Tekno

Meta Luncurkan Threads Versi Web, Begini Tampilannya

Ilustrasi Threads versi web. Foto: Detikinet

LiveNews- Threads merupakan platform media sosial buatan Meta yang menarik perhatian masyarakat saat peluncurannya pada bulan Juli lalu. Aplikasi yang digadang-gadang akan menjadi saingan Twitter yang kini telah berganti nama menjadi X ini, terus melakukan inovasi dalam usaha untuk memberikan layanan terbaik bagi para penggunanya. 

Terkini, Meta meluncurkan Threads versi web. Threads versi web tentunya akan memberikan pengalaman baru dalam membuat, melihat, dan berinteraksi melalui unggahan bagi para penggunanya. Kehadiran Threads dalam versi web sendiri telah dinantikan oleh para pengguna aplikasi microblogging ini sedari peluncurannya.

Aplikasi usutan Meta ini juga berjanji untuk menghadirkan lebih banyak fungsi atau fitur yang sangat diidamkan pengguna dalam versi web pada beberapa pekan ke depan. Secara lebih jelasnya, Threads versi website dikatakan akan berfokus untuk menargetkan pengguna korporasi. Karena fitur dan fasilitas yang hadir dalam versi web akan berguna untuk kepentingan komersial dan kerja yang cocok bagi perusahaan, pengiklan, maupun jurnalis.

Meskipun begitu, peluncurannya yang dilakukan secara berkala membuat tidak semua pengguna dapat menikmati versi web dari aplikasi ini. Namun Mark Zuckerberg sendiri mengungkapkan bahwa Threads versi website akan dapat segera diakses oleh seluruh penggunanya. 

Tampilan Threads Versi Web

Ilustrasi

Ilustrasi Threads versi web. Foto: Kompas

Menurut beberapa pengguna yang telah dapat mengakses Threads dalam versi web, tampilan yang diberikan oleh aplikasi ini layaknya versi mobile. Namun terdapat beberapa perbedaan yaitu posisi bilah navigasinya yang ditempatkan di bagian atas. Selain itu untuk berpindah di antara Feed For You dan Following, pengguna perlu memilih tombol yang berada pada bagian sudut kiri bawah. 

Baca Juga: Threads Tambah 6 Fitur Baru, Bisa DM Instagram Hingga Tombol Mention Baru

Baca Juga:   OpenAI Luncurkan ChatGPT Enterprise - Teknologi

Dikatakan juga bahwa fitur dalam versi Web dari Threads tidaklah selengkap pada aplikasi mobile. Christine Pai selaku Juru Bicara Meta mengungkapkan bahwa saat ini pengguna tidak bisa mengedit profil atau mengirimkan pesan ke DM Instagram. Namun Meta berjanji akan segera melengkapi fitur dalam Threas versi web agar pengalaman yang dirasakan layaknya Threads dalam versi mobile. 

Konfirmasi  Peluncuran Threads Versi Web

Ilustrasi

Ilustrasi konfirmasi peluncuran threads versi web. Foto: Tek.id

Sebelum peluncuran secara berkala, kemunculan Threads versi web ini diungkapan oleh Adam Mosseri selaku kepala Instagram. Melalui akun Threads  pribadinya, Mosseri mengungkapkan peluncuran terkait versi web dari aplikasi usutan Meta tersebut.

Mosseri mengungkapkan bahwa saat itu Threads dalam versi web tengah dikembangkan dan versi awalnya dalam masa uji coba internal selama satu atau dua minggu. Hal ini dilakukan untuk memberi beberapa perbaikan sebelum versi website dari Threads ini secara resmi di luncurkan oleh Meta. 

Alasan Peluncuran Threads Versi Web

Ilustrasi

Ilustrasi aplikasi threads dan x. Foto: Newshub

Langkah yang dilakukan oleh Meta dalam menghadirkan Threads versi web dikabarkan berpotensi untuk menyalip media sosial X. Hal ini dikarenakan, media sosisal X sendiri terbukti kesulitan untuk menarik pengiklan berdasarkan dari ketidak mampuan dalam membatasi konten ofensif yang terjadi dalam platfomnya. 

Sementara itu, Threads dalam versi web dikatakan memanglah cocok bagi para pengiklan maupun korporasi. Karena website akan memudahkan pengguna yang ingin memanfaatkan media sosial ini sebagai salah satu media dalam memasarkan produk dan layanan. Maka dari itu, langkah ini dikatakan dapat mengungguli media sosial X dalam hal periklanan. 

Selain itu, dikatakan juga bahwa langkah ini menjadi salah satu upaya Meta dalam menarik kembali para pengguna Threads. Meskipun saat peluncurannya Threads telah menarik banyak penggguna untuk menggunakan aplikasi ini, namun ketidaksiapan fitur yang dianggap terbatas membuat para pengguna memilih berhenti menggunakan Threads. 

Baca Juga:   Nikmati Kemudahan Berbelanja Jam Tangan Mewah dengan Program Cicilan 0% di Flecto.id

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(ras)

Related Articles

Back to top button