Bisnis

Jokowi Kasih Lampu Hijau Gubernur Lemhanas Jadi TPN Ganjar, Berapa Harta Kekayaan Andi Widjajanto?

LiveNews – Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) Andi Widjajanto resmi menjadi Deputi Politik 5.0 dalam Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPN GP). Harta kekayaan Andi Widjajanto pun disorot karena peran barunya ini.

Terlebih, Presiden Joko Widodo telah memberikan restu terkait keikutsertaan Andi dalam tim pemenangan Ganjar.

“Kalau saya, saya izinkan,” kata Jokowi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (12/10/2023). Kendati demikian, Jokowi belum memastikan apakah Andi Widjajanto harus mundur dari jabatannya saat ini.

Ganjar sebelumnya mengingatkan bahwa Andi memilih bergabung atas dasar pribadi, bukan atas nama Lemhanas.

Baca Juga:Andika Perkasa Tak Gentar Bila Jokowi Lebih Pilih Prabowo: Kita Tidak Takut Kok

“Ya terima kasih. Mungkin bukan gubernurnya, tapi personalnya,” kata Ganjar usai hadiri acara bersama Jaringan Indonesia (Jari) di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Kamis (12/10/2023).

Harta Kekayaan Andi Widjajanto

Saat dilantik menjadi Gubernur Lemhanas tahun lalu, harta kekayaan Andi Widjajanto tembus Rp12 miliar. Harta ini sebagian besar berasal dari tanah warisan yang berada di Depok Jawa Barat dan Jakarta Timur.

Selain itu Andi juga memiliki sejumlah alat transportasi yang nilainya mencapai Rp2,3 miliar antara lain mobil Range Rover Sport 2014; Mini Cooper 2014; Mazda Biante, 2013; dan Honda Freed 2011.

Di samping itu ada pula harta bergerak lain Rp258 juta, surat berharga Rp399 juta, dan giro dengan nilai total Rp6,5 miliar dan dalam dolar senilai USD 310.000.

Baca Juga:Profil Andi Widjajanto: Gubernur Lemhannas Masuk Tim Sukses Ganjar, Dapat Restu Jokowi

Walau demikian, harta ini dilaporkan pada 2015 silam. Saat pengecekan dilakukan kembali, tidak ada update harta terbaru. 

Baca Juga:   BCA Jadi Bank Paling Dipercaya Nasabah se-Dunia

Gibran Dikabarkan Masuk Tim Pemenangan Ganjar

Bukan hanya Andi Widjajanto, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka juga dikabarkan bakal bergabung dalam tim pemenangan Ganjar Pranowo.  

Saat ditanya nasib Gibran Rakabuming Raka yang disebut masih akan berkonsultasi dengan keluarganya sebelum bergabung dengan TPN GP, Ganjar hanya menjawab secara diplomatis.

“Mereka punya hak pribadi dalam berdemokrasi,” tuturnya.

Sebelumnya, Gubernur Lemhanas Andi Widjajanto resmi ditunjuk menjadi Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPN GP). Ia pun menjelaskan mengenai tugas di posisi barunya tersebut.

“Deputi Politik 5.0 pada dasarnya menjadi dapur think tank dari TPN, ini penugasan langsung dari Pak Arsjad, di mana nanti kami sudah menyiapkan pangkalan data,” kata Andi di sela-sela rapat TPN GP di Gedung High End MNC, Jakarta, Rabu (11/10/2023).

Ia mengatakan, dalam pangkalan data tersebut di dalamnya ada proyeksi-proyeksi untuk pemenangan ke depan.

“Kami juga harus menangkap algoritma-algoritma dengan memanfaatkan big data analisis, machine learning, artificial intellegence untuk memproyeksi isu-isu strategis yang tepat untuk dibawakan oleh kandidat, oleh tim kampanye,” ungkapnya.

Demikian penjelasan seputar harta kekayaan Andi Widjajanto, Gubernur Lemhanas yang diberi lampu hijau Jokowi untuk jadi TPN Ganjar .

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Related Articles

Back to top button