Tekno

Mengenal Apa itu OpenSea dan Cara Mendaftarnya

Ilustrasi OpenSea.

Awal tahun 2022 ini, masyarakat Indonesia dibuat gempar dengan pemberitaan mengenai seorang pemuda yang berhasil meraih untung hingga miliaran Rupiah. Fantastisnya lagi, keuntungan tersebut didapat “hanya” dengan menjual foto dirinya (selfie).

Usut punya usut, ternyata selfie yang dijual tersebut bukanlah foto biasa, melainkan NFT atau Non-Fungible Token. NFT bertajuk Ghozali Everyday tersebut memang mampu meraih keuntungan hingga miliaran Rupiah.

Sultan Gustaf Al Ghozali yang menggagas NFT Ghozali Everyday tersebut ternyata menjual karya NFT-nya melalui sebuah platform marketplace yang disebut OpenSea. Nah, apa itu OpenSea? Untuk mengetahui jawabannya, simak dalam artikel ini, ya!

Apa itu OpenSea?

OpenSea adalah platform marketplace yang khusus untuk memperjualbelikan karya NFT. Platform ini tidak terbatas pada negara. Itu berarti, ada peluang karya Anda akan dilirik oleh orang lain di luar Indonesia. Otomatis, karya Anda pun akan semakin dikenal luas.

OpenSea sendiri berbasis di Amerika Serikat, tepatnya di New York City. Platform ini dirikan oleh dua orang, yakni Devin Finzer dan Alex Atallah, pada 2017 lalu. Meski usia perusahaannya tergolong masih muda, OpenSea punya pendapatan yang fantastis. Pada September 2021, valuasi OpenSea ada pada angka US$2.75 miliar. Angka tersebut naik pada Januari 2022, membuat pendapatan OpenSea mencapai US$13,3 miliar.

Bisa dibilang, saat ini OpenSea merupakan marketplace khusus NFT yang terbesar di dunia. Platform ini disukai banyak orang karena relatif mudah digunakan. 

Bagaimana Cara Mendaftar di OpenSea?

tampilan deskop marketplace nft opensea

Setelah mengetahui apa itu OpenSea, kini waktunya membahas cara mendaftar OpenSea. Saat mendengar cerita sukses Ghozali Everyday Anda mungkin tergugah untuk mendapatkan keuntungan dengan cara yang sama. Terlebih, dari penjelasan di atas, diketahui bahwa cara menggunakan OpenSea untuk menjual NFT pun terbilang mudah.

Baca Juga:   Transformasi Digital Bersama Algotech.co.id: Optimalisasi Bisnis Kamu Sekarang!

Memang, proses jual-beli NFT melalui OpenSea telah didesain sedemikian rupa hingga mudah diikuti dan dilakukan, bahkan oleh para pemula sekali pun. Untuk mendaftar, sebelumnya Anda harus sudah memiliki dompet mata uang kripto. Ini karena seluruh transaksi di OpenSea menggunakan mata uang kripto. Salah satu jenis dompet yang banyak digunakan adalah MetaMask, berikut langkah pembuatannya:

  1. Download aplikasi MetaMask yang bisa didapatkan gratis melalui Google Play Store, App Store, dan web browser.
  2. Jika sudah, install aplikasi dan buka.
  3. Untuk mendaftar, klik tombol “Persiapan”, lalu pilih “Dompet Baru”.
  4. Sistem secara otomatis akan menampilkan Syarat dan Ketentuan. Setelah itu, klik “Saya Setuju”.
  5. Kemudian, ikuti instruksi selanjutnya hingga selesai.
  6. Anda sudah bisa menggunakan MetaMask untuk bertransaksi di OpenSea.

Baca juga: Serba-serbi MetaMask Wallet, dari Biaya hingga Keunggulan

Jika sudah memiliki MetaMask atau dompet mata uang kripto lainnya, sekarang waktunya membuat akun di OpenSea. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi website resmi OpenSea. Situs ini bisa dikunjungi lewat laptop maupun smartphone. Untuk memudahkan, sebaiknya buka OpenSea pada perangkat yang terdapat dompet kripto.
  2. Klik ikon “Account” yang berbentuk logo manusia. Anda akan diminta untuk menyambungkan dompet kripto. Pilih jenis dompet yang sudah Anda miliki.
  3. Setelah dompet tersambung, klik “Account” dan pilih “Profile” untuk mengatur profil.
  4. Jangan lupa ketikkan username serta email. Terakhir, pilih “Save”.
  5. Tunggu hingga sistem mengirimkan konfirmasi akun melalui email.

Langkah-langkah Menjual Karya di OpenSea

Setelah mengetahui apa itu OpenSea dan memiliki akunnya, Anda bisa langsung membuat NFT. Untuk membuat NFT, Anda perlu sebuah karya digital. Proses mengubah file digital menjadi NFT disebut dengan istilah minting. Inilah cara minting di OpenSea:

  1. Pada halaman muka OpenSea, pilih opsi “Create”.
  2. Pilih file karya digital Anda, kemudian klik “Create”.
  3. Lengkapi informasi mengenai karya Anda, misalnya nama, deskripsi, dan inspirasi karya.
  4. Klik “Save” dan tunggu sistem melakukan konfirmasi.
  5. Jika disetujui, karya Anda akan langsung muncul dalam list jual-beli. Selamat mencoba!
Baca Juga:   Xiaomi Rilis Redmi 13C: Ponsel Entry-Level Terbaru dengan Spesifikasi Memukau

Selain OpenSea, Anda juga bisa menjual karya NFT melalui TokoMall yang merupakan marketplace NFT asli Indonesia. Di TokoMall, Anda tidak hanya bisa memamerkan serta memperjualbelikan karya NFT saja, tapi juga bergabung dalam komunitas untuk mendukung ekosistem NFT di Indonesia. Yuk, gabung jadi Official Partner TokoMall sekarang juga!

The post Mengenal Apa itu OpenSea dan Cara Mendaftarnya appeared first on Tokocrypto News.

Related Articles

Back to top button