Tekno

Jaringan iPhone Sering Hilang-Muncul? Ini Penyebab dan Solusinya

Foto: Apple Community

LiveNews – Kendala jaringan bisa dialami ponsel manapun, tak terkecuali iPhone dengan fitur dan kualitas baiknya sekalipun. Lantas, apa saja yang sebetulnya menyebabkan jaringan iPhone sering hilang-muncul atau kualitas jaringannya naik-turun? Jenis-jenis kendala apa saja yang umum ditemukan?

Area Berada di Luar Jangkauan

Fenomena hilangnya jaringan pada produk iPhone bisa terjadi dikarenakan pengguna sedang berada di luar jangkauan seluler. Dalam situasi ini, pengguna tidak bisa berselancar di internet, bahkan tidak bisa mengirim maupun menerima SMS.

Menurut halaman Apple Support, tahap-tahap untuk menindak situasi ini yaitu dengan:

  1. Pastikan kalian berada di area dalam jangkauan jaringan seluler.

  2. Reset jaringan dengan matikan data seluler. Lalu nyalakan kembali. Caranya dengan membuka Pengaturan > Data Seluler.

  3. Apabila pengguna sedang berpergian ke luar negeri, pastikan sudah membayar dan memasang paket untuk Roaming Data. Caranya dengan Pengaturan > Seluler > Pilihan Data Seluler > Roaming Data.

Foto: AT&T

Baca Juga: Cara Mengatasi Koneksi Wi-Fi yang Sering Terputus di iPhone

Status SOS

Situasi lain di mana perangkat iPhone mengalami gangguan jaringan ditandai dengan tanda SOS pada bar status. Pada situasi ini, penyebabnya bisa jadi dikarenakan pengguna juga berada di luar jangkauan seluler atau karena ponsel sedang memperbarui sistem operasi. Namun pengguna masih bisa melakukan komunikasi darurat.

Foto: Apple Support

Selain cara yang telah disebutkan, ada lagi cara lain untuk mereset jaringan pada perangkat iPhone, antara lain:

  1. Restart Ponsel

Pengguna dapat memuat ulang ponsel mereka ketika mengalami gangguan jaringan. Cara ini dinilai sebagai salah satu yang paling praktis dan tahapnya paling singkat.

  1. Menyambungkan Ulang ke WiFi

Pengguna bisa melupakan (forget) jaringan WiFi yang sedang dipakai. Biasanya, walaupun sedang terhubung, jaringan tidak langsung memberi akses ponsel untuk menggunakan internet. Karena itulah pengguna bisa menyambungkan ulang dengan membuka pengaturan untuk WiFi > klik ikon ‘i’ di sebelah nama WiFi yang sedang tersambung > pilih ‘Lupakan Jaringan Ini’. Jika sudah, pengguna bisa menghubungkan ulang dengan WiFi tersebut menggunakan kata sandi yang tepat.

Baca Juga:   Waspada Modus Penipuan Undangan Pernikahan Digital, Ini Kata Pakar

  1. Nyala-Matikan Mode Pesawat

Cara mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat juga sangat mudah. Cukup klik gambar mode pesawat untuk menyala-matikan mode tersebut. Pengguna bisa juga mengakses fitur ini lewat bagian Pengaturan seperti yang lainnya.

  1. Atur Ulang Jaringan

Pengguna dapat mengatur ulang pengaturan jaringan ke semula atau default. Menurut Apple Support, tahap-tahapnya yaitu dengan masuk ke bagian Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan Jaringan.

Hasil pengaturan ulang ini nantinya akan mereset masukan kata sandi WiFI, pengaturan seluler, dan termasuk juga VPN dan APN.

Apabila sudah mencoba semua cara di atas pengguna masih menemukan masalah jaringan iPhone, pengguna bisa langsung menghubungi atau mengunjungi operator jaringan terkait.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(nar)

Related Articles

Back to top button