Tekno

Keren! Pemenang Kompetisi Apple Asal Indonesia Ini Bertemu Langsung dengan Tim Cook

Foto: Apple

LiveNews – Nadya Tyandara, salah satu developer muda asal Indonesia pemenang Swift Student Challenge berkesempatan bertemu dan menunjukkan aplikasi buatannya pada CEO Apple Tim Cook jelang dimulainya Worldwide Developers Conference (WWDC).

“Saya memiliki waktu yang luar biasa bisa bertemu pengembang di Indonesia ketika saya berkunjung awal tahun ini, dan Nadya mencontohkan semangat dan kecerdikan yang dibawa komunitas ini ke pekerjaan mereka,” ujar Tim, dikutip dari Detikinet, (10/06/2024).

Aplikasi buatan Nadya bernama Circuit Craze. Aplikasi ini akan mengundang pemain untuk membantu karakter utama dalam belajar seri dan sirkuit pararel secara interaktif. Saat menunjukkannya pada Cook, bos Apple tersebut mengapresiasi aplikasi karya Nadya dan tidak sabar melihat hal yang akan Nadya lakukan.

“Dia (Nadya) menciptakan aplikasi iPad yang luar biasa yang membuatnya mudah, menarik, dan menyenangkan untuk mempelajari keterampilan yang berharga – dan dia adalah bagian dari generasi pengembang baru yang luar biasa yang sudah memberikan kontribusi penting bagi komunitas mereka. Senang bertemu dengannya, dan aku tidak sabar untuk melihat apa yang dia lakukan selanjutnya,” lanjutnya.

Baca Juga: Tim RI Juarai ICT Competition Asia Pasific di Huawei, Kalahkan 6.400 Lebih Peserta

Nadya Tyandara adalah mahasiswa Ilmu Komputer di Binus University. Dia telah bergabung ke Apple Developer Academy sejak tahun 2023 dan mengikuti kompetisi Swift Student Challenge pertamanya tahun ini. 

Sebelumnya, Nadya bersama timnya telah berhasil mengembangkan aplikasi lain bernama ‘Tiati’. Aplikasi ini mengintegrasi IoT ke Apple Watch yang dapat memberikan peringatan kepada pengemudi jika mereka mulai mengantuk ketika mengemudi. Saat ini aplikasi tersebut telah tersedia untuk diunduh di App Store.

Hanya 50 Pemenang Terpilih

Foto: Apple

Baca Juga:   Kominfo Siapkan Regulasi Penggunaan Teknologi AI, Ini Tujuannya

Setiap tahun, Apple mengadakan Swift Student Challenge dan memilih 350 peserta sebagai pemenang. Khusus tahun ini, 50 pemenang terpilih akan memiliki akses ke pengalaman WWDC khusus di Apple Park. Nadya adalah salah satu dari 50 pemenang tersebut. Keren ya!

Swift Student Challenge sendiri adalah kompetisi yang dibuat oleh Apple untuk para anak muda yang tertarik dengan pengembangan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Swift. Dalam kompetisi ini, para peserta diminta untuk membuat proyek kreatif menggunakan Swift Playgrounds, sebuah aplikasi yang memungkinkan eksperimen dan pembuatan aplikasi dengan bahasa Swift.

Apakah Anda tertarik mengikuti Swift Student Challenge? Akses informasinya di sini

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

(kar)

Related Articles

Back to top button