Bisnis

Kebakaran Museum Nasional Diperkirakan Rusak Sejumlah Koleksi ‘Mahal’

LiveNews – Baru-baru ini, Museum Nasional mengalami kebakaran hebat. Para pecinta sejarah pun khawatir mengenai kondisi barang-barang bersejarah di dalamnya. Lantas, Museum Nasional berisi apa saja dan perkiraan kerugiaannya berapa? Berikut ulasannya.

Museum Nasional atau yang dikenal juga dengan nama Museum Gajah merupakan museum breisi barang-barang bersejarah yang berada di Jl Medan Merdeka Barat Gambir, Jakarta Pusat.

Pada Sabtu (16/9/2023) malam, terjadi kebakaran di Museum Nasioanal. Imbas kebakaran tersebut, Museum Nasional untuk sementara ditutup untuk umum. Dikabarkan juga bahwa ada banyak barang bersejarah yang ludes terbakar.

Hal ini pun kemudian memunculkan pertanyaan, Museum Nasional berisi apa saja dan berapa perkiraan kerugiaan akibat kebakaran tersebut? Nah untuk mengetahuinya, simak ulasannya berikut ini yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga:PJ Gubernur Jateng Minta Bantuan BNPB untuk Padamkan Kebakaran TPA Putri Cempo

Dilansir dari situs resmi Museum Nasional  museumnasional.or.id, benda-benda bersejarah di yang tersimpan di Museum Nasional ada lebih dari 190.000. Adapun benda-benda bersejarah tersebut terdiri dari berbagai jenis koleksi yakni sebagai berikut:

– Prasejarah

– Arkeologi

– Masa klasik (Hindu–Budha)

– Numismatik

Baca Juga:Gibran dan PJ Gubernur Jateng Tinjau Kebakaran TPA Putri Cempo

– Heraldik; keramik; etnografi

Baca Juga:   Jakarta Jadi Daerah Khusus saat Ibu Kota Resmi Pindah, Ini Penjelasannya

Related Articles

Back to top button