayakan World EV Day 2023, Jababeka bersama-sama dengan berbagai komunitas kendaraan listrik mengadakan serangkaian acara dan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan minat masyarakat terhadap kendaraan listrik dan mobilitas berkelanjutan serta pelestarian lingkungan.

Baca Juga:Puncak Program Scuba, Puluhan Penyandang Disabilitas unjuk Hasil Jahitan dalam Inagurasi

“World EV Day bukan hanya sebuah perayaan, tetapi juga momentum penting untuk merayakan kemajuan teknologi kendaraan listrik dan mengingatkan kita akan tanggung jawab terhadap lingkungan sekitar. Jababeka sebelumnya telah melakukan sejumlah upaya dan komitmen perusahaan akan pelestarian lingkungan dengan berkolaborasi baik dengan pemerintah, tenant dan komunitas terkait. Tentunya tak mudah, dibutuhkan kerjasama dan gerakan bersama.” Ungkap Suteja S. Darmono President Director – PT Grahabuana Cikarang, selaku pengelola dan pengembang Kota Jababeka Cikarang ditulis Senin (18/9/2023).

Jababeka tak lama ini telah mendeklarasikan Net Zero Industrial Cluster Community pada penutupan Jababeka Eco Summit 2023 sebagai langkah nyata dalam penurunan emisi karbon guna menanggulangi permasalahan perubahan iklim global.

Adapun acara yang diadakan dalam World EV day meliputi: pameran kendaraan listrik, city tour Kota Jababeka, sharing session, green commitment action Jababeka dan Voltron. Perayaan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dari cara-cara kecil yang dapat dilakukan oleh setiap individu untuk mengurangi dampak lingkungan.

Baca Juga:   Selain Investasi Jumbo, Transisi Energi Juga Butuh SDM yang Handal

Jababeka berkomitmen membantu mewujudkan visi Indonesia dalam mencapai netralitas karbon pada 2060. Salah satu aksi nyata yang dilakukan Jababeka adalah mendeklarasikan ambition statement bersama tiga tenant-nya dengan target karbon netral pada 2050, dan Kawasan Industri Jababeka-Cikarang bergabung dalam jaringan World Economic Forum (WEF) sebagai The First Net Zero Industrial Cluster in South East Asia pada rangkaian KTT G20 – B20 Summit, November 2022 lalu.

Langkah awal sebagai bukti komitmen Jababeka untuk Net Zero Cluster adalah diresmikannya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di Water Treatment Plant (WTP) di Kawasan Industri Jababeka.

Baca Juga:Geliat Pasar Properti di Koridor Timur Jakarta Naik, Jababeka dan Mitsui Fudosan Asia Luncurkan Ruko Wimbledon

“Jababeka selalu mendedikasikan diri untuk menjadi pelopor dalam mendukung perkembangan berkelanjutan di Indonesia. Kami percaya bahwa kendaraan listrik adalah salah satu solusi terbaik untuk mengurangi emisi karbon dan menjaga lingkungan kita yang berharga. Oleh karena itu, kami merasa sangat bangga dapat menjadi tuan rumah acara ini dan berbagi pengetahuan serta inspirasi dengan semua peserta,” tambah Suteja.

Related Articles

Back to top button