Tekno

Memahami Tokenomik dalam Dunia Cryptocurrency

Sumber: Unsplash

Dalam dunia kripto, mungkin kamu pernah mendengar bahwa mempelajari ‘tokenomics’ atau tokenomik itu penting. Namun, apakah kamu tahu bagaimana cara membaca tokenomik dan mengapa tokenomik itu penting? Artikel ini akan memberikan panduan lengkap mengenai pengertian tokenomik, mengapa penting, dan cara mengevaluasi tokenomik yang baik.

Apa itu Tokenomik?

Tokenomik, singkatan dari “token” dan “ekonomi,” adalah ilmu yang mempelajari elemen-elemen yang menjadikan aset kripto bernilai. Ilmu ini menggambarkan hubungan antara pasokan aset (assets supply), tingkat inflasi (inflation rate), distribusi (distribution), serta utilitas dan keterjangkauan (utility and accessibility) untuk menganalisa serta memprediksi keberhasilan suatu aset kripto. Semua faktor ini berperan dalam membentuk daya tarik suatu cryptocurrency.

Dalam pengambilan keputusan investasi, pemahaman tentang tokenomik sangatlah penting. Proyek-proyek yang mampu merancang insentif dengan bijak dan memiliki dasar token yang kuat cenderung memiliki masa hidup yang lebih panjang dan kinerja yang lebih baik daripada yang tidak membangun ekosistem yang berkelanjutan. Proyek-proyek yang solid seringkali menarik minat investor baru, yang pada akhirnya dapat meningkatkan nilai token tersebut.

Unsur-Unsur Tokenomik

Di dalam dunia kripto yang terus berkembang, terdapat beragam elemen yang bekerja bersama-sama untuk membentuk ekonomi proyek kripto. Sebagai seorang investor atau penggemar kripto, memiliki pemahaman terhadap elemen-elemen tersebut dapat membantu mengidentifikasi proyek-proyek yang berpotensi serta mengurangi risiko. Berikut adalah unsur-unsur yang membentuk dasar tokenomik:

  • Utilitas Token: Elemen penting dalam tokenomik adalah utilitas token, yaitu apakah token tersebut memiliki kegunaan nyata atau solusi konkret yang memberikan nilai tambah. Token yang memiliki utilitas yang kuat memiliki potensi untuk menjadi aset yang lebih bernilai.
  • Pasokan Token: Setiap tokenomik harus memberikan gambaran yang detail dan jelas mengenai pasokan token, termasuk total pasokan token, jumlah yang beredar di pasar saat ini, dan jumlah maksimal yang akan dikeluarkan ke publik. Informasi ini sangat penting karena dapat mempengaruhi stabilitas dan nilai token di pasar.
  • Alokasi dan Distribusi Token: Tokenomik biasanya mencakup empat kategori alokasi, yaitu penjualan publik, komunitas, tim inti dan investor awal, serta dana hibah dan penghargaan. Memahami bagaimana token didistribusikan di antara berbagai pihak pemangku kepentingan dapat memberikan gambaran tentang tingkat desentralisasi proyek.
  • Periode Penguncian: Periode penguncian ini mengacu pada berapa lama pemegang token awal, seperti tim inti dan investor awal, harus menahan token mereka sebelum dapat menjualnya. Ini adalah langkah untuk melindungi investor umum dari skema manipulatif seperti “pump and dump.”
  • Mekanisme Pembakaran Token: Untuk mengendalikan inflasi, mekanisme pembakaran token diperlukan. Ini berarti beberapa token akan dihapus secara permanen dari sirkulasi, yang dapat meningkatkan nilai token yang tersisa. Mekanisme ini adalah langkah kunci dalam menjaga stabilitas ekonomi token.
  • Mekanisme Konsensus: Aturan yang mengatur bagaimana transaksi diverifikasi dan bagaimana token baru diciptakan. Ini adalah bagian penting dalam menentukan bagaimana sebuah token memberikan insentif kepada para partisipan dalam ekosistemnya. Ini juga mempengaruhi keamanan dan efisiensi jaringan.
Baca Juga:   Terancam Dilarang Jualan di Medsos, TikTok Buka Suara

Mengapa Tokenomik Crypto Penting?

Tokenomik adalah unsur krusial dalam ekosistem kripto karena dapat membentuk fondasi yang kokoh untuk kelangsungan jangka panjang. Selain itu, dapat mengedukasi pengguna dengan memberikan landasan untuk riset sebelum berinvestasi. Tokenomik memberikan pemahaman awal tentang nilai dan tujuan proyek, memungkinkan keputusan investasi yang terinformasi. Berikut merupakan beberapa alasan penting tokenomik lainnya:

  1. Membangun Kepercayaan: Tokenomik yang kuat dan transparan membantu membangun kepercayaan dalam komunitas kripto. Ketika pemegang token tahu bagaimana manajemen token dilakukan dan bagaimana kebijakan ekonomi token dijalankan, mereka lebih condong untuk berinvestasi dan aktif berpartisipasi dalam proyek.
  2. Pertumbuhan Nilai Jangka Panjang: Tokenomik yang baik mendukung pertumbuhan nilai token dalam jangka panjang. Ini menciptakan dorongan bagi pemegang token untuk mempertahankan aset mereka daripada menjualnya dengan cepat, yang pada akhirnya dapat memberikan stabilitas dan pertumbuhan yang lebih konsisten.
  3. Mengendalikan Inflasi: Dalam dunia mata uang kripto, mengendalikan inflasi sangat penting untuk menjaga nilai token. Tokenomik memungkinkan proyek mengatur jumlah token yang diterbitkan dan memastikan penawaran token terkendali.
  4. Penilaian Kinerja Nyata: Tokenomik memungkinkan proyek kripto dievaluasi berdasarkan kinerja dan utilitas kehidupan nyata, bukan hanya berdasarkan fluktuasi harga di bursa kripto. Ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada investor tentang nilai proyek.
  5. Kesesuaian dengan Tren Industri: Tokenomik yang disusun dengan matang dapat memberikan kemudahan serta keuntungan bagi seluruh peserta ekosistem. Tokenomik yang baik dapat memastikan proyek dijalankan selaras dengan kepentingan konsumen, pengembang, investor, dan pemangku kepentingan lainnya. Penyelarasan ini mendorong keterlibatan, kolaborasi, dan penciptaan nilai jangka panjang.

Bagaimana Cara Menilai Tokenomik yang Baik?

Memahami Tokenomik dalam Dunia Cryptocurrency

Sumber: Freepik

Dalam dunia cryptocurrency yang terus berkembang, tokenomik menjadi inti dari setiap proyek yang solid. Oleh karena itu, pemahaman tentang karakteristik utama dalam tokenomik menjadi penting. Semua elemen ini berkolaborasi untuk membentuk dasar ekonomi proyek kripto yang kokoh. Sebagai investor atau pengamat kripto, memahami pentingnya karakteristik-karakteristik ini dapat membantu mengidentifikasi proyek-proyek yang berpotensi dan memiliki peluang di pasar yang penuh persaingan. Karakteristik-karakteristik tokenomik yaitu:

  • Kegunaan yang Beragam: Ini berarti token harus dapat digunakan untuk berbagai tujuan yang berbeda, meningkatkan nilai ekosistem secara keseluruhan. Artinya, token memiliki lebih dari satu peran dan bisa digunakan dalam berbagai situasi yang berbeda, menjadikannya aset yang lebih berharga bagi pemegangnya.
  • Pembuatan Permintaan: Token yang sukses harus memiliki mekanisme yang mampu menciptakan permintaan terhadap token tersebut. Ini berarti token harus didesain untuk memperoleh nilai dari adopsi dan penggunaan platform, produk, atau game yang terkait dengan proyek tersebut. Mekanisme ini penting untuk menjaga agar nilai token terus meningkat seiring dengan pertumbuhan ekosistem proyek.
  • Skalabilitas: Skalabilitas adalah faktor kunci dalam tokenomik yang berkualitas. Ekosistem harus mampu mendukung transaksi token yang cepat dan bervolume tinggi. Tanpa skalabilitas yang memadai, proyek kripto dapat menghadapi kendala dalam mengakomodasi pertumbuhan pengguna dan perdagangan token.
  • Likuiditas: Menjaga likuiditas yang memadai adalah aspek penting dalam tokenomik. Ini berarti token harus dapat dengan mudah diperdagangkan di berbagai pasangan mata uang kripto dan bursa. Likuiditas yang tinggi membuatnya lebih mudah bagi pemegang token untuk membeli atau menjual aset mereka tanpa kesulitan.
  • Motivasi:  Last but not least, token harus memberikan insentif kepada pengguna untuk mengadopsi dan menggunakan mereka. Ini bisa berupa insentif yang mendorong pengguna untuk terlibat aktif dalam ekosistem proyek. Motivasi ini adalah pendorong utama dalam pertumbuhan proyek kripto.
Baca Juga:   Gmail Resmi Luncurkan Fitur Penerjemah Bahasa Versi Mobile

Dalam dunia cryptocurrency yang terus berkembang, memahami tokenomik adalah langkah awal yang penting bagi pemula. Ini akan membantu dalam membuat keputusan investasi yang lebih bijak. Selain itu, pemahaman yang baik juga membantu investor membuat keputusan cerdas, sementara bagi pendiri proyek, ini adalah landasan kesuksesan di dunia cryptocurrency yang penuh persaingan.

Tentang Nusa Finance

Nusa Finance adalah platform Web3 penyedia layanan keuangan terdesentralisasi terlengkap pertama dari Indonesia. Fitur unggulan Nusa adalah pasar pinjaman kripto dimana pengguna dapat meminjamkan dan menjaminkan aset kripto untuk membantu proses trading. Bersama Nusa, fitur Web3 menjadi mudah diakses oleh siapapun dan dimanapun.

Kenali Nusa Finance lebih lanjut

Penjelasan lengkap : Docs Nusa Finance 

Kunjungi website : Nusa Finance 

Bergabung di komunitas : Nusa Finance Indonesia

Referensi

CoinGecko. (2022, August 29). What Is Tokenomics? Understanding Crypto Fundamentals. CoinGecko. Retrieved October 13, 2023, from https://www.coingecko.com/learn/what-is-tokenomics-understanding-crypto-fundamentals

Dirgantara, H. (2023, September 4). Apa itu Tokenomik? Pintu. Retrieved October 13, 2023, from https://pintu.co.id/academy/post/apa-itu-tokenomik#cara-mengevaluasi-nilai-aset-melalui-tokenomik

LCX. (2023, September 25). Concept of Token Emission in DeFi – LCX. LCX Exchange. Retrieved October 13, 2023, from https://www.lcx.com/concept-of-token-emission-in-defi/

Polkastarter. (2022, May 17). What Are Good Tokenomics? Polkastarter Blog. Retrieved October 13, 2023, from https://blog.polkastarter.com/what-are-good-tokenomics/

Quigley, J. L., Gilbert, J., & Le, C. (2023, February 8). What Is Tokenomics? The Investor’s Guide. Blockworks. Retrieved October 13, 2023, from https://blockworks.co/news/what-is-tokenomics

Related Articles

Back to top button