Hiburan

Mengenal Shopee Cup Asean Club Championship 2024/25

Jakarta (LiveNews) – Jika mendengar nama Federasi Sepak Bola Seluruh Asia Tenggara (AFF), Anda mungkin langsung teringat perjuangan Timnas Indonesia di ajang AFF Suzuki Cup pada tahun 2010 silam.

Saat itu, Indonesia dan Vietnam ditunjuk menjadi tuan rumah dari turnamen akbar di Asia Tenggara ini. Indonesia berhasil melaju ke final dengan catatan pertandingan yang mentereng, salah satunya dapat meraih poin sempurna dan menjadi juara grup A.

Kini, AFF secara resmi diadakan kembali dengan menggandeng e-commerce raksasa, yaitu Shopee sebagai sponsor utama turnamen klub di Asia Tenggara bernama Shopee Cup. Setelah menjadi sponsor utama Liga 1 di Indonesia, kini Shopee menjadi sponsor utama turnamen antar klub di Asia Tenggara.

Berbeda dengan turnamen AFF sebelumnya, Shopee Cup diselenggarakan untuk mempertemukan klub-klub ternama dari Asia Tenggara. Turnamen ini akan diikuti oleh klub sepak bola asal Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, Brunei, Kamboja, Laos, dan Myanmar.

Baca juga: Shopee jadi mitra resmi pertama ASEAN Club Championship

Chief Commercial Officer (COO) Shopee Zhou Jun Jie mengutarakan rasa senangnya dapat bermitra dengan AFF. “Kami sangat senang dapat bermitra dengan Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF), sebagai sponsor utama dari acara perdana, Shopee Cup™. Shopee Cup™ menawarkan kesempatan bagi kami untuk terhubung dengan para penggemar di seluruh wilayah Asia Tenggara dan berinteraksi lebih dekat dengan generasi muda. Melalui kerjasama ini, kami berharap dapat memperluas jangkauan Shopee, dan di saat yang sama dapat tetap menghibur dan terus memberikan pengalaman menyenangkan bagi seluruh pengguna”.

 

AFF secara resmi diadakan kembali dengan menggandeng e-commerce raksasa, yaitu Shopee sebagai sponsor utama turnamen klub di Asia Tenggara bernama Shopee Cup. (Dok. Istimewa)

Bersamaan, Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth menyatakan kerjasama ini menjadi hal bersejarah dalam sepak bola ASEAN. “Shopee Cup akan menjadi akan menjadi sangat penting dalam menciptakan masa depan yang cerah bagi klub sepak bola ASEAN dan mentransformasi permainan di kawasan ini. Turnamen penting ini akan memupuk aspirasi bagi klub-klub terkemuka di kawasan untuk menjadi juara ASEAN dan tampil sukses di Asia”.

Baca Juga:   Babe Cabita akan dimakamkan di TPU Cirendeu Tangerang Selatan

“Kami sangat bangga dapat bermitra dengan Shopee, perusahaan lokal ASEAN yang terkenal secara global dan mitra utama ASEAN Club Championship yang pertama. Bersama-sama, kita membuat sejarah seiring kita membentuk dan mempercepat perkembangan klub sepak bola ASEAN”.

Baca juga: Sambut bulan puasa, Shopee hadirkan kampanye Big Ramadan Sale 2024

Mayor Jenderal Khiev Sameth juga menambahkan bahwa AFF memberikan apresiasi sebesar-besarnya untuk kemitraan dengan Shopee. “Kami berharap dapat bekerja sama dengan mereka dan Mitra Komersial kami SPORTFIVE, untuk menyelenggarakan acara kelas dunia dan mengembangkan basis penggemar ASEAN ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya,” ujarnya.

Turnamen Shopee Cup akan berjalan dalam format liga dengan babak play-off kualifikasi dan babak penyisihan grup. Shopee Cup akan siap bergulir pada tahun ini, tepatnya pada tanggal 17 Juli dan berlangsung hingga tanggal 21 Mei 2025.

 

AFF secara resmi diadakan kembali dengan menggandeng e-commerce raksasa, yaitu Shopee sebagai sponsor utama turnamen klub di Asia Tenggara bernama Shopee Cup. (Dok. Istimewa)

Lalu, siapa tim yang bisa mengikuti turnamen ini? Nantinya, tim yang berhasil menjadi pemenang Liga Nasional dan runner up (atau pemenang turnamen) yang bisa mengikuti Shopee Cup. Dari Indonesia, Malaysia, Thailand dan Vietnam masing-masing mengirimkan dua tim.

Sedangkan dari Filipina dan Singapura akan mengirim satu tim. Sedangkan, juara Liga Nasional dari Brunei, Kamboja, Laos dan Myanmar akan bersaing lagi untuk memperebutkan dua jatah di babak grup melalui babak play-off kualifikasi.

Selanjutnya, 12 klub akan dibagi ke dalam dua grup untuk bermain dengan sistem tandang dan kandang. Dua tim teratas dari tiap grup lolos ke semifinal, yang juga menggunakan sistem kandang dan tandang. Informasi mengenai format kompetisi, jadwal, hingga klub peserta Shopee Cup™ 2024/25 akan diumumkan saat Pengundian Resmi di minggu pertama bulan Mei.

Baca Juga:   Yesung Suju buka konser solo di Jakarta dengan lagu "Scented Things"

Baca juga: Transaksi Shopee Live meningkat 44 kali di waktu Sahur

Baca juga: Raffi Ahmad & Mami Louisse pandu Flash Sale Mobil Rp1 di Shopee Live

Baca juga: AFF kerja sama dengan Shopee untuk gelar kompetisi klub se-ASEAN

Baca juga: Shopee hadirkan kebijakan pengembalian barang yang lebih efisien

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © LiveNews 2024

Related Articles

Back to top button