Bisnis

Joe Biden Hubungi Jokowi: Saya Ucapkan Selamat Kepada Anda dan Rakyat Indonesia

LiveNews – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mengucapkan selamat kepada Indonesia yang sedang merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-78 pada hari Kamis (17/8/2023).

Biden menyampaikan ucapan ini melalui pesan yang dia kirimkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam pesan tersebut, Biden mengungkapkan harapannya agar hubungan antara AS dan Indonesia semakin kuat dan berkelanjutan di masa depan.

“Saya dengan tulus mengucapkan selamat kepada Anda dan rakyat Indonesia atas perayaan kemerdekaan yang ke-78,” demikian kata Biden dalam pesannya yang dikutip dari situs Kedutaan Besar AS untuk Indonesia pada Kamis (17/8).

Biden mengungkapkan harapannya agar Amerika Serikat dan Indonesia terus bergerak maju dalam mendorong nilai-nilai demokrasi. Dia juga memberikan dorongan agar kedua negara tetap menjadi kekuatan yang tangguh di kawasan Indo-Pasifik.

Baca Juga:Selain Indonesia, Ini Dia 10 Negara yang Merdeka di Bulan Agustus

“Kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia mendorong prinsip-prinsip demokrasi yang kita anut bersama, serta keamanan dan kesejahteraan rakyat kita. Bersama-sama, negara-negara kita menciptakan masa depan yang cerah dan tahan lama di wilayah Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” ungkapnya.

Biden juga berharap untuk terus bekerja sama dengan Indonesia dalam menghadapi tantangan global, terutama dalam hal isu perubahan iklim dan perlindungan lingkungan.

“Kita bersama-sama mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim dan perlindungan lingkungan. Kami memperkuat hubungan antar-masyarakat yang menjadi dasar kemitraan kita,” ujarnya.

Selain itu, AS juga memberikan pujian terhadap kepemimpinan Indonesia sebagai Ketua ASEAN dan mendukung tema ASEAN untuk tahun 2023, yaitu ‘ASEAN Matters: Epicentrum of Growth’. Biden berharap bahwa Amerika Serikat dan Indonesia akan terus memperluas dan memperdalam hubungan kerja sama ini.

Baca Juga:   Wulan Gutino Bisa Dibui 6 Tahun Gegara Judi Online, Polisi: Ngaku Tidak Tahu Takkan Lolos

“Kami berharap untuk terus memperluas dan memperdalam kerja sama serta persahabatan kita di tahun-tahun mendatang. Selamat atas perayaan kemerdekaan Indonesia yang bersejarah ini,” tutur Biden.

Baca Juga:Rekam Jejak Kolonel Arm Joko Setiyo Kurniawan, Komandan Upacara HUT RI ke-78 di Istana

Related Articles

Back to top button