Tekno

Keren! Startup Inggris Ciptakan Tameng Tak Terllihat ala Film Harry Potter

Sumber: ndtv.com

LiveNews – Sebuah startup di Inggris berhasil menciptakan apa yang mereka sebuat sebagai Invisibility Shield (tameng tak terlihat) ala film Harry Potter. Dalam dunia Harry Potter, kita semua akrab dengan adegan di mana para penyihir menggunakan “Invisibility Cloak” (mantel tak terlihat) untuk menyembunyikan diri mereka dari mata manusia. Dan, perusahaan bernama ‘NotReallyThere Ltd.,’  yang berbasis di London, kini sedang menghadirkan teknologi yang sangat mirip dengan itu ke dalam dunia nyata. 

Mereka telah menggabungkan prinsip optik dan teknologi canggih untuk menciptakan alat yang memanfaatkan cahaya dan proyeksi untuk menciptakan ilusi yang mengubah pandangan orang terhadap pengguna, membuat mereka tampak menghilang dari pandangan. 

Konsep temang tak terlihat ini telah menarik perhatian banyak orang sejak pertama kali diumumkan. Banyak yang membandingkannya dengan teknologi fiksi ilmiah, dan banyak yang menyebutnya sebagai perwujudan nyata dari mimpi masa kecil. Namun, teknologi ini jelas memiliki potensi yang lebih luas daripada sekadar memenuhi keinginan untuk bermain-main seperti dalam cerita Harry Potter. 

Lebih Dalam Tentang Teknologi Tameng Tak Terlihat

Perangkat ini menggunakan serangkaian sensor dan kamera yang dipasang di sekitar pengguna untuk melacak lingkungan sekitarnya secara real-time. Data yang dikumpulkan oleh sensor tersebut kemudian diproses oleh perangkat lunak khusus yang menghasilkan gambaran lingkungan tersebut. 

Salah satu komponen penting adalah metamaterial, bahan yang direkayasa secara khusus untuk memanipulasi cahaya dengan cara yang tidak dimungkinkan oleh material alami. Dalam kasus ini, metamaterial digunakan untuk membelokkan dan memantulkan cahaya di sekitar pengguna, menciptakan ilusi bahwa mereka tidak terlihat.

Selain metamaterial, teknologi ini juga memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk memproses data sensor secara real-time dan menghasilkan proyeksi cahaya yang tepat. Algoritma AI yang kompleks ini mampu menganalisis lingkungan sekitar pengguna, termasuk objek, orang, dan kondisi pencahayaan, dan kemudian menyesuaikan proyeksi cahaya agar sesuai dengan situasi tersebut. Hal ini memungkinkan tameng tak terlihat untuk bekerja secara efektif di berbagai kondisi, bahkan di lingkungan yang dinamis dan kompleks.

Baca Juga:   Fitur Baru Google Chrome : Kini Bisa Deteksi Kesalahan Ketik URL

Tak hanya itu, teknologi ini mampu untuk beradaptasi dengan berbagai situasi lingkungan. Misalnya, jika pengguna bergerak di sekitar objek lain atau melalui berbagai tingkat pencahayaan, algoritma cerdas di balik perangkat ini dapat menyesuaikan proyeksi cahaya untuk menjaga konsistensi ilusi. 

Potensi dan Aplikasi yang Luas

Potensi aplikasi teknologi tameng tak terlihat ini sangatlah luas dan melampaui batas imajinasi. Berikut adalah beberapa contoh potensi penerapannya:

  • Militer: Tameng tak terlihat dapat digunakan untuk menyembunyikan pasukan, kendaraan, atau aset penting lainnya dari pandangan musuh, memberikan keuntungan taktis yang signifikan dalam peperangan.

  • Keamanan: Teknologi ini dapat digunakan untuk melindungi individu atau properti dari penjahat atau mata-mata, meningkatkan keamanan pribadi dan aset berharga.
  • Hiburan: Tameng tak terlihat dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman realitas virtual dan augmented reality yang imersif, memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan dunia virtual dengan cara yang lebih realistis dan menarik.
  • Medis: Teknologi ini dapat digunakan untuk mengembangkan prosedur medis yang lebih minim invasif, memungkinkan dokter untuk melihat dan mengoperasi bagian tubuh yang sulit diakses dengan cara yang lebih aman dan akurat.
  • Fashion: Tameng tak terlihat dapat digunakan untuk menciptakan pakaian yang dapat berubah penampilan atau kamuflase, memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan penampilan mereka sesuai dengan situasi atau keinginan.

Pertimbangan Etis dan Tantangan Masa Depan

Namun, seperti halnya dengan setiap teknologi baru, ada juga beberapa pertimbangan etis yang perlu dipertimbangkan. Penggunaan tameng tak terlihat ini dapat memunculkan kekhawatiran tentang privasi dan penyalahgunaan, terutama jika digunakan untuk tujuan yang tidak bermoral atau ilegal. Adapun implikasi dari kemunculan teknologi, seperti: 

  • Privasi: Kemampuan untuk menyembunyikan diri dari pandangan dapat disalahgunakan untuk tujuan ilegal atau tidak etis, seperti pengintaian atau pelanggaran privasi.

  • Penyalahgunaan: Teknologi ini dapat digunakan oleh individu atau kelompok jahat untuk melakukan tindakan kriminal atau terorisme, menimbulkan risiko keamanan yang signifikan.
  • Kesetaraan: Akses ke teknologi ini dapat memperburuk kesenjangan sosial dan ekonomi, memberikan keuntungan yang tidak adil bagi mereka yang mampu membelinya.

Penting untuk mengembangkan pedoman dan peraturan yang jelas untuk penggunaan teknologi ini, memastikan bahwa digunakan secara bertanggung jawab dan etis. Selain itu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengatasi tantangan teknis yang tersisa, seperti meningkatkan efisiensi energi dan mengurangi latensi proyeksi.

Teknologi tameng tak terlihat menandakan era baru dalam kemampuan kita untuk memanipulasi realitas dan berinteraksi dengan dunia di sekitar kita. Dengan potensi yang luas untuk berbagai aplikasi, teknologi ini memiliki kekuatan untuk mengubah banyak aspek kehidupan kita.

Namun, penting untuk mempertimbangkan implikasi etis dan tantangan yang terkait dengan pengembangan dan penggunaannya. Dengan pendekatan yang bertanggung jawab dan bijaksana, teknologi ini dapat digunakan untuk meningkatkan kehidupan kita dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Baca Berita dan Artikel lain di Google News. 

(bmm)

Baca Juga:   Meta AI Akan Ramaikan WhatsApp dan Instagram di Berbagai Negara, Ada Indonesia?

Related Articles

Back to top button