Nasional

Kronologi Pelecehan Seksual Miss Universe Indonesia 2023 Versi Polisi, Body Checking Bugil Tak Masuk Rundown

LiveNews – Polisi kini turut mengusut laporan pelechan seksual yang diduga dilakukan oleh fotografer Miss Universe Indonesia 2023. 

Dugaan tersebut bermula dari laporan sejumlah finalis Miss Universe Indonesia 2023 yang mengaku dipaksa foto bugil dan memamerkan area kewanitaan mereka.

Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya kini turut mengungkap kronologi pelecehan seksual Miss Universe Indonesia 2023 versi polisi.

Polda Metro Jaya: Peserta dipaksa foto bugil

Baca Juga:Sejarah Miss Universe Sejak 1974: Baru Kali Ini Ada Sesi Foto Bugil, Sesuai SOP?

Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Hengki Haryadi melalui kronologi yang ia peroleh membenarkan bahwa finalis dipaksa foto bugil dan mendapat beberapa bentuk pelecehan seksual lainnya.

“Para korban ini merasa dipaksa untuk melepas bajunya kemudian difoto (dalam kondisi bugil) dan sebagainya,” kata Hengki dalam konferensi pers, Jakarta, Jumat (11/8/2023).

Kejadian tersebut terjadi pada awal bulan ini alias Agustus 2023. Seorang panitia penyelenggara yang bertugas sebagai fotografer memaksa para finalis untuk menanggalkan seluruh pakaian mereka.

Sosok fotografer tersebut berdalih memeriksa tubuh para finalis melalui body checking.

Hengki juga turut membenarkan bahwa body checking telanjang tak masuk ke dalam rundown alias pedoman rangkaian acara.

Baca Juga:Bejat! Viral Pedagang Keliling Diduga Lakukan Pelecehan ke Anak SD, Aksinya Terekam CCTV

“Dalam laporan tersebut disampaikan bahwa kejadian pada tanggal 1 Agustus (2023) yang lalu di mana para finalis Miss Universe ini dikarantina selama 2 minggu di TKP salah satu hotel. Kemudian tiba-tiba dilakukan body checking yang sebenarnya itu tidak ada dalam rundown-nya,” ungkapnya. 

Pengacara para finalis, Mellisa Anggraini mengungkap sudah ada 8 finalis yang kompak melaporkan hal yang sama yakni pelecehan seksual oleh oknum panitia.

Baca Juga:   Modus Gagal Kawanan Begal Gasak Mobil Losbak, Pura-pura Menumpang Lalu Tertangkap Warga Di Kebon Jeruk

“Sudah 8 (finalis Miss Universe Indonesia 2023 ikut melapor) kalau enggak salah, dan masih terus bertambah,” ungkap Mellisa saat ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Kamis (10/8/2023).

Kronologi pelecehan seksual versi korban

Kronologi yang dipaparkan oleh Hengki senada dengan yang dilaporkan oleh para korban.

Salah satu perwakilan finalis, LN kini diundang ke siniar Deddy Corbuzier untuk mengungkap kronologi kejadian.

LN mengaku peserta dipaksa bugil oleh seorang fotografer yang terkenal galak.

Bahkan, LN dipaksa untuk melepaskan pelindung payudaranya sehingga terekspos penuh.

“Dia terkenal galak, jadi semua finalis segan. saat itu saya buka busana saya, dan saya masih menggunakan silikon bra (nipple pad/penutup puting payudara, red) terus dia bilang ‘buka’,” kata LN, (11/8/2032).

LN juga mengungkap sosok fotografer tersebut juga memaksa melihat area kemaluannya untuk memeriksa apakah sudah dicukur atau belum.

“Dia mengecek udah shaving (cukur) belum ke area miss v saya,” ujar LN.

Kontributor : Armand Ilham

Related Articles

Back to top button