Tekno

Lenovo Pamer Laptop dengan Layar Transparan ThinkBook Transparent Display di MWC 2024

Foto: Mashable

LiveNews – Lenovo, salah satu vendor laptop ternama, telah memperkenalkan konsep terbarunya yang revolusioner dalam acara Mobile World Congress (MWC) 2024 di Barcelona, Spanyol. Kali ini, Lenovo menghadirkan ThinkBook Transparent Display, sebuah laptop dengan layar transparan yang menarik perhatian.

Di ajang MWC tahun sebelumnya, Lenovo telah memperlihatkan konsep laptop dengan layar yang dapat digulung. Namun, pada tahun ini, fokusnya adalah pada layar yang transparan. ThinkBook Transparent Display memiliki layar berukuran 17,3 inci yang memanfaatkan panel MicroLED tanpa bezel, yang membuatnya tampak minimalis dan modern.

Salah satu fitur utama dari ThinkBook Transparent Display adalah kemampuan layarnya untuk menjadi bening dan tembus pandang hingga 55 persen saat pikselnya dimatikan. Namun, ketika pikselnya menyala, layar tersebut menampilkan gambar dengan kecerahan yang luar biasa, mencapai puncak 1.000 nits. Ini memungkinkan pengguna untuk melihat konten di layar dengan jelas sambil sedikit melihat apa yang ada di belakang layar.

Foto: XDA Developers

Yang menarik, ThinkBook Transparent Display tidak memiliki keyboard fisik. Sebagai gantinya, ia menggunakan panel layar sentuh yang menampilkan keyboard virtual. Panel ini juga mendukung penggunaan stylus, memungkinkan pengguna untuk menggambar dan membuat sketsa secara langsung di layar.

Lenovo melihat potensi besar bagi seniman digital dengan laptop ini, karena mereka dapat membuat karya seni sambil melihat objek asli melalui layar transparan.

Selain itu, laptop ini dilengkapi dengan fitur kecerdasan buatan (AI) yang terintegrasi dengan webcam. Hal ini memungkinkan laptop untuk mengenali objek di sekitarnya dan memberikan informasi yang relevan kepada pengguna. Misalnya, laptop dapat menerjemahkan teks dalam bahasa asing secara real-time ketika webcam diarahkan ke menu kafe.

Baca juga: Inovatif! Lenovo Rilis Konsep Keyboard dan Mouse Kombinasi Tenaga Surya dan Mekanik

Direktur Eksekutif Divisi Manajemen Produk Global Lenovo, Tom Butler, menjelaskan bahwa dengan kemajuan augmented reality (AR) dan teknologi digital, perangkat seperti ThinkBook Transparent Display menjadi semakin penting dalam memenuhi kebutuhan interaksi manusia-mesin yang berkembang di berbagai industri.

Baca Juga:   Video Musik Terbaru dari Band Folk Indonesia Amvvra Pakai Teknologi AI

Meskipun Lenovo belum memiliki rencana untuk merilis ThinkBook Transparent Display sebagai produk konsumen saat ini, mereka yakin bahwa teknologi layar transparan akan menjadi tren dalam lima tahun ke depan. Lenovo bukanlah satu-satunya perusahaan yang bereksperimen dengan layar transparan, tetapi mereka berada di barisan terdepan dalam menghadirkan inovasi ini ke pasar.

Kemajuan teknologi layar transparan juga terlihat dari upaya beberapa perusahaan lain, seperti Samsung dan LG, yang telah memperkenalkan konsep serupa dalam beberapa tahun terakhir. Dengan adanya minat yang meningkat dan kemungkinan penggunaan yang luas, masa depan teknologi layar transparan terlihat cerah dalam membawa integrasi antara dunia nyata dan virtual menjadi lebih dekat dalam perangkat komputasi sehari-hari.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(dwk)

Related Articles

Back to top button