Tekno

Kominfo Hadirkan Platform Pusat Layanan Informasi Pemerintah

Foto: Viva

LiveNews- Pada Rabu, 23 Agustus 2023 Kementerian Kominfo baru saja mengadakan perilisan sebuah layanan pusat portal informasi milik pemerintah bagi masyarakat. Hal ini dilakukan untuk menunjukan komitmennya akan mewujudkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) yang membahas mengenai penyedian akses informasi yang luas, terbuka, dan bertanggung jawab bagi seluruh lapisan masyarakat. 

Kementerian Kominfo Mengintegrasikan Lebih Dari 27 Portal Layanan Pemerintah

Ilustrasi

Ilustrasi perilisan info.go.id. Foto: Kominfojatim

Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kemenkominfo baru saja meluncurkan Portal Layanan Informasi Publik yang diberi nama info.go.id. Portal Layanan Informasi Publik ini nantinya akan memberikan akses  yang lebih mudah dan cepat bagi masyarakat dalam memberikan informasi yang dibutuhkan. 

Usman Kansong selaku Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo mengungkapkan bahwa melalui situs info.go.id, pihaknya mencoba untuk mengatasi hambatan geografis dalam penyebaran informasi dan memastikan bahwa informasi penting dapat diakses oleh semua orang dimanapun mereka berada. 

Pada saat ini terdapat 27.400 platform milik kementrian, lembaga dan pemerintah pusat maupun daerah. Sejumlah platform tersebut pada awalnya tidak terintegrasikan satu sama lain. Hal ini menyebabkan munculnya potensi terjadinya tumpang tindih antar paltform. Selain itu, layanan yang tidak terintegrasi juga dapat menyebabkan masyarakat kebingungan dalam mencari informasi bersumber resmi. 

Dengan kehadiran info.go.id, seluruh paltform milik kementrian, lembaga maupun pemerintah akan diintegrasikan dalam satu platform yang sama. Dengan kata lain info.go.id, merupakan sebuah wadah pencarian informasi resmi yang membantu masyarakat dalam mengakses informasi yang akurat. 

Paltform ini juga akan menyedikan berbagai fitur yang memungkinkan masyarakat untuk mencari berita terkini, peraturan terbaru, acara penting yang akan diadakan, hingga layanan publik yang tersedia pada suatu daerah. Informasi yang didapatkan dijamin akurat karena bersumber langsung dari badan publik. Informasi ini bersumber dari lembaga atau pemerintah pusat maupun daerah. 

Baca Juga:   Ini Dia, Cara Mengatur Layar iPhone Sesuai Kebutuhan

Pada kesempatan yang sama Budi Arie Setiadi selaku Menteri Komunikasi dan Informatika mengungkapkan bahwa dengan hadirnya one stop service public information, masyarakat tidak perlu kesulitan dalam mencari informasi pada setiap badan publik negara. 

Baca Juga : Kominfo Siapkan Regulasi Penggunaan Teknologi AI, Ini Tujuannya

Budi juga meminta pengelola platform ini untuk terus mempelajari, melakukan inovasi, dan membenahi paltfom info.go.id. Hal ini perlu dilakukan dengan tujuan memberikan sistem dan layanan resmi penyedia informasi terbaik dan terintegrasi bagi masyarakat di masa depan. 

Budi mengungkapkan bahwa, “Salah satu benchmark yang layak menjadi rujukan adalah foia.gov. Aplikasi portal terpusat untuk menyampaikan permintaan Informasi publik ke seluruh badan publik. Saya rasa ada banyak fitur layanan yang dapat dipelajari dari foia.gov milik pemerintah Amerika Serikat,”. 

Tujuan Kehadiran Platform info.go.id

Ilustrasi perilisan info.go.id. Foto: Kominfo

Sebelumnya Budi Arie Setiadi selau Mentri Komunikasi dan Informatika menyatakan bahwa keterbukaan dan transparasi adalah prasyarat utama dalam membangun akuntabilitas dan kepercayaan masyarakat. Mengikuti pernyataan tersebut, Kementrian Kominfo berusaha untuk memberikan dukungan penuh akan pelaksanaan keterbukaan informasi publik di setiap badan publik kementrian, lembaga dan pemerintah pusat maupun daerah. 

Peluncuran Layanan Informasi Publik info.go.id menjadi langkah awal dalam mewujudkan layanan digital informasi publik yang lebih mudah dikases oleh masyarakat. Melalui langkah ini, Kemenkominfo berusaha mengoptimalkan pusat layanan informasi dalam satu aplikasi atau platform.

Peluncuran situs layanan informasi publik ini juga merupakan salah satu langkah yang dilakukan pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang lebih terinformasi, insklusif, dan partisipatif.  Usman sendiri mengungkapkan bahwa dengan layanan ini, semua informasi akan lebih mudah dikases dalam genggaman tangan, kapanpun informasi tersebut dibutuhkan. 

Baca Juga:   Mobil Belum Lulus Uji Emisi Kini Mulai Dikenakan Tarif Parkir Termahal

Kofi Annan sediri selaku Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa mengakui bahwa pengetahuan akan informasi memainkan peranan yang penting dalam keberhasilan dan kemajuan sebuah masyarakat. Oleh karena itu, kehadiran layanan ini diharapkan dapat membantu memajukan pengetahuan masyarakat akan informasi atau berita terkini. 

Seberapa Penting Kehadiran Pusat Layanan Informasi Pemerintah

Ilustrasi

Ilustrasi perilisan info.go.id. Foto: Kominfokaltim

Pusat layanan informasi lembaga dan instansi pemerintah sangatlah penting dimiliki oleh suatu negara. Melalui layanan tersebut, masyarakat dapat secara mudah mendapat informasi penting akan kebijakan maupun layanan pemerintahan. Selain itu, pusat layanan informasi milik pemerintah juga menunjukan keseriusan pemerintah dalam menunjukan transparansi akan informasi dan kinerja yang dilakukan. 

Tidak hanya sebagai bentuk pelayanan publik, pusat layanan informasi pemerintah  dapat mengatasi ketidaksetaraan informasi yang terjadi dalam masyarakat. Dimana informasi akan tersedia bagi semua lapisan masyarakat dalam satu platform yang sama. Ketika informasi yang didapatkan oleh masyarakat mencapai jumlah yang sama, pemerintah juga akan lebih mudah dalam memberikan petunjuk bagi masyarakat ketika situasi krisis atau darurat terjadi. 

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(ras)

Related Articles

Back to top button