Nasional

Jelang HUT TNI ke-78 Besok, TNI Ziarah ke Makam Ahmad Yani hingga BJ Habibie di TMP Kalibata

LiveNews – Para petinggi TNI melakukan ziarah makam para pahlawan nasional RI di kompleks Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (4/10/2023).  Ziarah itu dilakukan menjelang peringatan HUT Ke-78 TNI pada Kamis (5/10/2023) besok.

Dalam kesempatan itu, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono tidak hadir lantaran berziarah ke makam Jenderal Besar Soedirman di Yogyakarta. Untuk ziarah ke TMP Kalibata, Panglima TNI diwakilkan oleh Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Bambang Ismawan.

Pantauan LiveNews di lokasi, Bambang didampingi oleh Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat Letjen TNI Agus Subiyanto, Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Madya TNI A. Gustaf Brugman, dan Panglima Komando Gabungan Wilayah I Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma.

Acara ziarah dibuka dengan upacara penghormatan terlebih dahulu. Upacara tersebut berjalan secara khidmat. Setelah upacara, Kasum TNI beserta jajaran kemudian menaburkan bunga ke beberapa makam pahlawan di TMP Kalibata. 

Baca Juga:Pantau Persiapan Prajurit saat Gladi Bersih HUT TNI ke-78 di Monas, Panglima Yudo Didampingi Petinggi 3 Matra

Para petinggi TNI saat berziarah ke TMP Kalibata jelang HUT TNI ke-78. (LiveNews/Rakha)

Adapun beberapa makam yang ditabur bunga adalah makam Jenderal Besar Ahmad Yani, Letjen R. Suprapto, Presiden ke-2 RI, Jenderal besar Soeharto, Presiden ke-3 RI, BJ Habibie, Letjen S. Parman, Letjen. M. T. Haryono, dan Mantan KSAD, Jenderal Pramono Edhie Wibowo.

Bambang menerangkan ziarah ini bertujuan agar generasi penerus Indonesia selalu mengingat jasa pahlawan yang pernah berjuang untuk bangsa.

“Harapannya adalah kita sebagai generasi penerus dapat menginspirasi apa yang sudah diberikan oleh para pahlawan kita. Itu intinya apa yang kita lakukan pada pagi hari ini,” ujar Bambang kepada wartawan di lokasi.

Bambang turut menjelaskan alasan Panglima TNI tidak ikut serta hadir dalam ziarah makam di TMP Kalibata.

Baca Juga:   Prananda Prabowo dan Hasto Kristiyanto Tinjau Gladi Bersih Rakernas IV PDIP

“Panglima, beliau ziarah ke makam Panglima Besar Jenderal Soedirman di Yogyakarta, sehingga beliau di sana, beliau memerintahkan saya untuk mewakili di sini,” ungkapnya.

Baca Juga:Polisi Periksa 10 Saksi Kasus Anak Pamen TNI AU Tewas Terbakar, Ini Rinciannya

“Ziarah ini dilaksanakan di seluruh Indonesia. Di daerah-daerah dipimpin oleh yang tertua masing-masing daerah. Di situ mungkin ada Pangdam, Pangarmada, atau Komandan Lanud,” tutup dia.

Related Articles

Back to top button