Hiburan

Kemendikbudristek dukung penuh film KHD

Jakarta (LiveNews) – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan dukungan penuh terhadap produksi film yang mengangkat sosok Ki Hadjar Dewantara, bapak pendidikan Indonesia.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media Baru Kemendikbudristek Ahmad Mahendra menegaskan komitmen pemerintah dalam mendukung upaya-upaya budaya dan pendidikan di Indonesia.

“Ki Hadjar Dewantara adalah sosok penting bagi pendidikan Indonesia. Sudah saatnya kita hidupkan semangat belajar merdeka dalam dunia pendidikan, serta memberikan gambaran yang jelas tentang kontribusi besar beliau bagi bangsa Indonesia,” kata Ahmad Mahendra saat menghadiri Exclusive Media Gathering Film Project Announcement “KHD” di Gedung Kemendikbud Ristek, Jakarta, Senin.

Film berjudul “KHD” tersebut diharapkan dapat membawa pesan yang mengingatkan kembali makna kebebasan berpikir, belajar, dan berdaya dalam nilai-nilai kemanusiaan yang dipegang teguh oleh Ki Hadjar Dewantara.

Baca juga: Maudy Ayunda debut sebagai Produser Film KHD

Baca juga: Film KHD angkat kisah hidup pahlawan pendidikan

Menurut Ahmad Mahendra, momen pembuatan film KHD menjadi sangat penting, karena saat ini Indonesia membutuhkan pengetahuan bagaimana sosok Ki Hadjar Dewantara hadir dalam kehidupan, terlebih “Tut wuri handayani” sudah menjadi kata-kata yang melekat sejak kecil dan memberikan dorongan serta semangat.

Kemendikbudristek merasa berkewajiban untuk mendukung produksi film ini, terutama dalam hal riset dan perkembangan narasi, serta menjaga nilai-nilai yang terkandung dalam film ini menjadi sangat penting bagi kementerian.

“Tidak ada alasan untuk menolak bahkan harus mendukung soal film, apalagi KHD adalah bapak pendidikan Indonesia dan ini kami Kemendikbudristek berkewajiban untuk mendukung terutama dalam hal riset dan perkembangan narasi. Itu menjadi sangat penting, karena kita juga berurusan soal itu, dan untuk menjaga nilai-nilai yang ada dalam film ini,” ujarnya.

Baca Juga:   Festival Multietnis di Museum Adityawarman Padang

Ahmad Mahendra berharap agar produksi film ini berjalan dengan lancar, sehingga nantinya dapat ditonton bersama. Dengan dukungan penuh dari Kemendikbudristek, diharapkan film ini dapat memberikan kontribusi yang besar dalam menginspirasi generasi muda Indonesia.

Baca juga: Kemendikbudristek perkuat lulusan perfilman untuk terserap ke industri

Baca juga: Kemendikbudristek: Antusiasme sineas di “Layar Indonesiana” meningkat

Baca juga: Kemendikbudristek: ‘Layar Indonesiana’ untuk regenerasi sineas muda

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Zita Meirina
Copyright © LiveNews 2024

Related Articles

Back to top button